Peningkatan hasil belajar matematika tentang operasi hitung bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif tipe stand (Student teams achievement divison) / Yuli Triana

Main Author: Triana, Yuli
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/104136/
Daftar Isi:
  • KataKunciHasilBelajarOperasiHitungBilanganBulatModelSTADBerdasarkanhasilobservasiyangtelahdilakukandiSDNSumberagung03KabupatenBlitarpadapelaksanaanpembelajaranMatematikadikelasVdiperolehhasilyangkurangmemuaskanyaitudari20siswahanya8siswasajayangnilainyadapatmencapaiKKMyangtelahditetapkanyaitu65sedangkan12siswamasihbelumdapatmencapaiKKM.HalinidisebabkankarenaGurutidakmenggunakanmediakonkretdantidakmenggunakanRPPguruhanyamenggunakanmetodeceramahdanpemberiantugassajasertakeaktifandankerjasamasiswakurang.BerkaitandenganhalinipenelitiinginmemperbaikipembelajarankhususnyamatapelajaranMatematikatentangoperasihitungbilanganbulatmelaluimodelSTAD.TujuannyaadalahagardapatmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranKooperatiftipeSTADdanmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVSDNSumberagung03.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptifdenganmenggunakanmodelpembelajaranSTAD.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVSDNSumberagung03KabupatenBlitar.Datadalampenelitianinidikumpulkanmelaluiobservasitesdokumentasidanangket.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisiskualitatifyangmeliputi3kegiatanyaitureduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Penelitianinidilakukanmelalui2siklus.HasilpenelitiandenganmenerapanmodelSTADdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.PenilaianaktivitasdarisiklusIsebesar68%dansiklusIIsebesar85%halinimenunjukkkanpeningkatanaktivitassebesar17%.KetuntasanbelajarpadasiklusIIjugamengalamipeningkatandarisiklusIsebesar60%menjadi80%padasiklusIIhalinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatanhasilbelajarsebesar20%.KesimpulannyaadalahbahwamelaluimodelSTADdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadalampembelajaranmatematikatentangoperasihitungbilanganbulat.KarenamelaluimodelSTADdapatmenumbuhkankerjasamadankeaktifansiswadalampembelajaran.Untukituguruhendaknyadalampembelajaranmenggunakanmediabendakonkretsertamenggunakanmodelpembelajaranyanglebihbermaknadantidakmembosankan.