Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Bakalan Krajan 1 kecamatan Sukun kota Malang / Eni Arifatun Ni'mah

Main Author: Ni'mah, Eni Arifatun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/104183/
Daftar Isi:
  • KataKuncimediaaudiovisualprosesbelajarhasilbelajarIPSSD.Hakikatbelajaradalahproseskomunikasimenyampaikanpesandarisumberpesanmelaluiperantarakepenerimapesandalamkegiatanbelajar.Agartidakterjadikesalahanpenafsirandibutuhkanalatbantumengajarberupamediaaudiovisual.BerdasarkanobservasipratindakanmatapelajaranIPSkelasVSDNBakalanKrajanImenunjukkanbahwaprosesbelajarsiswakurangaktifminatterhadapmateripelajarankurangdanguruminimmenggunakanmediapembelajaran.Permasalahantersebutmenyebabkanhasilbelajarsiswarendahyaituterdapat15anak(35%)mencapaiKKMdan28anak(65%)dibawahKKMdariKriteriaKetuntasanMinimalyangditetapkan60.Penelitianinibertujuan(1)mendeskripsikanpenerapanmediaaudiovisualdalamprosesdanhasilbelajarsiswamatapelajaranIPSkelasVSDNBakalanKrajanIKecamatanSukunKotaMalang(2)mendeskripsikanpeningkatkanprosesbelajar(3)mendeskripsikanpeningkatkanhasilbelajarsiswa.PenelitianinimenggunakanjenispenelitiandeskriptifkualitatifrancanganpenelitiantindakankelasmodelKemmisdanTaggartyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.SubjekpenelitiansiswakelasVSDNBakalanKrajanIKecamatanSukunKotaMalang.Teknikpengumpulandataberupaobservasiwawancaratesdancatatanlapangan.Sumberdatayaitusiswaguruprosesdanhasilbelajar.ProsedurpenelitianmulaidaripratindakansiklusIdanII.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganmenggunakanmediaaudiovisualprosesbelajarsiswalebihefektifdanmenyenangkan.Haliniterbuktidarinilairata-rataaspekpengamatanprosesbelajarpratindakan5756menjadi7936dan9535.Sedangkanhasilbelajarsiswadarinilairata-ratapratindakan4814menjadi6349dan8093padasiklusIII.Berdasarkanhasilpenelitianbahwaterdapatpeningkatanprosesbelajarsebanyak2180padasiklusIdan1599padasiklusII.Sedangkanhasilbelajarsiswasebanyak1535padasiklusIdan1744padasiklusII.JadipenerapanpenggunaanmediaaudiovisualdapatmeningkatkanprosesdanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranIPSkelasVSDNBakalanKrajanIKecamatanSukunKotaMalang.Saranpenelitikepadakepalasekolahadalahmendukungguruyangmempunyaiinovasipembelajaran.Gurudiharapkanmampumenggunakanmediaaudiovisualpadamatapelajaranlainsertabagipenelitilainmelakukanpenelitianlebihlanjutterhadapsiswayangmemilikigayabelajaryangberbeda-beda.