Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Menjelang Pertandingan Pada Atlet Bola Basket Di Unit Kreativitas Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Main Author: Pratama, Rizky Adha
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/1042/
Daftar Isi:
  • RINGKASAN Annisa, F.R, 2021. Pengembangan Aplikasi Belajar Mandiri Berbasis Android Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran (Studi Pada Peserta Didik Kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang). Skripsi, Prodi Pendidikan Administrasi perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd, M.M Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran, Mobile Learning, Self Regulated Learning Revolusi Industri 4.0 memiliki dampak tidak hanya pada aspek ekonomi, melainkan juga pada aspek pendidikan, terlebih pada pendidikan kejuruan. Pendidikan kejuruan mampu mencetak lulusan yang siap menghadapi Revolusi Industri 4.0. hal tersebut dimaksudkan agar mereka mampu bersaing di dunia kerja setelah mereka lulus. Berdasarkan dengan hal tersebut, maka perlu dikembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan saat ini. penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media pembelajaran Aplikasi Belajar Mandiri (AJARI) pada peserta didik kelas X OTKP di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang, (2) Mengetahui kelayakan pada media pembelajaran Aplikasi Belajar Mandiri (AJARI) pada peserta didik kelas X OTKP di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang melalui ahli media dan ahli materi, (3) Mengetahui perbedaan antara kelas yang menggunakan aplikasi dengan kelas yang tidak menggunakan aplikasi pada peserta didik kelas X OTKP di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R&D) yang terdiri dari 8 langkah, yaitu (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi produk, (6) Uji coba produk, (7) Revisi Produk, (8) Uji Coba Pemakaian. Produk diuji cobakan pada peserta didik kelas X OTKP 1 di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang. Sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data berupa hasil observasi,wawancara, dan kuisioner. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan untuk melihat perbedaan tingkat Self-Regulated Learning yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis uji Mann-Whitney. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah Aplikasi Belajar Mandiri (AJARI) yang dibuat dengan software iSpring Suite 9 dan mengemas materi KD 3.6 Menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah bahan cetak secara menarik yang dapat digunakan pada smartphone android secara offline sehingga peserta didik bisa mengakses aplikasi kapanpun dan dimanapun. Selain itu Aplikasi Belajar Mandiri ini di desain secara menarik dengan kombinasi warna yang sesuai agar pengguna tidak mudah bosan saat mengoperasikannya. Hasil validasi ahli materi, ahli media, dan 6 siswa uji coba kelompok kecil adalah “Sangat Valid” sehingga disimpulkan bahwa AJARI layak digunakan dalam pembelajaran Teknologi Perkantoran Kelas X OTKP. Sedangkan hasil perbedaan self-regulated learning menunjukkan self-regulated learning kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa self-regulated learning peserta didik terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan AJARI dan yang tidak menggunakan AJARI. Hal ini berdasarkan hasil uji statistik Mann-Whitney yang menunjukkan nilai Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah mengembangkan media pembelajaran pada sistem operasi lainnya seperti iOS dan menyajikan materi mata pelajaran lainnya dengan kecepatan loading aplikasi yang lebih baik serta ukuran file yang lebih kecil.