Upaya peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran think pair share (TPS) siswa kelas IV SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Dina Monika Amarduan

Main Author: Amarduan, Dina Monika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103874/
Daftar Isi:
  • KataKunciModelThink-Pair-Share(TPS)HasilBelajarPKnSDPembelajaranPKndikelasIVSDNMadyopuro5masihcenderungberpusatpadagurusehinggakurangadanyakeaktifansiswa.KriteriaKetuntasanMinimal(KKM)matapelajaranPKndiSDNMadyopuro5adalah880560.DarihasilulanganformatifPKnmateriPemerintahanDaerahdiketahuibahwasiswayangmemperolehnilai880460mencapai10siswayangberarti417%siswabelumtuntasbelajarsecaraindividusehinggaketuntasanbelajaranklasikaljugarendahyaitu583%.UntukituperluadanyaPenelitianTindakanKelas(PTK)sebagaiupyameningkatkanhasilbelajarsiswatersebutmodelThink-pair-Shareperludigunakansebagaialternatifdalamprosespembelajarankarenakegiatanpembelajarannyadapatmembuatsiswaaktifbelajar.Rumusanmasalahpenelitianiniyaitu1)penerapanmodelThink-Pair-ShareyangdapatmeningkatkanhasilbelajarPKnpadasiswakelasIVSDNMadyopuro5KecamatanKedungkandangKotaMalangdan2)apakahmodelpembelajaranThink-Pair-SharedapatmeningkatkanhasilbelajarPKnpadasiswakelasIVSDNMadyopuro5KecamatanKedungkandangKotaMalangSasaranpenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNMadyopuro5semesterItahunajaran2011/2012yangberjumlah24siswa.PenelitianinidilakukanpadabulanMaret2011sampaiApril2011.PenelitianinitermasukdalamkategoripenelitiankualitatifdenganrancanganPTK2(dua)siklus.Teknikpengumpulandatadalampenelitianiniadalahtesdanobservasi.Adapununtukmenganalisisdatayangdikumpulkandigunakanteknikanalisisdeskriptifkualitatif.Hasilpenelitianyangdiperolehyaitu1)penerapanmodelThink-Pair-Sharemeliputikegiatanberpikirsecaraindividualuntukmemikirkanataumencaripenyelesaianmasalah/jawabanyangterbaikdanberbagihasildiskusikelompokkepadaseluruhanggotakelas2)penerapanmodelThink-Pair-Sharedapatmeningaktanhasilbelajarsiswayangsebelumtindakanketuntasanbelajarsiswaklasikalhanyamencapai583%meningkat25%menjadi833%padasiklusIdanmengalamipeningkatansebesar84%menjadi917%padasiklusIIpadasiklusIIketuntasanbelajarsiswasecaraklasikaltelahtercapai.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisaranagarpenjelasanlangkah-langkahpembelajaranThink-Pair-Shareyangbaruditerapkanhendaknyadisampaikansecarajelasdanrincipembagiankelompokhendaknyadapatmemberikankesempatankepadasiswauntukmelaksanakantutorsebayasertamengolahwaktudenganefektif.