Penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Madyopuro II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Endang Goulap

Main Author: Goulap, Endang
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103966/
Daftar Isi:
  • KataKunciPembelajaranTPSAktivitasdanHasilBelajarIPSSD.Keberhasilanprosespembelajarandidalamkelassalahsatunyaditentukanolehcaragurumenggunakanmodelpembelajaran.Modelpembelajarandigunakanharussesuaidengankebutuhansiswakarenasetiapmodelpembelajaranmempunyaitujuanprinsipdanpenekananyangberbeda.Namundalamkenyataannyagurutidakpernahmenggunakanmodelpembelajaranyangbervariasisehinggaaktivitassiswaterlihatmasihpasifdanhasilbelajarnyarendah.Bahkanguruhanyadapatmenggunakanmodelpembelajaranyangberpusatpadagurusendirisehinggasiswakurangaktifdalammengikutipembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatakanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVSDNMadyopuroIIKecamatanKedungkandangKotaMalangmelaluimodelpembelajaranThinkPairShare(TPS).Dalammodelinisiswaakanberpikir(Think)secaraindividukemudiansiswasecaraberpasangan(Pair)salingtukarpendapatuntukmelengkapipenemuannya.Selanjutnyatahapberbagidalamkelompokbesaryangdilakukandengankelompokbesardidalamkelas(Share).SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVSDNMadyopuroIIKecamatanKedungkandangKotaMalangdenganjumlah43siswa.RancanganpenelitianinimenggunakanpengembanganKemmisdanTaggart.Teknikpengumpulandatapenelitimenggunakanobservasiwawancaratestdandokumentasi.SedangkaninstrumenpenelitiannyamenggunakanRencanaPelaksanaanPembelajarantestlembarobservasidandokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVpadamatapelajaranIPSmateripokoktokoh-tokohperjuangandalammempersiapkankemerdekaanindonesia.Hasilpretestsiswarata-rata6325%.Siklus1mengalamipeningkatanmenjadi8465%dansiklus2terusmegalamipeningkatanmenjadi9581%.PenerapanmodelpembelajaranThinkPairShareberhasilditerapkanpadasiswakelasVSDNMadyopuroIIKecamatanKedungkandangKotaMalanguntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajar.Disarankanbagipenelitilainpenelitianinidapatdijadikansebagaibahanpertimbangandanacuandalampenelitianselanjutnyasehinggahasilnyadapatdijadikanpedomandanpengembanganprofesidanmeningkatkanprestasibelajar.