Peningkatan hasil belajar PKn materi pokok lembaga pemerintahan menggunakan media komputer siswa kelas IV SDN Tunggulwulung 3 Malang / Dian Ariani
Main Author: | Ariani, Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103991/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajaranPKnMediaKomputerHasilBelajar.Darihasilobservasidanwawancaradengangurudiperolehtemuanpembelajaranyangdilakukanolehguruyaitu(1)mediapembelajaranyangdigunakangurukurangvariatifdan(2)siswapasifdalampembelajaran.Kelemahantersebutdisebabkanolehpemahamansiswakurangsehingganilaihasilbelajarrendah.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)penerapanmediapembelajarankomputerpadamatapelajaranPKnmateripokoklembagapemerintahantingkatpusatpadasiswakelasIVSDNTunggulwulung3Malang(2)penerapanmediakomputerdalammeningkatkanpemahamankonseplembagapemerintahantingkatpusatpadamatapelajaranPKnsiswakelasIVSDNTunggulwulung3MalangPenelitianinidilakukandiSDNTunggulwulung3MalangdengansubjeksiswakelasIVsebanyak21siswayangterdiridari14siswalaki-lakidan7siswaperempuan.PenelitianinidifokuskanpadapeningkatanpemahamankonseplembagapemerintahantingkatpusatpadasiswakelasIVSDNTunggulwulung3Malangdenganmenggunakanmediapembelajarankomputer.Penelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasdenganrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.Tahapandalamsetiapsiklusnyaterdiriatasperencanaantindakanobservasirefleksidanrencanaperbaikan.Teknikpengumpulandatayangdigunakanberupadatawawancaraobservasitesdandokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapemahamankonseplembagapemerintahanpadasiswameningkatdarisetiapsiklusnyadandapatdilihatdarihasilakhirsertajumlahprosentaserata-ratanilaisiswa.BerdasarkanhasilobservasiaktivitassiswapadasiklusIpertemuan1diperolehnilaiakhirrata-rata624atau428%tingkatkeberhasilannyadanpadapertemuan2diperolehrata-ratanilaiakhir649atau523%tingkatkeberhasilansiswa.SedangkanpadasiklusIIdiperolehnilairata-rata733yaitu809%tingkatkeberhasilansiswadalampemahamankonseplembagapemerintahan.BerdasarkanhasilpenelitianyangdipaparkandapatdisimpulkanbahwapenggunaanmediapembelajarankomputerdapatmeningkatkanhasilbelajarPKnsiswakelasIVSDNTunggulwulung3MalangdengankompetensidasarMengenallembaga-lembaganegaradalamsusunanpemerintahantingkatpusatsepertiMPRDPRPresidenMAMKdanBPKdll.Dalampenerapanmediakomputerpadaawalnyamengalamikesulitanpadaperhatiansiswayangtertujupadatampilananimasinamunhaltersebutdapatsegeradiatasidankegiatanbelajarpunberjalanlancar.SetelahdilakukanpenelitiandenganmenggunakanpenerapanmediapembelajarankomputermatapelajaranPKndenganmateripokoklembagapemerintahantingkatpusatmakasaranyangdiajukanantaralainpadasaatmengajarhendaknyagurumemperjelaslangkah-langkahdantujuanpembelajaranagarsiswamengertimaksuddaripembelajaranpadahariituhendaknyagurumemberikanrewardyangbertujuanuntukmemotivasisiswadalambelajardanhendaknyagurudapatmengkreasikansendirimateriyangakandisajikansecaramenarikdenganperpaduananimasiyangberganti-gantisehinggasiswatidakbosandalampembelajaran.