Upaya meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Bandungrejosari I Kota Malang melalui model Attention Relevance Confidance Satisfaction (ARCS) / Riyani

Main Author: Riyani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103965/
Daftar Isi:
  • KatakunciPembelajaranIPASDModelARCSModelARCSmerupakanmodelpembelajaranyangmenitikberatkanpengelolaandanpeningkatanmotivasibelajarsiswa.BerdasarkanhasilobservasiyangpenelitilakukanpadasaatpembelajaranIPAdikelasIVSDNBandungrejosariIKotaMalangdidapatkanfaktabahwapembelajaranyangdilakukanmasihberpusatpadagurupembelajarankurangbervariasiaktivitassiswaterlihatkurangaktifdanbanyakyangmengantuk.Darinilaisiswapadamaterimenggolongkanhewanberdasarkanmakanannyamenunjukkanrata-ratahasilbelajarsiswahanyamencapai4888denganketuntasankelas13%sedangkanKKMyangditentukanadalah70.00untukhasilbelajardan75%untukketuntasankelas.BerkaitandenganitumakadiperlukanupayaperbaikanpembelajarandenganmenerapkanmodelpembelajaranARCS.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendiskripsikan(1)penerapanmodelARCSuntukmeningkatkanpembelajaranIPA(2)aktivitassiswaselamapembelajarandenganmodelARCS(3)hasilbelajarsiswasetelahditerapkanmodelARCS.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelas(PTK)denganpendekatandeskriptifkualitatifmodelkolaboratif.SubjekpenelitianadalahsiswakelasIVSDNBandungrejosariIKotaMalang.DalampenelitianinipenelitimenjadipengajardangurumatapelajaranIPAsebagaipengamat.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmodelpembelajaranARCSpadapembelajaranIPAsiswakelasIVSDNBandungrejosariIKotaMalangdenganstandarkompetensiMenggolongkanhewanberdasarkanjenismakanannyadapatdilaksanakandenganbaiksesuairencana.HaliniditunjukkandenganperolehankeberhasilangurudalammenerapkanmodelARCSpadasiklusIyaitu75%danmeningkatpadasiklusIImenjadi925%.AktivitassiswameningkatsiklusI1080%menjadi1271%padasiklusII.Hasilbelajarjugameningkatdarirata-rata6282denganketuntasan46%padasiklusImenjadirata-rata7064denganketuntasankelasmencapai92%padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankandalammenerapkanmodelARCSinihendaknyagurumempersiapkanrencanapembelajaranyangmatangPembelajaranhendaknyaterpusatpadasiswagurumemberikanpenghargaanberupahadiahkecilpadasiswayangaktifdalampembelajaran.