Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas V SDN Kotalama 1 Malang / Galih Saputra Cahyaning Nugroho
Main Author: | Nugroho, Galih Saputra Cahyaning |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104028/ |
Daftar Isi:
- KatakunciMatematikaRealistikPenjumlahandanPenguranganBilanganBulatSDMatematikamerupakanilmupengetahuanyangmempelajaristrukturyangabstrakdanpolahubunganyangadadidalamnyauntukmemahamistrukturyangabstrakdanpolahubunganyangterjadidiperlukansuatukegiatanyangkonkretuntukmemudahkanpemahamanterhadapstrukturdanpolahubunganyangterjadidalammatematika.UntukmemudahkanpemahamansiswamakapembelajaranPMRdipilihkarenamodelpembelajaraninimengaktifkansiswadalampembelajaranmelaluiindividumaupunbelajarkelompok.Berdasarkanhasilobservasidiperolehfaktaadalahhasiltesmenunjukkanrata-ratahasilbelajarsiswahanyamencapai514%yangtuntassedangkanSKMyangditentukanadalah65untukhasilbelajardan65%untukketuntasankelas.Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikan(1)MendeskripsikanpenerapanpembelajaranmatematikarealistikpadakemampuanpemahamankonseppenjumlahanbagisiswakelasVSDNKotalama1Malang.(2)MendeskripsikanpemahamankonseppenjumlahanbilanganbulatbagisiswakelasVSDNKotalama1Malangsetelahdibelajarkandenganpembelajaranmatematikarealistik.(3)Mendeskripsikanpeningkatanaktivitasbelajarsiswadenganpenerapanmatematikarealistiktopikoperasipenjumlahandanpenguranganbilanganbulat.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdiskriptif.Jenispenelitiannyayaitupenelitiantindakankelas(PTK)denganmodelkolaboratif.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikobservasiteswawancaracatatanlapangandandokumentasi.InstrumenyangdigunakanuntukpengumpulandatayaitulembarobservasipenyusunanRPPlembarobservasipelaksanaanpembelajaranmatematikarealistiklembarobservasiaktivitassiswasoaltespedomanwawancaralembarcatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranmatematikarealistikpadapembelajaranmatematikadikelasVSDNKotalama1dengankompetensidasaroperasihitungpenjumlahandanpenguranganbilanganbulat.HaliniditunjukkandenganperolehankeberhasilanterbuktidarihasilbelajarsiswapadasiklusIyaitu514%yangtuntasmeningkatpadasiklusIImenjadi783%.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankandalammenerapkanpembelajaranmatematikarealistik.Danagarmudahmengkondisikansiswagurudiharapkanmemberikanpenguatanyangbaikuntukmamacukeaktifansiswajugadapatmemberikanpenghargaanberupahadiah.