Upaya meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Bandungrejosari I Kota Malang melalui model Attention Relevance Confidance Satisfaction (ARCS) / Riyani
Main Author: | Riyani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103965/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPembelajaranIPASDModelARCSModelARCSmerupakanmodelpembelajaranyangmenitikberatkanpengelolaandanpeningkatanmotivasibelajarsiswa.BerdasarkanhasilobservasiyangpenelitilakukanpadasaatpembelajaranIPAdikelasIVSDNBandungrejosariIKotaMalangdidapatkanfaktabahwapembelajaranyangdilakukanmasihberpusatpadagurupembelajarankurangbervariasiaktivitassiswaterlihatkurangaktifdanbanyakyangmengantuk.Darinilaisiswapadamaterimenggolongkanhewanberdasarkanmakanannyamenunjukkanrata-ratahasilbelajarsiswahanyamencapai4888denganketuntasankelas13%sedangkanKKMyangditentukanadalah70.00untukhasilbelajardan75%untukketuntasankelas.BerkaitandenganitumakadiperlukanupayaperbaikanpembelajarandenganmenerapkanmodelpembelajaranARCS.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendiskripsikan(1)penerapanmodelARCSuntukmeningkatkanpembelajaranIPA(2)aktivitassiswaselamapembelajarandenganmodelARCS(3)hasilbelajarsiswasetelahditerapkanmodelARCS.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelas(PTK)denganpendekatandeskriptifkualitatifmodelkolaboratif.SubjekpenelitianadalahsiswakelasIVSDNBandungrejosariIKotaMalang.DalampenelitianinipenelitimenjadipengajardangurumatapelajaranIPAsebagaipengamat.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmodelpembelajaranARCSpadapembelajaranIPAsiswakelasIVSDNBandungrejosariIKotaMalangdenganstandarkompetensiMenggolongkanhewanberdasarkanjenismakanannyadapatdilaksanakandenganbaiksesuairencana.HaliniditunjukkandenganperolehankeberhasilangurudalammenerapkanmodelARCSpadasiklusIyaitu75%danmeningkatpadasiklusIImenjadi925%.AktivitassiswameningkatsiklusI1080%menjadi1271%padasiklusII.Hasilbelajarjugameningkatdarirata-rata6282denganketuntasan46%padasiklusImenjadirata-rata7064denganketuntasankelasmencapai92%padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankandalammenerapkanmodelARCSinihendaknyagurumempersiapkanrencanapembelajaranyangmatangPembelajaranhendaknyaterpusatpadasiswagurumemberikanpenghargaanberupahadiahkecilpadasiswayangaktifdalampembelajaran.