Peningkatan hasil belajar perkalian matimatika siswa kelas III melalui model guided discovery di SDN Soso 03 Kabupaten Blitar / Ifa Ruliana
Main Author: | Ruliana, Ifa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104135/ |
Daftar Isi:
- KataKuncihasilbelajarmodelguideddiscoveryperkalian.Hasilobservasipendahuluanmemberikaninformasibahwapembelajaranyangdigunakanberpusatpadaguru.Guruhanyamenggunakanmetodeceramahdalampembelajaran.Tidakadanyamediayangmenunjangsehinggasiswatidaktertarikterhadapmateriyangdiajar-kan.Halitumenyebabkanhasilbelajarmatematikasiswamasihrendah.PermasalahantersebutdapatdiatasidenganmenggunakanModelguideddiscovery.Denganmodelpembelajaraninisiswadibimbinguntukmenemukansendiripengetahuanbaru.PenelitiandalamPTKiniadalahuntuk(1)mengetahuibagaimanapenerapanmodelguideddiscoverypadapembelajaranperkalianmatematika(2)hasilbelajarsiswapadamateriperkaliandenganmenggunakanmodelguideddiscoverydan(3)untukmengetahuipeningkatanhasilbelajarperkalianmatematikamelaluimodelguideddiscoverydikelasIIISDNsoso03KabupatenBlitar.HasilpenelitianmulaidaritahapobservasipendahuluansampaisiklusIIdiketahuibahwapenerapanmodelguideddiscoverydapatmemperbaikiaktivitasbelajarsiswa.Halinidibuktikandenganpeningkatanaktivitassiswapadatahapobservasipendahuluanmencapai7.33%padasiklusImencapai62.2%danpadasiklusIImeningkatlagimenjadi74.75%.Penerapanmodelguideddiscoveryjugadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Halinidibuktikandenganpeningkatanhasilbelajarsiswapadatahapobservasipendahuluanketuntasanbelajarnyahanya25%padasiklusImeningkatmenjadi75%danpadasiklusIImeningkatlagimenjadi85%.Saranyangdisampaikandalampenelitianiniadalahpembelajaranmatematikadenganmenggunakanmodelguideddiscoverysebaiknyadilaksanakandenganpembimbinganyangmengarah.Sehinggakonsepyangditemukansiswatepat.Dalamkerjakelompokhendaknyasiswaberperanaktifdalammenyelesaikantugassehinggaketikamengerjakansoalsecaraindividudapatmengerjakandenganbaik.Sebaiknyadalampenilaianhasilbelajarsiswagurutidakhanyaberpedomanpadatestulistetapijugamenerapkanpenilaianproses.