Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bentuk soal cerita melalui metode Polya kelas III SDN Lesanpuro I Kota Malang / Yuliana Torimtubun

Main Author: Torimtubun, Yuliana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/104019/
Daftar Isi:
  • KataKunciMetodePolyaPrestasiBelajarMatematikaSekolahDasar.BerdasarkanpengamatanpenelitisebagaigurukelasIIIbahwahasilulanganpadapokokbahasanpenjumlahandanpenguranganterutamaberbentuksoalceritasiswayangmengalamikesulitansebanyak65%dari24siswayaituhasilbelajaryangmasihdibawahrata-rata(kurangdarilima)yaitu47.Dengankatalainkesulitanbelajardalammenyelesaikansoalceritabaikpadaprosespengerjaanmaupunpadahasilyangdicapaibelummenunjukkanhasilsesuaidenganapayangdiharapkan.RumusanmasalahdalampenelitianiniadalahApakahdenganmenggunakanmetodePolyadapatmeningkatkankemampuansiswadalammenyelesaikansoalceritapadaPokokBahasanPenjumlahandanPengurangandikelasIIIsemesterISDNLesanpuroIKotaMalang.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkankemampuansiswadalammenyelesaikansoalceritapadaPokokBahasanPenjumlahandanPengurangandenganmenggunakanmetodePolyadikelasIIIsemesterISDNLesanpuroIKotaMalang.PenelitiandilaksanakandikelasIIISDNLesanpuroIKotaMalangsebanyakTigasiklus.Setiapsikluskegiatanpenelitianmeliputiperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.Subyekpenelitianadalah24siswametodepengumpulandatayangdigunakanadalahpengamatandanteshasilbelajarsetiapakhirsiklusindikatorkeberhasilansecaraindividualyaitumencapainilai75danklasikalyangmencapainilai75sebanyak75%lebihdikatakanberhasil.