Gender representation in a English texbook ÔÇ£When English Rings a BellÔÇØ for eighth graders of junior high school / Gilang Dwi Ramadhan

Main Author: Ramadhan, Gilang Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/10411/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRamadhanGilangDwi.GenderRepresentationinanEnglishTextbookWhenEnglishRingsaBellforEighthGradersofJuniorHighSchool.SkripsiPendidikanBahasaInggrisFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)NurHayatiS.PdM.Ed.(II)Drs.AndiMuhtarM.A.KatakunciAnalisisBukuPaketRepresentasiGenderSekolahMenengahPertamaTerkaitpengajaranBahasaInggrissiswabisamempelajarinyamelaluibukupaketyangjugamemaparkanbahasasebagaikumpulanide.BukupaketBahasaInggrisolehkarenaitujugabisabertindaksebagaikurikulumtersembunyi(Cunningsworth199590).Dengankatalainbukudapatmenjadialatyangkuatuntukmembentukperspektifsiswaterkaitide-idetertentu.Salahsatuisupentingadalahrepresentasiperempuandanlaki-lakidibukuyangseringkalitidaksetara(BahmanRahimi2010).PenelitianinibertujuanuntukmenginvestigasirepresentasigenderdibukupaketBahasaInggrisyangdigunakandiIndonesia.UntukmelakukanpenelitianinibukupaketBahasaIngrisyangditerbitkanolehpemerintahdianalisisberdasarkanlimaaspekrepresentasigenderyangmencakupsexvisibilityfirstnessgendergenerictermsoccupationsdanactivities.BukupaketyangdipilihberjudulWhenEnglishRingsaBelluntukmuridkelasdelapanSekolahMenengahPertama.Jadipenelitianiniberfokuspadaanalisiskontenyangmerupakanpenelitiankualitatif.Untukaspeksexvisibilitytemuanpenelitianinimenunjukkanbahwalakilakimendapatkantingkatvisibilitasyanglebihbesardaripadaperempuandenganselisihsebesar6%.Karakterlaki-lakijugamuncullebihseringketimbangkarakterperempuandiilustrasigambar.Untukaspekfirstnessrepresentensigenderjugatidakseimbangkarenapasangankatalelakipertamalebihbanyakdaripadapasangankataperempuanpertama.Untukgendergenerictermsditemukanhanyaduapenggunaanistilahyangbermasalahyaitupolicemendanchairman.Katakataitusebenarnyadapatdigantidenganistilahyanglebihnetralyaitupoliceofficersdanchairperson.Untukoccupationsatauaspekpekerjaandelapanjenispekerjaanditemukandibukupaketdanenamdiantaranyaditujukanuntuklakilaki.Iniberartibahwalaki-lakidigambarkanmempunyailebihbanyakpilihanpekerjaandaripadaperempuan.Untukactivitiesatauaspekaktivitassehari-hariada49jenisaktivitasyangditemukandan49%darijumlahituuntukperempuansehinggaselisihnyahanya2%.Secarakeseluruhandarilimaaspekrepresentasigenderempataspekyangmeliputisexvisibilityfirstnessgendergenerictermsdanoccupationsmenunjukkanporsirepresentasigenderyangtidakseimbangdenganmenonjolkanlaki-laki.Untukaspekaktivitasrepresentasigendernyacukupseimbang.TemuanpenelitianinimengindikasikanbahwapmerintahpenulisbukugurudanberbagaipihakterkaitmasihharusmenggalakkankesadarantentangkesetaraangenderdipendidikankhususnyadipendidikanBahasaInggris.Ketimpanganrepresentasigenderdalamtingkattertentumengindikasikanapayangterjadidimasyarakatdanperlakuanmasyarakatterhadapperempuandanlaki-laki.Pendidikanharusmenjadijalanuntukmenghapuskanketimpanganiigender.Bukuharusikutbagiandalamupayainimengingatperanpentingnyauntukgurudansiswa.Jadirancanganpenulisanbukuharusdiperhatikandengansungguhsungguhterutamaberkaitandenganrpresentasigenderdidalamnya.Untukpenelitianselanjutnyadisarankansupayapenelitimenginvestigasibukubukupaketterbitanpemerintahyangsedangdigunakandiberbagaijenjangpendidikandanmembuatperbandingan.iii