Perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas III yang diajar menggunakan model starter eksperimen dengan yang diajar menggunakan metode ceramah bervariasi di SDN Penganggungan Malang / Choirin Nisa'

Main Author: Nisa', Choirun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/104313/
Daftar Isi:
  • KataKuncimodelstartereksperimenhasilbelajarIPAIlmuPengetahuanAlam(IPA)merupakanhasilkegiatanmanusiayangdiperolehdaripengalamanmelaluimetodeilmiah.DalampembelajaranIPAsiswadiajakbelajarmengungkapkangejala-gejalaalamdenganmengikutikaidahilmiah.PadapembelajaranIPAdiSDNPenanggunganMalanggurubelumpernahmelaksanakaneksperimensehinggasiswabelumpernahdiajakbelajardenganmempraktekkanprinsip-prinsipmetodeilmiah.DalampenelitianinipenelitiinginmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanmodelstartereksperimendenganyangdiajarmenggunakanmetodeceramahbervariasipadamatapelajaranIPA.ModelpembelajaranstartereksperimenmerupakansalahsatumodelpenerapanpembelajarankontekstualyangmelatihdanmengajarkansiswauntukbelajarkonsepIPAsamahalnyadenganseorangilmuwanIPA.Modelstartereksperimenmempunyaicirikhususyaitumengetengahkanlingkunganalamsebagaipenyulut(starter)yangditunjukkanpadatahappercobaanawalmelaluidemonstrasiguruselanjutnyapembelajarandilakukandenganmempraktekkanprinsip-prinsipmetodeilmiahmeliputipengamatanpenyusunanhipotesisdesainpercobaanpercobaanpengujiandanlaporanhasilpenelitian.Siswabelajaraktifdenganmengikutitahap-tahappembelajarandengandemikiansiswaakanmenemukansendirisesuaihasilyangdiperolehselamapembelajaran.Penelitianinibertujuanuntuk(1)memaparkanhasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanmetodeceramahbervariasi(2)memaparkanhasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanmodelstarterekaperimendan(3)memaparkanadaatautidakadanyaperbedaanhasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanmodelstartereksperimendenganyangdiajarmenggunakanmetodeceramahbervariasidiSDNPenanggunganKotaMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganmodelpenelitianeksperimensemu(quasiexperimental).Desaineksperimenyangdigunakanadalahdesainnonequivalentcontrolgroupdesign.SampelpenelitianiniadalahseluruhsiswakelasIIISDNPenanggunganKotaMalangyangberjumlah65siswa.Instrumenyangdigunakanuntukmengunpulkandataberupasoalteshasilbelajar.PadaanalisisdatadigunakanrumusUji-TIndependendenganmenggunakandatarata-ratahasilbelajarsiswa.Berdasarkanhasilanalisisdapatdiketahuirata-ratahasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanmodelstartereksperimensebesar8553lebihtinggidaripadarata-ratahasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanmetodeceramahbervariasiyanghanyamencapai7884.Sesuaitabelanalisisujitdiperolehthitungsebesar4120sedangkanpadatarafsignifikansi5%denganN65diperolehttabelsebesar1990.Haltersebutmenunjukkanbahwanilaithitungttabel.MakadapatdisimpulkanadaperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarIPAsiswakelasIIIyangdiajarmenggunakanmodelstartereksperimendenganyangdiajarmenggunakanmetodeceramahbervariasidiSDNPenanggunganmateriGerakBenda.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankan(1)Gurusebaiknyaterampildalammengembangkanmodel-modelpembelajaranuntukditerapkandalampembelajaranIPAkhususnyamodelpembelajaranstartereksperimen.Denganmodelstartereksperimengurudapatmengembangkankemampuanberfikirdankreativitassiswauntukmenyusunsendirikonsep-konsepbarudalamstrukturkognitifnyamelalumetodeilmiahdan(2)HasilpenelitianinidiharapkandapatmenjadimasukanbagipenelitilanjutyanginginmenelitidanmengembangkanpenelitianinipadalingkupsubjekpenelitianyanglebihbesarlagiataumenggunakanrancanganTrueExperiment.