Meningkatkan hasil perkalian bilangan cacah dengan media kantung bilangan di kelas IV SDN Puspo IV Kecamatan Puspo / Na'imah

Main Author: Na'imah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103813/
ctrlnum 103813
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/103813/</relation><title>Meningkatkan hasil perkalian bilangan cacah dengan media kantung bilangan di kelas IV SDN Puspo IV Kecamatan Puspo / Na'imah</title><creator>Na'imah</creator><description>KataKunciPerkalianKantungBilanganHasilBelajarDarihasilobservasiditemukanbahwasiswadiSDNPuspoIVKecamatanPuspomengalamikesulitandalammenyelesaikansoalperkalian.Halinidapatdilihatdarihasilbelajarmerekapadamateriinisangatrendah.Kesulitandalammateriinisangatberpengaruhpadapengerjaanmaterilaindalammatematikayangberhubungandenganperkalian.Haliniternyataterjadikarenakurangmatangnyapemahamansiswapadakonsepnilaitempatpadaperkalian.BerdasarkeadaantersebutpenggunaanmediaKantungBilangansangatlahtepatuntukmembantupemahamanmereka.Penelitianinibertujuanuntuk1)mendeskripsikanpenggunaanmediaKantungBilangandalammeningkatkanhasilbelajarperkalianbilangancacahpadasiswakelasIVSDNPuspoIVkecamatanPuspodan2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarperkalianbilangancacahdenganmediaKantungBilangandikelasIVSDNPuspoIVkecamatanPuspo.PenelitianinimenggunakanmetodePenelitianTindakanKelas(PTK)kolaboratifdanbersiklus.Setiapsiklusterdiridariempattahapyaiturencanatindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNPuspoIV.Teknikpengumpulandatadalampenelitianiniyaituobservasiwawancaradantesevaluasi.Hasilpenelitiansetelahdilakukantindakankelasmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswapadapratindakanrata-rata10.00padasiklusImencapai86.70siklusIImencapairata-rata81.67sertaketuntasanbelajarmencapai86.67%.KesimpulandaripenelitianiniyaitupenggunaanmediaKantungBilangandapatmeningkatkanhasilbelajarperkalianbilangancacahpadasiswa.DenganmenerapkanKantungBilanganjugadapatmeningkatkandapatmeningkatkanaktivitas(keaktifankerjasama)siswadalampembelajaran.SelanjutnyapenelitimenyarankankepadagurusupayadapatmenggunakanmediadalampembelajaranMatematikasehinggadapatmembantusiswamemahamisuatukonsepyangabstrak.Hasilpenelitianinidapatjugadigunakandalampenelitian-penelitianlainsebagaibahanperbandingansehinggadikemudianharimenjadilebihbaik</description><date>2011-07-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Na'imah (2011) Meningkatkan hasil perkalian bilangan cacah dengan media kantung bilangan di kelas IV SDN Puspo IV Kecamatan Puspo / Na'imah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>103813</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Na'imah
title Meningkatkan hasil perkalian bilangan cacah dengan media kantung bilangan di kelas IV SDN Puspo IV Kecamatan Puspo / Na'imah
publishDate 2011
url http://repository.um.ac.id/103813/
contents KataKunciPerkalianKantungBilanganHasilBelajarDarihasilobservasiditemukanbahwasiswadiSDNPuspoIVKecamatanPuspomengalamikesulitandalammenyelesaikansoalperkalian.Halinidapatdilihatdarihasilbelajarmerekapadamateriinisangatrendah.Kesulitandalammateriinisangatberpengaruhpadapengerjaanmaterilaindalammatematikayangberhubungandenganperkalian.Haliniternyataterjadikarenakurangmatangnyapemahamansiswapadakonsepnilaitempatpadaperkalian.BerdasarkeadaantersebutpenggunaanmediaKantungBilangansangatlahtepatuntukmembantupemahamanmereka.Penelitianinibertujuanuntuk1)mendeskripsikanpenggunaanmediaKantungBilangandalammeningkatkanhasilbelajarperkalianbilangancacahpadasiswakelasIVSDNPuspoIVkecamatanPuspodan2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarperkalianbilangancacahdenganmediaKantungBilangandikelasIVSDNPuspoIVkecamatanPuspo.PenelitianinimenggunakanmetodePenelitianTindakanKelas(PTK)kolaboratifdanbersiklus.Setiapsiklusterdiridariempattahapyaiturencanatindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNPuspoIV.Teknikpengumpulandatadalampenelitianiniyaituobservasiwawancaradantesevaluasi.Hasilpenelitiansetelahdilakukantindakankelasmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswapadapratindakanrata-rata10.00padasiklusImencapai86.70siklusIImencapairata-rata81.67sertaketuntasanbelajarmencapai86.67%.KesimpulandaripenelitianiniyaitupenggunaanmediaKantungBilangandapatmeningkatkanhasilbelajarperkalianbilangancacahpadasiswa.DenganmenerapkanKantungBilanganjugadapatmeningkatkandapatmeningkatkanaktivitas(keaktifankerjasama)siswadalampembelajaran.SelanjutnyapenelitimenyarankankepadagurusupayadapatmenggunakanmediadalampembelajaranMatematikasehinggadapatmembantusiswamemahamisuatukonsepyangabstrak.Hasilpenelitianinidapatjugadigunakandalampenelitian-penelitianlainsebagaibahanperbandingansehinggadikemudianharimenjadilebihbaik
id IOS13003.103813
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:16:39Z
last_indexed 2021-11-04T07:16:39Z
recordtype dc
_version_ 1752721308887547904
score 17.13294