Penerapan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) siswa kelas III SDN Penarukan Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Siti Mariyatul Ulfa
Main Author: | Ulfa, Siti Mariyatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104374/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipendekatanSAVImenulispuisiKeterampilanmenulismerupakansalahsatuaspekdalampembelajaranBahasaIndonesia.SalahsatuhalyangdipelajaridalamkegiatanmenulisdiSDadalahketerampilanmenulispuisi.Hasilobservasimenunjukkanbahwagurumengalamikesulitanuntukmenciptakansuasanapembelajaranyangmenariksehinggasiswasulitdalammenggaliidedandayaimajinasiyangakandituangkandalambentukpuisi.Gayabelajarsiswajugaperludiperhatikankarenamerekamemilikigayabelajaryangberbeda.Berkaitandenganhaltersebutmakadiperlukanperbaikanuntukmeningkatkanketerampilanmenulispuisisiswa.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanpenerapanpendekatanSAVIsertamendeskripsikanpeningkatanketerampilansiswadalammenulispuisimelaluipenerapanpendekatanSAVIdikelasIIISDNPenarukanKecamatanKepanjenKabupatenMalang.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelasyangdiadaptasidariteoriKemmisdanMC.Taggartmeliputi4tahapyaituplanningactingandobservingreflectingdanreviseplan.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasiwawancaratesdandokumentasi.Instrumenyangdigunakandalammengumpulkandataterdiridariinstrumenobservasipedomanwawancaradantes.PenelitianinidilakukandikelasIIISDNPenarukandengansubyek24siswayangterdiridari17siswalaki-lakidan7siswaperempuan.PelaksanaanpembelajaranmenulispuisidenganmenerapkanpendekatanSAVIpadasiklus1sudahcukupbaik.Padasiklus1pertemuan1dari25deskriptorada7deskriptoryangbelumterlaksana.Tetapipadasiklus1pertemuan2hanyatinggal4deskriptoryangbelumterlaksana.Padasiklus2pertemuan1hanya1deskriptoryangbelumterlaksana.Tetapipadasiklus2pertemuan2semuadeskriptorsudahdilaksanakanselamapembelajaran.Padasiklus1pertemuan1nilaipenerapanpendekatanSAVIadalah72.Nilaiinimeningkatmenjadi88padasiklus1pertemuan2.Padasiklus2pertemuan1nilaipenerapanpendekatanSAVImeningkatmenjadi96danmeningkatlagimenjadi100padasiklus2pertemuan2.Nilairata-rataketerampilanmenulispuisisiswakelasIIIpadasiklus1adalah822.Padasiklus2mengalamipeningkatanmenjadi987.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpendekatanSAVIdapatmeningkatkanmenulispuisisiswakelasIIISDNPenarukanKecamatanKepanjenKabupatenMalang.PendekatanSAVIinidapatjugadigunakanpadamateriyanglainsertapadatingkatankelasyanglainuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswaSD.Bagipenelitilainyangmelakukanpenelitiansejenisdiharapkanagarmemperhatikanpengorganisasiansiswadankegiatandikelasagartidakmengalamikekuranganwaktupadasaatpembelajaran.