Meningkatkan hasil perkalian bilangan cacah dengan media kantung bilangan di kelas IV SDN Puspo IV Kecamatan Puspo / Na'imah
Main Author: | Na'imah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103813/ |
ctrlnum |
103813 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/103813/</relation><title>Meningkatkan hasil perkalian bilangan cacah dengan media kantung bilangan di kelas IV SDN Puspo IV Kecamatan Puspo / Na'imah</title><creator>Na'imah</creator><description>KataKunciPerkalianKantungBilanganHasilBelajarDarihasilobservasiditemukanbahwasiswadiSDNPuspoIVKecamatanPuspomengalamikesulitandalammenyelesaikansoalperkalian.Halinidapatdilihatdarihasilbelajarmerekapadamateriinisangatrendah.Kesulitandalammateriinisangatberpengaruhpadapengerjaanmaterilaindalammatematikayangberhubungandenganperkalian.Haliniternyataterjadikarenakurangmatangnyapemahamansiswapadakonsepnilaitempatpadaperkalian.BerdasarkeadaantersebutpenggunaanmediaKantungBilangansangatlahtepatuntukmembantupemahamanmereka.Penelitianinibertujuanuntuk1)mendeskripsikanpenggunaanmediaKantungBilangandalammeningkatkanhasilbelajarperkalianbilangancacahpadasiswakelasIVSDNPuspoIVkecamatanPuspodan2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarperkalianbilangancacahdenganmediaKantungBilangandikelasIVSDNPuspoIVkecamatanPuspo.PenelitianinimenggunakanmetodePenelitianTindakanKelas(PTK)kolaboratifdanbersiklus.Setiapsiklusterdiridariempattahapyaiturencanatindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNPuspoIV.Teknikpengumpulandatadalampenelitianiniyaituobservasiwawancaradantesevaluasi.Hasilpenelitiansetelahdilakukantindakankelasmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswapadapratindakanrata-rata10.00padasiklusImencapai86.70siklusIImencapairata-rata81.67sertaketuntasanbelajarmencapai86.67%.KesimpulandaripenelitianiniyaitupenggunaanmediaKantungBilangandapatmeningkatkanhasilbelajarperkalianbilangancacahpadasiswa.DenganmenerapkanKantungBilanganjugadapatmeningkatkandapatmeningkatkanaktivitas(keaktifankerjasama)siswadalampembelajaran.SelanjutnyapenelitimenyarankankepadagurusupayadapatmenggunakanmediadalampembelajaranMatematikasehinggadapatmembantusiswamemahamisuatukonsepyangabstrak.Hasilpenelitianinidapatjugadigunakandalampenelitian-penelitianlainsebagaibahanperbandingansehinggadikemudianharimenjadilebihbaik</description><date>2011-07-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Na'imah (2011) Meningkatkan hasil perkalian bilangan cacah dengan media kantung bilangan di kelas IV SDN Puspo IV Kecamatan Puspo / Na'imah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>103813</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Na'imah |
title |
Meningkatkan hasil perkalian bilangan cacah dengan media kantung bilangan di kelas IV SDN Puspo IV Kecamatan Puspo / Na'imah |
publishDate |
2011 |
url |
http://repository.um.ac.id/103813/ |
contents |
KataKunciPerkalianKantungBilanganHasilBelajarDarihasilobservasiditemukanbahwasiswadiSDNPuspoIVKecamatanPuspomengalamikesulitandalammenyelesaikansoalperkalian.Halinidapatdilihatdarihasilbelajarmerekapadamateriinisangatrendah.Kesulitandalammateriinisangatberpengaruhpadapengerjaanmaterilaindalammatematikayangberhubungandenganperkalian.Haliniternyataterjadikarenakurangmatangnyapemahamansiswapadakonsepnilaitempatpadaperkalian.BerdasarkeadaantersebutpenggunaanmediaKantungBilangansangatlahtepatuntukmembantupemahamanmereka.Penelitianinibertujuanuntuk1)mendeskripsikanpenggunaanmediaKantungBilangandalammeningkatkanhasilbelajarperkalianbilangancacahpadasiswakelasIVSDNPuspoIVkecamatanPuspodan2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarperkalianbilangancacahdenganmediaKantungBilangandikelasIVSDNPuspoIVkecamatanPuspo.PenelitianinimenggunakanmetodePenelitianTindakanKelas(PTK)kolaboratifdanbersiklus.Setiapsiklusterdiridariempattahapyaiturencanatindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNPuspoIV.Teknikpengumpulandatadalampenelitianiniyaituobservasiwawancaradantesevaluasi.Hasilpenelitiansetelahdilakukantindakankelasmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswapadapratindakanrata-rata10.00padasiklusImencapai86.70siklusIImencapairata-rata81.67sertaketuntasanbelajarmencapai86.67%.KesimpulandaripenelitianiniyaitupenggunaanmediaKantungBilangandapatmeningkatkanhasilbelajarperkalianbilangancacahpadasiswa.DenganmenerapkanKantungBilanganjugadapatmeningkatkandapatmeningkatkanaktivitas(keaktifankerjasama)siswadalampembelajaran.SelanjutnyapenelitimenyarankankepadagurusupayadapatmenggunakanmediadalampembelajaranMatematikasehinggadapatmembantusiswamemahamisuatukonsepyangabstrak.Hasilpenelitianinidapatjugadigunakandalampenelitian-penelitianlainsebagaibahanperbandingansehinggadikemudianharimenjadilebihbaik |
id |
IOS13003.103813 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:16:39Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:16:39Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752721308887547904 |
score |
17.13294 |