Analisis kesesuaian Buku Sekolah Elektronik (BSE) IPS sekolah dasar kelas IV dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan se gugus Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Puji Astuti
Main Author: | Astuti, Puji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104197/ |
Daftar Isi:
- KataKuncianalisisBSEIPSKTSPKotaMalangBanyaknyabukuyangberedartermasukbukuIPSmemberikanbanyakpilihanbagiparapenggunabukuuntukmenentukanbukuyangdigunakansebagaipanduandalambelajar.Selainmenguntungkanjugamenimbulkanpermasalahanbarubagiduniapendidikan.Permasalahantersebutgurumaupunsiswaseringbingunguntukmenentukanbukuyangsesuaidengankurikulumuntukdigunakandalamkegiatanpembelajaran.Seringdijumpaibeberapakonsepdalambukuajaryangsatuberbedadenganbukuyanglainevaluasiyangadadalambukuajarjugatidaksesuaidengantuntutankurikulum.Selainitugambarilustrasiyangditampilkandalambukuajartidaksesuaidenganmateri.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanbeberapahalyangmeliputiformatsajiandankesesuaianisidalamBSE.KesesuaianisiyangdianalisismeliputikesesuaianisimateriBSEIPSSDKelasIVdenganKTSPkesesuaianmediagambaryangdisajikanBSEIPSSDKelasIVdenganmateridankesesuaiansistemevaluasiBSEIPSSDKelasIVdengansistemevaluasipadaKTSP.Penelitianinimerupakanpenelitiananalisisisi(ContentAnalysis)karenayangmenjadiobjekkajiandalampenelitianadalahdokumenyangberupabukuIPSSDkelasIV.Halyangintidarisuatuanalisiskontenadalahmencaritahuisidanmaksudsuatuteks.Sumberdatadaripenelitianiniadalah2buahBSEIPSSDkelasIVyangdigunakandiGugusMadyopuro.Pengambilandatadilakukanolehpenelitidenganmenggunakaninstrumenpenelitian.Teknikanalisiskuantitatifyangdapatdigunakandalamanalisisisianataralaindistribusifrekuensi.Upayauntukmenjaminkeabsahandatanyadigunakantekniktrianggulasidengansumber.Kegiatananalisisdatadimulaidarimerumuskanmasalahidentifikasibukuajarpenyusunaninstrumenpenelitianpengumpulandataanalisisdatapenarikankesimpulandanpelaporan.BerdasarkanhasilamalisispenelititerhadapBSEIPSKelasIVyangditulisolehI.SSadimandanSehendyAmaliadiperolehhasilsebagaiberikut.Kesesuaianformatsajianbukunyatergolongbaikatausebesar6667%kesesuaianmediagambaryangditampilkantergolongsangatbaikatausebesar9672%kesesuainisimateridenganKTSPtergolongbaikatausebesar746%ada17materi/indikatoryangtidaktermuatdalamBSEIPSkelasIVyangditulisolehI.SSadimandanShendyAmaliayaitusebesar254%.SesuaihasilinimakamateridalamBSEIPSKelasIVinitidaksesuaidenganKTSP.KesesuaiansistemevaluasidenganKTSPyangadadalambukutergolongbaikatausebesar6667%.BerdasarkanhasilamalisispenelititerhadapBSEIPSKelasIVyangditulisolehRadjimandanA.Triyonodiperolehhasilsebagaiberikut.Kesesuaian