An evaluation of English textbook "When English Rings a Bell" for SMP/MTs grade VIII / Dwi Rudi Hartono

Main Author: Hartono, Dwi Rudi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/10390/
Daftar Isi:
  • iiiABSTRAKHartonoDwiRudi2017.AnEvaluationofEnglishTextbookWhenEnglishRingsABellforSMP/MTsGradeVIII.Skripsi.JurusanSastraInggrisFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.JohannesA.Prayogo.M.Pd.M.Ed(II)Dr.MirjamAnugerahwatiM.A.KataKuncistudievaluasibukuteksbahasaInggriskriteriabukuteksyangbaikBukuteksbahasaInggrismemegangperananpentingdalamprosesbelajardanmengajar.Bukuteksbagisiswaberperansebagaisumberbelajarsecaramandiriyangefektifdansebagaibahanlatihanyangdapatdiaksessecaramandiridansebagairefesensiuntukide-idelatihan-latihankosakatatatabahasapelafalandansebagainya.Bagigurubukuteksadalahsumberyangefektifuntukmateriide-idelatihan-latihandalamprosesbelajarmengajarsebagaisilabusdansebagaipendukunguntukguruyangmemilikisedikitpengalamandalammengajaryangbelummempunyaikepercayaandiri(Cunningsworth1995).OlehkarenaitupenulisinginmengevalusibukuteksbahasaInggrisWhenEnglishRingsABellforSMP/MTsGradeVIIIyangditerbitkanolehKementrianPendidikandanKebudayaanIndonesiapadatahun2017.TujuanpenelitianadalahuntukmengukurdanmenilaiapakahbukuteksWhenEnglishRingsABellforSMP/MTsGradeVIIItelahsesuaidengankriteriabukuteksyangbaikdalamhalketrampilanberbahasaisikebahasaandantopik.Metodeevaluasidalamstudiiniadalahstudidokumen.Pengevaluasimenggunakanbaganevaluasisebagaiinstrumenutama.BaganevaluasiberasaldariCunningsworthschecklistyangtelahdimodifikasidanberisiaspekketerampilanberbahasaisikebahasaandantopik.Alasanpengevalusihanyamengevalusitigaaspekdalamstudiinikarena(1)keterampilanberbahasaberhubungandengantujuanmengajardanbelajarbahasainggrisdiIndonesiayakniuntukmenguasaikeempatketerampilanberbahasaInggris(2)isikebahasaanmempunyaibagianyangbesardalambukuteks(3)topikadalahkunciuntukmembuatmateridalamkemampuanberbahasamenjadimenarikdansesuaidengankemampuanparasiswa.PengevalusijugamenggunakansilabusbahasaInggrisSMPkelasVIIIdalamprosesevaluasisehinggahasilevaluasitidaksubjektifdanlebihbisadipertanggungjawabkan.Adabeberapapoinyangdipaparkandibagianhasil.Pertamahalyangberhubungandenganketerampilanberbahasabukutekstelahmemuatempatketerampilanberbahasadenganporsiyangberbeda-beda.Mendengarkanmempunyaiporsiyangpalingkecil.Bukutekstidakmenyediakanbahanrekamanatauvideomengindikasikanbahwabahan-bahanuntukmendengarkanbergabungdenganbahan-bahanuntukberbicara.Bahan-bahandanaktivitasmembacajugabergabungdenganbahan-bahandanaktivitasmenulis.Semuabahanyangadaivdalambukutekssesuaidengantingkatkemampuanparasiswa.berdasakansilabus.Keduahalyangberhubunganandengaisikebahasaanbukutekstelahmemuattigaaspekutamaisikebahasaansepetihalketatabahasaanhalkosakatadanhalfonologidisetiapbab.Aspekaspekisikebahasaandalambukutekssesuaidengantingkatkemampuanparasiswaberdasarkansilabus.Ketigadalamhaltopikbukuteksmenyediakantopikyangberbedapadasetiapbab.Topik-topikinimenarikdansesuaidengantingkatkemampuansiswaberdasarkanstandarkopentensidarisilabus.Bahkantopiknyabisameningkatanpengetahuansiswaberhubungandenganalamdansejarah.BerdasarkanhasilkajianpenulismenyimpulkanbahwabukuteksWhenEnglishRingsABellforSMP/MTsGradeVIIIsecaraumumtelahmemenuhikriteriabukuteksyangbaik.Penulismenyarankanjikaparagurukelasdelapanberencanamenggunakanatautelahmenggunakanbukuteksinimerekaseharusnyamenutupikelemahanyangadadalambukuteksinidenganmenyediakanbahan-bahanmendengarkandanmenyediakanbahan-bahanmembacayangmenarik.Untukpenulis-penulisbukuteksinimerekaharusmeningkatkankualitasbukuteksiniberdasarkankriteriabukuteksyangbaik.