Peningkatan hasil belajar perkalian matimatika siswa kelas III melalui model guided discovery di SDN Soso 03 Kabupaten Blitar / Ifa Ruliana

Main Author: Ruliana, Ifa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/104135/
Daftar Isi:
  • KataKuncihasilbelajarmodelguideddiscoveryperkalian.Hasilobservasipendahuluanmemberikaninformasibahwapembelajaranyangdigunakanberpusatpadaguru.Guruhanyamenggunakanmetodeceramahdalampembelajaran.Tidakadanyamediayangmenunjangsehinggasiswatidaktertarikterhadapmateriyangdiajar-kan.Halitumenyebabkanhasilbelajarmatematikasiswamasihrendah.PermasalahantersebutdapatdiatasidenganmenggunakanModelguideddiscovery.Denganmodelpembelajaraninisiswadibimbinguntukmenemukansendiripengetahuanbaru.PenelitiandalamPTKiniadalahuntuk(1)mengetahuibagaimanapenerapanmodelguideddiscoverypadapembelajaranperkalianmatematika(2)hasilbelajarsiswapadamateriperkaliandenganmenggunakanmodelguideddiscoverydan(3)untukmengetahuipeningkatanhasilbelajarperkalianmatematikamelaluimodelguideddiscoverydikelasIIISDNsoso03KabupatenBlitar.HasilpenelitianmulaidaritahapobservasipendahuluansampaisiklusIIdiketahuibahwapenerapanmodelguideddiscoverydapatmemperbaikiaktivitasbelajarsiswa.Halinidibuktikandenganpeningkatanaktivitassiswapadatahapobservasipendahuluanmencapai7.33%padasiklusImencapai62.2%danpadasiklusIImeningkatlagimenjadi74.75%.Penerapanmodelguideddiscoveryjugadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Halinidibuktikandenganpeningkatanhasilbelajarsiswapadatahapobservasipendahuluanketuntasanbelajarnyahanya25%padasiklusImeningkatmenjadi75%danpadasiklusIImeningkatlagimenjadi85%.Saranyangdisampaikandalampenelitianiniadalahpembelajaranmatematikadenganmenggunakanmodelguideddiscoverysebaiknyadilaksanakandenganpembimbinganyangmengarah.Sehinggakonsepyangditemukansiswatepat.Dalamkerjakelompokhendaknyasiswaberperanaktifdalammenyelesaikantugassehinggaketikamengerjakansoalsecaraindividudapatmengerjakandenganbaik.Sebaiknyadalampenilaianhasilbelajarsiswagurutidakhanyaberpedomanpadatestulistetapijugamenerapkanpenilaianproses.