Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui metode survey,question,read,recite,review (SQ3R) siswa kelas IV SDN Wonotirto 02 Kabupaten Blitar / Utami Ririn Puji

Main Author: Utami, Ririn Puji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/104168/
Daftar Isi:
  • KatakunciKeterampilanMembacaPemahamanMetodeSQ3RKenyataandilapanganmenunjukkanbahwasiswakelasVSDNWonotirto02KabupatenBlitarmemilikikemampuanmembacapemahamanyangrendah.Makaperludiadakanpenelitianuntukmengatasimasalahtersebut.Rumusanmasalahpenelitianiniadalah1)BagaimanapenerapanmetodeSQ3RdalampembelajaranmembacapemahamansiswakelasVSDNWonotirto02KabupatenBlitar2)BagaimanapeningkatanketerampilanmembacapemahamansiswakelasVSDNWonotirto02KabupatenBlitardenganmenggunakanmetodeSQ3RMetodepenelitianyangdigunakanadalahmetodepenelitiandeskriptifkualitatif.JenispenelitianyangdipergunakandalampenulisanskripsiiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianiniterdiridariduasiklus.Tiapsiklusdilaksanakandengantahapansebagaiberikut(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.Sedangkanteknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasidantes.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapelaksanaanpembelajaranmembacapemahamanmelaluimetodeSQ3RdapatmeningkatkanketrampilanmembacapemahamansiswakelasVSDNWonotirto02yangditunjukkandengannilairata-ratapadapratindakan63siklusI70dansiklusII87.KetuntasanklasikalsiklusIsebesar42%dansiklusII100%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajaranmembacapemahamanmelaluimetodeSQ3RdapatmeningkatkanhasilbelajarmembacapemahamansiswakelasVSDNWonotirto02olehkarenaitugurudisarankanuntukmenerapkanmetodeSQ3Rdalammelaksanakanpembelajaranmembacapemahaman