Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Bakalan Krajan 1 kecamatan Sukun kota Malang / Eni Arifatun Ni'mah
Main Author: | Ni'mah, Eni Arifatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104183/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimediaaudiovisualprosesbelajarhasilbelajarIPSSD.Hakikatbelajaradalahproseskomunikasimenyampaikanpesandarisumberpesanmelaluiperantarakepenerimapesandalamkegiatanbelajar.Agartidakterjadikesalahanpenafsirandibutuhkanalatbantumengajarberupamediaaudiovisual.BerdasarkanobservasipratindakanmatapelajaranIPSkelasVSDNBakalanKrajanImenunjukkanbahwaprosesbelajarsiswakurangaktifminatterhadapmateripelajarankurangdanguruminimmenggunakanmediapembelajaran.Permasalahantersebutmenyebabkanhasilbelajarsiswarendahyaituterdapat15anak(35%)mencapaiKKMdan28anak(65%)dibawahKKMdariKriteriaKetuntasanMinimalyangditetapkan60.Penelitianinibertujuan(1)mendeskripsikanpenerapanmediaaudiovisualdalamprosesdanhasilbelajarsiswamatapelajaranIPSkelasVSDNBakalanKrajanIKecamatanSukunKotaMalang(2)mendeskripsikanpeningkatkanprosesbelajar(3)mendeskripsikanpeningkatkanhasilbelajarsiswa.PenelitianinimenggunakanjenispenelitiandeskriptifkualitatifrancanganpenelitiantindakankelasmodelKemmisdanTaggartyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.SubjekpenelitiansiswakelasVSDNBakalanKrajanIKecamatanSukunKotaMalang.Teknikpengumpulandataberupaobservasiwawancaratesdancatatanlapangan.Sumberdatayaitusiswaguruprosesdanhasilbelajar.ProsedurpenelitianmulaidaripratindakansiklusIdanII.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganmenggunakanmediaaudiovisualprosesbelajarsiswalebihefektifdanmenyenangkan.Haliniterbuktidarinilairata-rataaspekpengamatanprosesbelajarpratindakan5756menjadi7936dan9535.Sedangkanhasilbelajarsiswadarinilairata-ratapratindakan4814menjadi6349dan8093padasiklusIII.Berdasarkanhasilpenelitianbahwaterdapatpeningkatanprosesbelajarsebanyak2180padasiklusIdan1599padasiklusII.Sedangkanhasilbelajarsiswasebanyak1535padasiklusIdan1744padasiklusII.JadipenerapanpenggunaanmediaaudiovisualdapatmeningkatkanprosesdanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranIPSkelasVSDNBakalanKrajanIKecamatanSukunKotaMalang.Saranpenelitikepadakepalasekolahadalahmendukungguruyangmempunyaiinovasipembelajaran.Gurudiharapkanmampumenggunakanmediaaudiovisualpadamatapelajaranlainsertabagipenelitilainmelakukanpenelitianlebihlanjutterhadapsiswayangmemilikigayabelajaryangberbeda-beda.