Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas V SDN Kotalama 1 Malang / Galih Saputra Cahyaning Nugroho

Main Author: Nugroho, Galih Saputra Cahyaning
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/104028/
Daftar Isi:
  • KatakunciMatematikaRealistikPenjumlahandanPenguranganBilanganBulatSDMatematikamerupakanilmupengetahuanyangmempelajaristrukturyangabstrakdanpolahubunganyangadadidalamnyauntukmemahamistrukturyangabstrakdanpolahubunganyangterjadidiperlukansuatukegiatanyangkonkretuntukmemudahkanpemahamanterhadapstrukturdanpolahubunganyangterjadidalammatematika.UntukmemudahkanpemahamansiswamakapembelajaranPMRdipilihkarenamodelpembelajaraninimengaktifkansiswadalampembelajaranmelaluiindividumaupunbelajarkelompok.Berdasarkanhasilobservasidiperolehfaktaadalahhasiltesmenunjukkanrata-ratahasilbelajarsiswahanyamencapai514%yangtuntassedangkanSKMyangditentukanadalah65untukhasilbelajardan65%untukketuntasankelas.Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikan(1)MendeskripsikanpenerapanpembelajaranmatematikarealistikpadakemampuanpemahamankonseppenjumlahanbagisiswakelasVSDNKotalama1Malang.(2)MendeskripsikanpemahamankonseppenjumlahanbilanganbulatbagisiswakelasVSDNKotalama1Malangsetelahdibelajarkandenganpembelajaranmatematikarealistik.(3)Mendeskripsikanpeningkatanaktivitasbelajarsiswadenganpenerapanmatematikarealistiktopikoperasipenjumlahandanpenguranganbilanganbulat.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdiskriptif.Jenispenelitiannyayaitupenelitiantindakankelas(PTK)denganmodelkolaboratif.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikobservasiteswawancaracatatanlapangandandokumentasi.InstrumenyangdigunakanuntukpengumpulandatayaitulembarobservasipenyusunanRPPlembarobservasipelaksanaanpembelajaranmatematikarealistiklembarobservasiaktivitassiswasoaltespedomanwawancaralembarcatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranmatematikarealistikpadapembelajaranmatematikadikelasVSDNKotalama1dengankompetensidasaroperasihitungpenjumlahandanpenguranganbilanganbulat.HaliniditunjukkandenganperolehankeberhasilanterbuktidarihasilbelajarsiswapadasiklusIyaitu514%yangtuntasmeningkatpadasiklusIImenjadi783%.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankandalammenerapkanpembelajaranmatematikarealistik.Danagarmudahmengkondisikansiswagurudiharapkanmemberikanpenguatanyangbaikuntukmamacukeaktifansiswajugadapatmemberikanpenghargaanberupahadiah.