Peningkatan hasil belajar matematika tentang operasi hitung bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif tipe stand (Student teams achievement divison) / Yuli Triana
Main Author: | Triana, Yuli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104136/ |
Daftar Isi:
- KataKunciHasilBelajarOperasiHitungBilanganBulatModelSTADBerdasarkanhasilobservasiyangtelahdilakukandiSDNSumberagung03KabupatenBlitarpadapelaksanaanpembelajaranMatematikadikelasVdiperolehhasilyangkurangmemuaskanyaitudari20siswahanya8siswasajayangnilainyadapatmencapaiKKMyangtelahditetapkanyaitu65sedangkan12siswamasihbelumdapatmencapaiKKM.HalinidisebabkankarenaGurutidakmenggunakanmediakonkretdantidakmenggunakanRPPguruhanyamenggunakanmetodeceramahdanpemberiantugassajasertakeaktifandankerjasamasiswakurang.BerkaitandenganhalinipenelitiinginmemperbaikipembelajarankhususnyamatapelajaranMatematikatentangoperasihitungbilanganbulatmelaluimodelSTAD.TujuannyaadalahagardapatmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranKooperatiftipeSTADdanmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVSDNSumberagung03.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptifdenganmenggunakanmodelpembelajaranSTAD.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVSDNSumberagung03KabupatenBlitar.Datadalampenelitianinidikumpulkanmelaluiobservasitesdokumentasidanangket.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisiskualitatifyangmeliputi3kegiatanyaitureduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Penelitianinidilakukanmelalui2siklus.HasilpenelitiandenganmenerapanmodelSTADdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.PenilaianaktivitasdarisiklusIsebesar68%dansiklusIIsebesar85%halinimenunjukkkanpeningkatanaktivitassebesar17%.KetuntasanbelajarpadasiklusIIjugamengalamipeningkatandarisiklusIsebesar60%menjadi80%padasiklusIIhalinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatanhasilbelajarsebesar20%.KesimpulannyaadalahbahwamelaluimodelSTADdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadalampembelajaranmatematikatentangoperasihitungbilanganbulat.KarenamelaluimodelSTADdapatmenumbuhkankerjasamadankeaktifansiswadalampembelajaran.Untukituguruhendaknyadalampembelajaranmenggunakanmediabendakonkretsertamenggunakanmodelpembelajaranyanglebihbermaknadantidakmembosankan.