Analisis kesesuaian Buku Sekolah Elektronik (BSE) IPS sekolah dasar kelas IV dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan se gugus Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Puji Astuti

Main Author: Astuti, Puji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/104197/
Daftar Isi:
  • KataKuncianalisisBSEIPSKTSPKotaMalangBanyaknyabukuyangberedartermasukbukuIPSmemberikanbanyakpilihanbagiparapenggunabukuuntukmenentukanbukuyangdigunakansebagaipanduandalambelajar.Selainmenguntungkanjugamenimbulkanpermasalahanbarubagiduniapendidikan.Permasalahantersebutgurumaupunsiswaseringbingunguntukmenentukanbukuyangsesuaidengankurikulumuntukdigunakandalamkegiatanpembelajaran.Seringdijumpaibeberapakonsepdalambukuajaryangsatuberbedadenganbukuyanglainevaluasiyangadadalambukuajarjugatidaksesuaidengantuntutankurikulum.Selainitugambarilustrasiyangditampilkandalambukuajartidaksesuaidenganmateri.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanbeberapahalyangmeliputiformatsajiandankesesuaianisidalamBSE.KesesuaianisiyangdianalisismeliputikesesuaianisimateriBSEIPSSDKelasIVdenganKTSPkesesuaianmediagambaryangdisajikanBSEIPSSDKelasIVdenganmateridankesesuaiansistemevaluasiBSEIPSSDKelasIVdengansistemevaluasipadaKTSP.Penelitianinimerupakanpenelitiananalisisisi(ContentAnalysis)karenayangmenjadiobjekkajiandalampenelitianadalahdokumenyangberupabukuIPSSDkelasIV.Halyangintidarisuatuanalisiskontenadalahmencaritahuisidanmaksudsuatuteks.Sumberdatadaripenelitianiniadalah2buahBSEIPSSDkelasIVyangdigunakandiGugusMadyopuro.Pengambilandatadilakukanolehpenelitidenganmenggunakaninstrumenpenelitian.Teknikanalisiskuantitatifyangdapatdigunakandalamanalisisisianataralaindistribusifrekuensi.Upayauntukmenjaminkeabsahandatanyadigunakantekniktrianggulasidengansumber.Kegiatananalisisdatadimulaidarimerumuskanmasalahidentifikasibukuajarpenyusunaninstrumenpenelitianpengumpulandataanalisisdatapenarikankesimpulandanpelaporan.BerdasarkanhasilamalisispenelititerhadapBSEIPSKelasIVyangditulisolehI.SSadimandanSehendyAmaliadiperolehhasilsebagaiberikut.Kesesuaianformatsajianbukunyatergolongbaikatausebesar6667%kesesuaianmediagambaryangditampilkantergolongsangatbaikatausebesar9672%kesesuainisimateridenganKTSPtergolongbaikatausebesar746%ada17materi/indikatoryangtidaktermuatdalamBSEIPSkelasIVyangditulisolehI.SSadimandanShendyAmaliayaitusebesar254%.SesuaihasilinimakamateridalamBSEIPSKelasIVinitidaksesuaidenganKTSP.KesesuaiansistemevaluasidenganKTSPyangadadalambukutergolongbaikatausebesar6667%.BerdasarkanhasilamalisispenelititerhadapBSEIPSKelasIVyangditulisolehRadjimandanA.Triyonodiperolehhasilsebagaiberikut.Kesesuaian