Peran Komite Sekolah dalam penyusunan dan pelaksanaan program sekolah (studi kasus di SDN Sawojajar 5 Kota Malang) / Krisdiana Enrika Puteri

Main Author: Puteri, Krisdiana Enrika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/104202/
Daftar Isi:
  • KataKunciPeranKomiteSekolahSekolahDasarUpayapeningkatankualitaspendidikankhususnyapadapendidikandasarmerupakantugassekolahdanjugamasyarakat.Organisasiyangmerupakanwakildarimasyarakatkhususnyaorangtuaditingkatsatuanpendidikanadalahkomitesekolah.PerankomitesekolahdenganjelasterdapatdalamKepmendiknasNo.044/U/2002yaitudalamupayameningkatkanmutupendidikanpadaumumnyakomitesekolahberperansebagailembagapemberipertimbangan(advisoryagency)lembagapendukung(supportingagency)lembagapengontrol(controllingagency)lembagamediator(mediatoragency)danlembagaevaluator(evaluatoragency).PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuiketerlibatankomitesekolahdalampenyusunandanpelaksanaanprogramsekolahdiSDNSawojajar5KotaMalang.ProgramsekolahyangadadiSDNSawojajar5terdiridariprogramsekolahdibidangkesiswaanprasaranadansaranahubunganmasyarakatkurikulumdanpengajaranpersonaliadankepegawaiandankeuangan.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankualitatifstudikasustunggal.Datadalampenelitianiniberupapaparandatatentangperankomitesekolahdalampenyusunandanpelaksanaanprogramsekolah.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikobservasipartisipatifwawancaramendalamdandokumentasi.Kegiatananalisisdatadimulaidarireduksidata(datareduction)penyajiandata(datadisplay)hinggakesimpulan/verifikasi(conclusiondrawing/verification).Sedangkanuntukmenjagakeabsahandatadalampenelitianinidilakukanujikredibilitasujitransferabilitasujidependabilitasdanjugaujikonfirmabilitas.Berdasarkananalisisdatadiperoleh2kesimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut(1)perankomitesekolahdalampenyusunanprogramsekolahdiSDNSawojajar5sebagailembagapemberipertimbangan(advisoryagency)telihatpadaprogramdibidangkesiswaanprasaranadansaranahubunganmasyarakatkurikulumdanpengajaranpersonaliadankepegawaiandankeuangansertasebagailembagapendukung(supportingagency)padaprogramdibidangkesiswaanprasaranadansaranahubunganmasyarakatdankeuangan.Selanjutnya(2)perankomitesekolahdalampelaksanaanprogramsekolahdiSDNSawojajar5adalahsebagailembagapemberipertimbangan(advisoryagency)lembagapendukung(supportingagency)lembagapengontrol(controllingagency)lembagamediator(mediatoragency)sertasebagailembagaevaluator(evaluatoragency)yangterlihatpadaprogramdibidangbidangkesiswaanprasaranadansaranahubunganmasyarakatkurikulumdanpengajaranpersonaliadankepegawaiandankeuanganBerdasarkantemuandanpembahasanpenelitianinipenelitimerasabahwahasilpenelitaninimasihsampaipadaperankomitesekolahdalampenyusunandanpelaksanaanprogramsekolahsecaraumumsaja.Haltersebutterjadikarenaketerbatasanwaktutenagadanbiayayangdimilikiolehpenelitidalampenelitianini.Akhirnyamenurutpenelitipenelitianiniperludilanjutkanolehpenelitilainbaikdenganpendekatantemamaupunsubjekpenelitianyangsamaataupunberbeda.Melaluipenelitian-penelitianlanjutantersebutdiharapkandapatmendukungmendalamidanmengembangkanberbagaipersoalanyangtelahdiungkapdalampenelitianini.8195