Implementing dialogue journal writing to improve eleventh gradersÔÇÖ writing ability at MA Terpadu Al Anwar Trenggalek / Shofiya Rosiida
Main Author: | Rosiida, Shofiya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/10395/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRosiidaShofiya.2017.EfektivitasPenulisanJurnalDialogdalamMeningkatkanKemampuanMenulisSiswaKelasXIdiMATerpaduAlAnwarTrenggalek.Skripsi.ProgramStudiPendidikanBahasaInggrisJurusanBahasaInggrisFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pmebimbing(I)Prof.Dr.AliSaukahM.A.(II)Dr.SinthaTresnadewiM.Pd.KataKunciPenulisandalamjournaldialogkemampuanmenulispesertadidikkelasXIStudiiniberusahamenginvestigasipenggunaanstrategipenulisandalamjurnaldialogdalammengembangkankemampuanmenulis.Studiinibertujuanuntukmengujicobastrategikepenulisandalamdialogjurnalmemastikanapakahstartegitersebutmemberikanefekpadakemampuanmenulispesertadidikdanuntukmelihatsebabdanakibatterhadapkemampuanmenulis.Metodepenelitianyangdigunakanadalahmetodepenelitiantindakankelas(PTK).Langkah-langkahmetodetersebutadalahperencanaanpenerapanpengamatandanyangterakhiradalahrefleksi.SubjekyangdigunakanpadastudiiniadalahparapesertadidikkelasXIMATerpaduALANWARTrenggalekyangberjumlah29siswa.Instrumen-instrumenyangdigunakanuntukpenelitianiniadalahhasiltulisanpesertadidiksebelumdansesudahpenerapanstrategidialogjurnalkuesionerrubrikpenskoranlembarobservasidancatatan.Penelitianiniakandianggapsuksesjika75%daripesertadidikkelasXImemperolehnilai75ataudiatasnya.75ditetapkansebagainilaikelulusankarenamerupakanstandarminimumkelulusanyangjugaditetapkanolehsekolahdan75%siswadikelasXIdiMATerpaduAlAnwarmenunjukkanpendapatpositifterhadapstrategitersebut.Penelitianinidilakukandalamsatusiklusselamaempatminggudanmenyajikan15entrijurnaldialog.Penulisanjurnaldialogdiimplementasikandalamkegiatanpenutupselamasepuluhmenit.Selamapelaksanaanstrategitersebutpenelitibekerjasamadenganseorangpengamatuntukmemantauaktivitastersebut.PenelitiadalahsiswaakhirtahunyangbelajarELTdiUniversitasNegeriMalangdanpengamatadalahgurubahasaInggrislulusanIAINTulungagung.Dalampenelitianinipenelitimenganalisisdatakuantitatifdankualitatif.Hasiltulisanpesertadidikdiberiskordenganmenggunakanrubrikpenilaianyangdirancanguntukmembantuparapengamatuntukmengukurkemampuanuntukmenggunakandanmenerapkanpengetahuankognitiffaktualkonseptualproseduraldanmeta(Angelo2002).Dalammenyusunrubrikpenilaianpenelitimenekankanpadabagiankontenterkaitdenganpenulisanjurnaldialogyangbertujuanuntukmengembangkankontentulisansiswa.Aspekpenggunaanbahasadiberikanbebansebesar30%dan40%padaaspekkonten.Setelahitu15%dimasukkanuntuksetiapaspekorganisasidankosakata.Penelitianinimenemukanbahwapenulisandalamdialogjurnalmampumeningkatkankemampuanmenulissiswa.Padaakhirpelaksanaannyaditemukanbahwarata-ratanilaitulisansiswaadalah763sedangkanpadasaatsebelummenerapkanstrategitersebutskorrata-ratahanya708.Peningkatannilaitulisansiswapunjugasejalandenganhasilkuesioneryangdisebarkansetelahpelaksanaanpenulisandialogjurnal.Hasilkuesionermengungkapkanbahwasemuasiswamerasabahwakemampuanmenulismerekameningkatdarisegikonten(89%)organisasi(69%)penggunaanbahasa(93%)dankosakata(586%).Dengandemikianmengacupadahasiltemuanpenelitianyangtelahdibahasstrategitersebutlayakditerapkansebagaikegiatantambahandalamprosesbelajarmengajarkhususnyauntukkegiatanmenulis.Olehkarenaituperludilakukanpenyidikanlebihlanjutuntukmemperbaikibeberapakekurangandaripenelitiansebelumnyatentangpenulisandialogjurnalyangtelahdilakukan.