Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui metode survey,question,read,recite,review (SQ3R) siswa kelas IV SDN Wonotirto 02 Kabupaten Blitar / Utami Ririn Puji
Main Author: | Utami, Ririn Puji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104168/ |
Daftar Isi:
- KatakunciKeterampilanMembacaPemahamanMetodeSQ3RKenyataandilapanganmenunjukkanbahwasiswakelasVSDNWonotirto02KabupatenBlitarmemilikikemampuanmembacapemahamanyangrendah.Makaperludiadakanpenelitianuntukmengatasimasalahtersebut.Rumusanmasalahpenelitianiniadalah1)BagaimanapenerapanmetodeSQ3RdalampembelajaranmembacapemahamansiswakelasVSDNWonotirto02KabupatenBlitar2)BagaimanapeningkatanketerampilanmembacapemahamansiswakelasVSDNWonotirto02KabupatenBlitardenganmenggunakanmetodeSQ3RMetodepenelitianyangdigunakanadalahmetodepenelitiandeskriptifkualitatif.JenispenelitianyangdipergunakandalampenulisanskripsiiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianiniterdiridariduasiklus.Tiapsiklusdilaksanakandengantahapansebagaiberikut(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.Sedangkanteknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasidantes.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapelaksanaanpembelajaranmembacapemahamanmelaluimetodeSQ3RdapatmeningkatkanketrampilanmembacapemahamansiswakelasVSDNWonotirto02yangditunjukkandengannilairata-ratapadapratindakan63siklusI70dansiklusII87.KetuntasanklasikalsiklusIsebesar42%dansiklusII100%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajaranmembacapemahamanmelaluimetodeSQ3RdapatmeningkatkanhasilbelajarmembacapemahamansiswakelasVSDNWonotirto02olehkarenaitugurudisarankanuntukmenerapkanmetodeSQ3Rdalammelaksanakanpembelajaranmembacapemahaman