Peningkatan hasil belajar perkalian dan pembagian bilangan cacah melalui model penemuan terbimbing pada siswa kelas II di SDN Tuliskriyo 02 Kabupaten Blitar / Mashuri
Main Author: | Mashuri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104246/ |
Daftar Isi:
- KataKuncihasilbelajarperkalianpembagianmodelpenemuanterbimbingHasilobservasiyangpenelitilakukandikelasIISDNTuliskriyo02KabupatenBlitarpadawaktupembelajaranmatematikadiperolehhasilyangkurangmemuaskanyaitudari34siswahanya10siswasajayangnilainyadapatmencapaiKKM(KriteriaKetuntasanMinimal)atau880560sedangkan24siswalainnyamasihbelumdapatmencapaiKKMatau60.Temuanlainketikapem-belajaranyaitu(1)prosesbelajarmengajarmasihberpusatpadagurusehinggasiswakurangaktifdankreatifdalammenemukansendirikonsep(2)penjelasangurukurangdapatdipahamisiswadenganbaik(3)siswaramaididalamkelas(4)tidakadasiswayangbertanyapadagurutentangmateriyangbelumdikuasai.BerkaitandenganitumakadiperlukanpenelitianuntukperbaikanpembelajarandenganmenerapkanmodelPenemuanTerbimbing.Rumusanmasalahpenelitianini(1)BagaimanakahpenerapanmodelPenemuanTerbimbingtentangperkaliandanpembagianbilangancacahpadasiswakelasIIdiSDNTuliskriyo02KabupatenBlitar(2)BagaimanakahpeningkatanhasilbelajarperkaliandanpembagianbilangancacahmelaluimodelPenemuanTerbimbingpadasiswakelasIIdiSDNTuliskriyo02KabupatenBlitarPendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatandes-kriptifkualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelasyangterdiridari4tahapyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanpengamatansertarefleksidandilaksanakandalam2siklus.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasIISDNTuliskriyo02KabupatenBlitardenganjumlahsiswasebanyak34siswa.Instru-menpenelitianyangdigunakanuntukmendukungdatapenelitianinimeliputi(1)observasi(2)wawancara(3)tesdan(4)dokumentasi.Teknikanalisadatayangdigunakanyaitureduksidatapenyajiandatadankesimpulan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelPenemuanTerbim-bingtentangperkaliandanpembagianbilangancacahpadasiswakelasIIdiSDNTuliskriyo02KabupatenBlitarsangatbaik.Halinidapatdibuktikandenganadanyapeningkatanhasilbelajarsiswayangsangatbaikpula.Persentaseketuntasanbelajarsiswapadapratindakanadalah2941%padasiklusIpertemuan1adalah5882%pertemuan2diperolehketuntasanbelajarsebesar9118%.PadasiklusIIpertemuan1persentaseketuntasanbelajaradalah9706%danpadapertemuan2mencapaiketuntasanbelajar100%.Berdasarkanhasilpenelitiandiperolehkesimpulanbahwa(1)penerapanmodelPenemuanTerbimbingolehgurusudahsesuaidenganlangkah-langkahmodelPenemuanTerbimbing(2)pembelajaranmenggunakanmodelPenemuanTerbimbingdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.