Peningkatan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran time token arends pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 04 Kabupaten Blitar / Lukis Dian Rizkimawati

Main Author: Rizkimawati, Lukis Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/104137/
Daftar Isi:
  • Katakunciberbicaratimetokenarends.Berdasarkanhasilobservasipratindakanpembelajaranyangberlangsungkurangdapatmelatihsiswadalammengembangkanketerampilanberbicara.GurucenderunglebihdominanpadapembelajaranteorikebahasaansajadankurangmenekankanpadaproseskebahasaankhususnyapenerapanketerampilanberbicarasehinggasebagianbesarsiswamasihmerasakesulitanpadasaatdimintauntukmengungkapkanpendapatnyamenggunakanbahasaIndonesiayangbaikdanbenar.Halinimengakibatkan78.9%siswabelummencapaiKKMyangtelahditetapkanyaitu70.Berdasarkanhaltersebutmakaperludiadakanpenelitianuntukmengatasimasalahtersebut.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mendeskripsi-kanpelaksanaanmodelpembelajaranTimeTokenArendsuntukmeningkatkanketerampilanberbicarapadasiswakelasVSDNDayu04KabupatenBlitardan(2)mendeskripsikanpeningkatanketerampilanberbicaramelaluimodelpembelajaranTimeTokenArendspadasiswakelasVSDNDayu04KabupatenBlitarPenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)denganmodelkolaboratifmenggunakanacuanmodelsiklusPTK.Setiapsiklusterdiridariplanningactingobservingreflectingdanreviseplan.PenelitianinidilakukandikelasVSDNDayu04KabupatenBlitardengansubyeksiswakelasVsebanyak19siswa.Teknikpengumpulandatadilakukandenganobservasicatatanlapanganteslisandandokumentasi.Instrumenpenelitianyangdigunakanberupapedomanobservasidansoaltes.Datadianalisissecaradeskriptifbaikdeskriptifkuantitatifmaupundeskriptifkualitatif.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapelaksanaanpembelajaranberbicaramelaluimodelpembelajaranTimeTokenArendsdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVSDNDayu04KabupatenBlitaryangditunjukkandengannilairata-ratapadapratindakan59.2siklusI69.8dansiklusII79.7.Ketuntasanbelajarpadapratindakansebesar21.1%siklusIsebesar421%dansiklusII78.9%.PembelajaranberbicaradenganmenggunakanmodelpembelajaranTimeTokenArendsmenunjukkanadanyapeningkatankeaktivansiswadalamberbicarakhususnyadalammenyampaikanpendapattidakadapendominasiandalamberbicarakarenamasing-masingsiswamemilikiwaktuyangsamadalamberbicara.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagardalammeningkatkanketerampilanberbicaragurudapatmelaksanakanpembelajaranmenggunakanmodelpembelajaranTimeTokenArends.