Peningkatan hasil belajar penjumlahan pecahan melalui model pembelajaran two stay two stray (TSTS) pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 2 Malang / Nangsi Wadjin
Main Author: | Wadjin, Nangsi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103883/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPembelajaranMatematikaModelTwoStay-TwoStray(TSTS).Pelaksanaanpembelajaranmatematikahendaknyagurudapatmengoptimalkankegiatanbelajarmengajaryangditujukankepadasiswaagardapatmencapaitujuanbelajarnya.Permasalahannyatentangaktivitasdanhasilbelajarsiswa.AkarpenyebabmunculnyahasilbelajarsiswadibawahSKMyangditetapkanolehsekolahyaitu70%karenadalamprosesKBMgurudikelasmasihcenderungmenggunakanmetodeceramahdantanyajawabtugasindividudangurubelumpahamdenganmodel-modelpembelajaranKegiatanpembelajarantersebutberdampakpadaaktivitasdanpemahamansiswatarhadapmateriyangdiajarkan.Siswacenderungpasiflebihdominanberceritadengantemansebangkunya.sehinggapemahamansiswapadamateripenjumlahanpecahankurang.HasilTesmenjukanbahwakesalahansiswadalammenyelesaikansoal.Untuksoalno1Sebanyak17%untuksoalno2sebanyak15%untuksoalno3sebanyak575%untuksoalno4sebanyak13%danuntuksoalno5sebanyak675%.Hasiltesmenunjukanbahwasiswakurangterampildalammenghitungpenjumlahanpecahan.Tujuanpenilitianini1)MendiskripsikanpenerapanmodelTSTSdalampembelajaranMatematikakelasIVSDNMadyopuro2Malang2)MendiskripsikanpeningkatanAktivitasbelajarMatematikasiswakelasIVSDNMadyopuro2MalangsetelahbelajarmelaluimodelpembelajaranTSTS3)MendeskripsikanhasilsiswakelasIVSDNMadyopuro2MalangdalampembelajaranMatematikayangdiajardenganmodelTSTS.Penelitianinidirancangdenganmodelpenelitiantindakankelasdeskritifkualitatif.TeknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakantesobservasilembarAPKGdandokumentasi.Selamaprosespembelajaran.PenelitianinidilaksanakansebanyakduasiklussesuaidenganalurpenelitianPTK.Hasilpenelitianyangdiperolehdarinilairata-ratahasilbelajarsiswasiklusIpertemuanpertama6822termasukkategori(rendah)danpertemuankeduanilairata-ratahasilbelajarsiswa7511termasukkategori(cukup).PelaksanaantindakansiklusIpadapertemuanpertamadanpertemuankeduameningkatsebesar(689%).sedangkansiklusIIpertemuanpertamahasilbelajarsiswa(7622)termasukkategori(cukup)danpertemuankeduamencapai7977termasukkategori(tinggi).PelaksanaantindakansiklusIIpertemuanpertamadankeduamengalamipeningkatansebesar(355%).DaridatahasiltemuanpenelitidiatasdapatdisimpulkanbahwaterdapatPeningkatanHasilBelajarPenjumlahanPecahanMelaluiModelPembelajaranTwoStay-TwoStray(TSTS)PadaSiswaKelasIVSDNMadyopuro2Malang.