Penerapan metode eksperimen dengan memanfaatkan barang bekas pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karang Pakis II Kabuh Jombang / Neni Widaryanti

Main Author: Widaryanti, Neni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103793/
Daftar Isi:
  • KatakunciMetodeEksperimenaktivitashasilbelajar.BerdasarkanhasilobservasiawalterhadappembelajaranIPAdiSDNKarangPakisIIKabuhJombanggurumasihtampakmenggunakanmetodeceramahdansiswapasifselamapembelajaran.Hasilbelajarsiswarata-ratamasihtergolongrendah.Halinidapatdilihatdarirata-ratahasilbelajarsiswayaitu522danmasihterdapat19siswaatau613%belummencapaiketuntasanbelajarindividuyangtelahditetapkanyaitu60.Untukmengatasipermasalahantersebutmakaperludilakukanpenelitiantentangpenerapanpembelajaranyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswayaitudenganpenerapanmetodeeksperimen.AdapuntujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiaktivitasdanhasilbelajarIPAsiswakelasIVSDNKarangPakisIIKabuhJombagsetelahditerapkannyametodepembelajarantersebut.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)penerapanmetodeeksperimenpadapembelajaranIPA(2)aktivitasbelajarsiswakelasIV(3)hasilbelajarsiswasetelahmenerapkanmetodeeksperimendikelasIV.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasIVsebanyak30siswayangterdiridari14siswalaki-lakidan16siswaperempuan.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakandalam2siklussetiapsiklusterdiriatas4tahapanyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SedangkanInstrumenpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniyaitusoalteslembarwawancaralembarobservasiaktivitassiswadanguru.Hasilyangdidapatkandaripenelitianiniadalahdenganpenerapanmetodeeksperimenmakaaktivitasdanhasilbelajarsiswapadamaterienergipanasdanenergibunyimengalamipeningkatan.PadasiklusIaktivitassiswamencapai60%sedangkanpadasiklusIImencapai833%.SedangkanhasilbelajarsiswasiklusIsebesar567%sedangkanpadasiklusIImencapai90%.BerdasarkanhasilpenelitianinimakadisarankanbagiguruapabilainginmenerapkanmetodeeksperimenhendaknyamemperhatikansegalapersiapanyangdibutuhkanmulaidaripengoraganisasiankelompoksampaidenganpengadaanalatdanbahanyangdibutuhkanuntukpercobaansehinggadiharapkanaktivitasdanhasilbelajarsiswapadasaatpembelajaranIPAdapatmeningkat.SedangkanbagipenelitilaindiharapkandapatmengembangkanpenelitianmetodeeksperimenagarterciptainovasiyanglebihkayadalampembelajaranIPA.