Peningkatan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran time token arends pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 04 Kabupaten Blitar / Lukis Dian Rizkimawati
Main Author: | Rizkimawati, Lukis Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104137/ |
Daftar Isi:
- Katakunciberbicaratimetokenarends.Berdasarkanhasilobservasipratindakanpembelajaranyangberlangsungkurangdapatmelatihsiswadalammengembangkanketerampilanberbicara.GurucenderunglebihdominanpadapembelajaranteorikebahasaansajadankurangmenekankanpadaproseskebahasaankhususnyapenerapanketerampilanberbicarasehinggasebagianbesarsiswamasihmerasakesulitanpadasaatdimintauntukmengungkapkanpendapatnyamenggunakanbahasaIndonesiayangbaikdanbenar.Halinimengakibatkan78.9%siswabelummencapaiKKMyangtelahditetapkanyaitu70.Berdasarkanhaltersebutmakaperludiadakanpenelitianuntukmengatasimasalahtersebut.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mendeskripsi-kanpelaksanaanmodelpembelajaranTimeTokenArendsuntukmeningkatkanketerampilanberbicarapadasiswakelasVSDNDayu04KabupatenBlitardan(2)mendeskripsikanpeningkatanketerampilanberbicaramelaluimodelpembelajaranTimeTokenArendspadasiswakelasVSDNDayu04KabupatenBlitarPenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)denganmodelkolaboratifmenggunakanacuanmodelsiklusPTK.Setiapsiklusterdiridariplanningactingobservingreflectingdanreviseplan.PenelitianinidilakukandikelasVSDNDayu04KabupatenBlitardengansubyeksiswakelasVsebanyak19siswa.Teknikpengumpulandatadilakukandenganobservasicatatanlapanganteslisandandokumentasi.Instrumenpenelitianyangdigunakanberupapedomanobservasidansoaltes.Datadianalisissecaradeskriptifbaikdeskriptifkuantitatifmaupundeskriptifkualitatif.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapelaksanaanpembelajaranberbicaramelaluimodelpembelajaranTimeTokenArendsdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVSDNDayu04KabupatenBlitaryangditunjukkandengannilairata-ratapadapratindakan59.2siklusI69.8dansiklusII79.7.Ketuntasanbelajarpadapratindakansebesar21.1%siklusIsebesar421%dansiklusII78.9%.PembelajaranberbicaradenganmenggunakanmodelpembelajaranTimeTokenArendsmenunjukkanadanyapeningkatankeaktivansiswadalamberbicarakhususnyadalammenyampaikanpendapattidakadapendominasiandalamberbicarakarenamasing-masingsiswamemilikiwaktuyangsamadalamberbicara.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagardalammeningkatkanketerampilanberbicaragurudapatmelaksanakanpembelajaranmenggunakanmodelpembelajaranTimeTokenArends.