Penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Madyopuro II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Endang Goulap
Main Author: | Goulap, Endang |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103966/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajaranTPSAktivitasdanHasilBelajarIPSSD.Keberhasilanprosespembelajarandidalamkelassalahsatunyaditentukanolehcaragurumenggunakanmodelpembelajaran.Modelpembelajarandigunakanharussesuaidengankebutuhansiswakarenasetiapmodelpembelajaranmempunyaitujuanprinsipdanpenekananyangberbeda.Namundalamkenyataannyagurutidakpernahmenggunakanmodelpembelajaranyangbervariasisehinggaaktivitassiswaterlihatmasihpasifdanhasilbelajarnyarendah.Bahkanguruhanyadapatmenggunakanmodelpembelajaranyangberpusatpadagurusendirisehinggasiswakurangaktifdalammengikutipembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatakanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVSDNMadyopuroIIKecamatanKedungkandangKotaMalangmelaluimodelpembelajaranThinkPairShare(TPS).Dalammodelinisiswaakanberpikir(Think)secaraindividukemudiansiswasecaraberpasangan(Pair)salingtukarpendapatuntukmelengkapipenemuannya.Selanjutnyatahapberbagidalamkelompokbesaryangdilakukandengankelompokbesardidalamkelas(Share).SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVSDNMadyopuroIIKecamatanKedungkandangKotaMalangdenganjumlah43siswa.RancanganpenelitianinimenggunakanpengembanganKemmisdanTaggart.Teknikpengumpulandatapenelitimenggunakanobservasiwawancaratestdandokumentasi.SedangkaninstrumenpenelitiannyamenggunakanRencanaPelaksanaanPembelajarantestlembarobservasidandokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVpadamatapelajaranIPSmateripokoktokoh-tokohperjuangandalammempersiapkankemerdekaanindonesia.Hasilpretestsiswarata-rata6325%.Siklus1mengalamipeningkatanmenjadi8465%dansiklus2terusmegalamipeningkatanmenjadi9581%.PenerapanmodelpembelajaranThinkPairShareberhasilditerapkanpadasiswakelasVSDNMadyopuroIIKecamatanKedungkandangKotaMalanguntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajar.Disarankanbagipenelitilainpenelitianinidapatdijadikansebagaibahanpertimbangandanacuandalampenelitianselanjutnyasehinggahasilnyadapatdijadikanpedomandanpengembanganprofesidanmeningkatkanprestasibelajar.