Using two stay two stray technique to improve the reading comprehension skill of the eighth graders of SMPN 6 Malang / Prisca Oktaviani Nur Rosita Dewi

Main Author: Dewi, Prisca Oktaviani Nur Rosita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/10392/
Daftar Isi:
  • vABSTRAKDewiPriscaOktavianiNurRosita.2017.MenggunakanTeknikTwo-StayTwoStrayuntukMeningkatkanKemampuanPemahamanMembacaSiswaKelasVIIISMPN6Malang.SkripsiJurusanBahasaInggrisFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SriAndreaniM.Ed.(II)Dr.UtariPrabaAstutiM.A.Katakunciketerampilanpemahamanmembacatekniktwo-staytwo-strayteksrecountDalambelajarbahasaInggrismembacaadalahsalahsatuketerampilanpalingpentinguntukdikembangkan.PadastudipendahuluanpenelitimenemukanbahwasebagianbesarsiswakelasVIII-7mengalamikesulitandalammemahamiteksbacaan.Penelitijugamenemukanbahwasiswamemilikimotivasiyangrendahuntukberpartisipasidalamkegiatanbelajar.Untukmeningkatkankemampuanmembacasiswapenelitimenerapkantekniktwo-staytwo-strayyangmemungkinkansiswauntukberbagigagasandanpengetahuankepadatemantemanmerekadanmendapatkanpemahamanyanglebihbaikdengancarayangmenarik.PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelas.Subjekpenelitianiniadalah34siswakelasVIII-7diSMPN6Malang.Kriteriakeberhasilanuntukpenelitianiniadalah(1)75%siswadapatmemperolehlimapoinataulebihpadanilaimerekadan(2)75%siswamempunyairesponpositifterhadappenerapantekniktwo-staytwo-stray.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataadalahpanduanwawancaralembarobservasitesmembacakuesionerdancatatan.Penelitiandilakukandalamduasiklusyangterdiridariduapertemuanuntuksetiapsiklus.KarenapenelititidakdapatmemenuhikriteriakeberhasilanpadasiklusIjadipenelitimelakukansikluskedua.PerubahanayngdilakukanpenelitiadalahmenggunakanbahasaIndonesiadanbahasaInggrisuntukmenjelaskanmeteriyangdiberikanmenambahkanperaturanbahwasetiapkelompokhanyabolehdikunjungiolehduaorangdanmemintaseluruhsiswauntukaktifdalamdiskusi.Diakhirsikluskeduatemuanmenunjukkanbahwa(1)26siswa(76.48%)dapatmemperolehlimapoinataulebihpadanilaimerekadan(2)32siswa(94.11%)mempunyairesponpositifterhadappenerapantekniktwostaytwo-stray.Kesimpulannyatekniktwo-staytwo-strayberhasilmeningkatkankemampuanpemahamanmembacasiswa.Teknikinimemberikansiswacarayangmenarikuntukberbagipengetahuandanbelajarsecaraaktifdaritemanmerekasertamenjauhkanmerekadarirasabosan.DianjurkanagargurubahasaInggrismenggunakantekniktwo-staytwo-straysebagaisalahsatuteknikalternatifdalampengajaranmembacakarenateknikinitelahterbuktimenjadicarayangmenarikviuntukmeningkatkankemampuanmembaca.Teknikinijugadapatdigunakanuntukmembuatkegiatanbelajarmengajarlebihmenyenangkansehinggasiswatermotivasiuntukbelajar.Selanjutnyadisarankankepadapenelitiberikutnyauntukmelakukanpenelitianmenggunakantekniktwo-staytwo-straypadaskilldantopikyangberbeda.