Penerapan model mnemonik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Cemorokandang 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Novida Virgiana

Main Author: Virgiana, Novida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/104376/
Daftar Isi:
  • KataKuncimodelmnemonikpembelajaranIPSHasilobservasiawaldiSDNCemorokandang1KecamatanKedungkandangKotaMalangditemukanbahwapembelajaranIPSkelasIVpadamateriAktivitasEkonomigurumasihmenerapkanpembelajarankonvensionalsehinggasiswakurangantusiasdalamkegiatanpembelajaran.Siswaterlihatmengantukdanbicarasendiridengantemansebangku.Hasilbelajarsiswarata-ratamasihtergolongrendah.Halinidapatdilihatdarinilairata-ratapratindakanyaitu432danmasihterdapat29siswa(853%)dari34siswabelummencapaiketuntasanbelajarindividuyangtelahditetapkanyaitu70sedangkansiswayangtuntassebanyak5siswa(147%).Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanmodelMnemonikpadapembelajaranIPSkelasIVSDNCemorokandang1(2)mendeskripsikanaktivitasbelajarsiswakelasIVSDNCemorokandang1setelahpenerapanmodelMnemonik(3)mendeskripsikanhasilbelajarsiswakelasIVSDNCemorokandang1setelahpenerapanmodelMnemonik.Mnemonikadalahteknikuntukmengingatkembalisuatuinformasidenganmenggunakanbantuan.PenelitianinidilakukandiSDNCemorokandang1KotaMalangdengansubjeksiswakelasIVsebanyak34siswayangterdiridari17laki-lakidan17perempuan.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdikembangkanolehKemmisMc.Taggartyangdilakukan2siklus.Setiapsiklusdilakukan2pertemuanyangmeliputiempattahapyaitu1)planning2)acting3)observingdan4)reflecting.Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasicatatanlapangandokumentasidantes.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelMnemonikpadapembelajaranIPSkelasIVdiSDNCemorokandang1KecamatanKedungkandangKotaMalangdapatdilaksanakandenganbaik.HaliniterbuktipadaaktivitasgurusetiapsiklusdapatterlaksanadenganbaiksesuaiRPPyangdibuatyaitudariskorrata-ratayangdiperoleh955padasiklusIdanmeningkatmenjadi985padasiklusII.PenerapanmodelMnemonikdapatmeningkatkanaktivitassiswa.Haliniterbuktidarirata-rataaktivitassiswa5165padasiklusIdanmeningkatmenjadi7463padasiklusII.SelainaktivitasmodelMnemonikjugadapatmeningkatkanhasilbelajar.Haliniterbuktidarirata-rata510denganketuntasanbelajarkelasklasikal3382%padasiklusIdanmeningkatmenjadi718denganketuntasanbelajarklasikalsebesar7058%padasiklusII.DarihasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelMnemonikdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.SaranyangdapatdiberikanadalahselainmenayangkangambargurusebaiknyamenggunakanmediapendukunglainyangberagamdalammenerapkanmodelMnemonik.