Meningkatkan prestasi belajar IPS kelas III melalui model inkuiri di SDN 2 Sumberingin Kidul kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung / Saiful Amri
Main Author: | Amri, Saiful |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104404/ |
Daftar Isi:
- Katakunciprestasibelajaripsdanmodelinkuiri.HasilobservasidanwawancarasingkatdengangurukelasIIISDN2SumberinginKidulKecamatanNgunutKabupatenTulungagungdiperolehinformasibahwa(1)SiswakurangaktifdankurangberminatdalampembelajaranIPS.(2)Metodeyangseringdigunakanolehguruadalahmetodeceramahdantanyajawabsiswahanyapasifmenerimamateridariguru.(3)Prestasibelajarsiswadiketahui4siswayangmendapatnilaidiatas68dan11siswamendapatnilaidibawahKriteriaKetuntasanMinimum(KKM).Tujuanpenelitianiniadalah(1)mendeskripsikanpenerapanmodelInkuiripadapelajaranIPSkelasIIISDN2SumberinginKidulKecNgunutTulungagung.(2)MendeskripsikanpeningkatanprestasibelajarmatapelajaranIPSmelaluimodelinkuiripadasiswakelasIIISDN2SumberinginKidulKecNgunutTulungagung.JenispenelitianyangdigunakanyaituPenelitianTindakanKelas(PTK)denganmodelbersiklussetiapsiklusterdiridariperencanaan(planning)tindakan(action)pengamatan(observation)danreflleksi(reflection).DengansubyeksiswakelasIIIsebanyak15siswa.Teknikpengumpulandatadilakukandenganobservasiwawancaraangketsiswatesdokumentasidancatatanlapangan.Datadianalisissecarakualitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganmenerapkanmodelpembelajarainkuiridapatmeningkatkanaktifitasdanprestasibelajarsiswa.HalinidibuktikandenganaktifitassiswaselamaprosespembelajaranpadasiklusImencapaiketuntasanklasikal26%dengannilairata-ratakelas58danmengalamikenaikanpadasiklusIIperolehanketuntasankilasikalmencapai87%dengannilairata-ratakelas83.SedangkanprestasibelajarsiswapadasiklusImencapaiketuntasanklasikal47%nilairata-ratakelas70.PadasiklusIImencapaiketuntasanklasikal87%dengannilairata-ratakelas80dari15siswaterdapat13siswayangtuntasbelajardan2siswadinyatakanbelumtuntasbelajarkarenakemampuansisawayangdibawahrata-rata/rendah.PenerapanmodelinkuiridapatmeningkatkanaktifitasdanprestasibelajarsiswakelasIIIpadamatapelajaranIPS.