Pengaruh penerapan pendekatan concrete-semiconcrete-pictorial-abstract(cspa) terhadap hasil belajar perkalian bilangan cacah siswa kelas III SDN Dadapan 02 Kecamatan Wajak kabupaten Malang/ Ivang Galuh Purwitasari

Main Author: Purwitasari, Ivang Galuh
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/104103/
Daftar Isi:
  • KatakunciPendekatanCSPAHasilbelajarPerkalianBilanganCacah.Pemilihanpendekatandalampembelajaranakanmenentukanprosespembelajarandidalamkelas.Pendekatanpembelajarandigunakansesuaidengankebutuhandankarakteristiksiswakarenasetiappendekatanpembelajaranmempunyaitujuanyangberbeda.Untukmemilihpendekatanpembelajaranyangtepatdiperlukanrelevansidengantujuanpembelajaran.Pemilihanpendekatanpembelajaranyangtepatakanmemberikanpengaruhpositifterhadaphasilbelajarsiswa.PendekatanpembelajaranyangdinilaitepatdansesuaidengankarakteristiksiswaadalahpendekatanCSPA.PenelitianinimenerapkanpendekatanCSPAdanbertujuanuntuk(1)mendeskripsikankemampuanawalsiswakelasIIISDNDadapan02KecamatanWajakKabupatenMalangpadamateriperkalianbilangancacah(2)mendeskripsikanpengaruhpenerapanpendekatanCSPAterhadaphasilbelajarperkalianbilangancacahsiswakelasIIIASDNDadapan02KabupatenMalang.Rancanganyangdigunakandalampenelitianiniadalaheksperimensemu.Terdapatduakelasyangdibandingkandalampenelitianiniyaitukelaseksperimendankelaskontrol.Langkah-langkahpenelitianinimeliputi(1)pemberianpretestpadakelaseksprimendankelaskontrol(2)pemberianperlakuanpadakelaseksperimen(3)pemberianposttestpadakeduakelastersebut.Sampelpenelitianiniyaitusiswakelaseksperimen(kelasIIIA)yangbanyaknya19anakdansiswakelaskontrol(kelasIIIB)yangbanyaknya16anak.Instrumenyangdigunakanadalahtes.Analisisdatayangdigunakanmeliputiujipersyaratananalisis(ujihomogenitasdanujinormalitas)danujihipotesis.DatatesyangdiperolehpadaujicobatesdivalidasidandilihatreliabilitasnyadenganbantuanprogramSPSSversi16.00forwindows.Darihasilvalidasidanreliabilitastersebut10tesyangvaliddanreliabeldigunakansebagaiinstrumenpretestdanposttest.Kemudianhasilnyadianalisis.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwarata-ratapretestkelaseksperimensebesar59631sedangkankelaskontrolsebesar59625.Padakelaseksperimenada1siswayangnilainyadiatasKKMyaitu70sedangkan18siswalainnyanilainyadibawahKKM.Padakelaskontrolada2siswayangnilainyadiatasKKMyaitu73dan75sedangkan14siswalainnyadibawahKKM.Padapemberianposttestdiperolehdatarata-rataposttestuntukkelaseksperimensebesar9347sedangkankelaskontrol7956.Padakelaseksperimenseluruhsiswayangberjumlah19memperolehnilaidiatasKKMsedangkankelaskontrolada2siswayangnilainyamasihdibawahKKMyaitu62dan63.Berdasarkanhasilujihomogenitasvarianspretestdiperolehdatakelaskontroldankelaseksperimenmempunyaivarianskemampuanawalyanghomogenkarenanilaiprobalilitas(0095)005.danfhitung(2196)ftabel(414).Hasilujinormalitasdistribusipretestmenunjukkanbahwasiswakelaseksperimenberdistribusinormalkarenanilaiprobalilitas(0990)005dan9672hitunglebihkecildari9672tabelyaitu354021026dansiswakelaskontrolberdistribusinormalkarenanilaiprobalilitas(1000)005dan9672hitunglebihkecildari9672tabelyaitu086223685.HasilUjikesamaanrata-rataduavariabeldatapretestmenunjukkanbahwatidakadaperbedaanpretestantarakelaskontroldankelaseksperimenkarenanilaiSig.(0998)005danthitung(0002)ttabel(2034).Hasilujihomogenitasvariansposttestmenunjukkansiswakelaskontroldankelaseksperimenmempunyaivarianshasilposttestyanghomogenkarenanilaiprobalilitas(0389)005.danfhitung(1756)ftabel(414).Hasilujinormalitasdistribusiposttestmenunjukkankelaskontrolberdistribusinormalkarenanilaiprobalilitas(0550)005dan9672hitunglebihkecildari9672tabelyaitu15822362danposttestkelaseksperimenberdistribusinormalkarenanilaiprobalilitas(1000)005dan9672hitunglebihkecildari9672tabelyaitu784516919.HasilujihipotesismenunjukkanadapengaruhyangsignifikanpadapenerapanpendekatanCSPAkarenathitunglebihbesardarittabelyaitu5542034dannilaiSig.(0000)005.BerdasarkanhasilpenelitianyangtelahdilakukandapatdisimpulkanbahwapenerapanpendekatanCSPAmemberikanpengaruhpositifterhadaphasilbelajarsiswakelasIIIAdiSDNDadapan02KecamatanWajakKabupatenmalang.Saranyangdiberikanpenelitiadalah(1)guruhendaknyalebihmemperhatikankarakteristiksiswadandapatmenyajikanpembelajaranyangsesuaidengankarakteristiksiswa(2)sekolahhendaknyamemberikanfasilitaskepadasiswadalambelajarnyamelaluipemberianalatperagaataumediapembelajaran.