Penerapan model pembelajaran rotating trio exchange (RTE) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V-A SDN Tanjungrejo 2 Malang / Reni Ika Puspita Sari

Main Author: Sari, Reni Ika Puspita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103775/
Daftar Isi:
  • KataKunciModelPembelajaranRotatingTrioExchangeAktivitasdanHasilBelajarPKnKeputusanBersama.BerdasarkanobservasidanwawancaradikelasV-AdiketahuibahwaterdapatbeberapapermasalahanpadapembelajaranPKndikelasV-Atersebut.Permasalahantersebutantaralain(1)siswapasifdalampembelajaran(2)siswaadayangbermainsendiripadasaatpembelajaran(3)siswaterlihatbosandanmalasmengikutipembelajaran(4)hasilbelajarsiswamasihrendah.OlehkarenaitupenelitimenanganipermasalahanyangadadenganmenerapkanmodelpembelajaranRotatingTrioExchangedalampembelajaranPKnpokokbahasankeputusanbersamapadakelasV-ASDNTanjungrejo2Malang.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mengetahuipenerapanmodelpembelajaranRotatingTrioExchangepadamatapelajaranPKndikelasV-ASDNTanjungrejo2Malang(2)mengetahuiaktivitasbelajarmatapelajaranPKnsiswakelasV-ASDNTanjungrejo2MalangdenganmenerapkanmodelpembelajaranRotatingTrioExchangedapatmeningkatkan(3)mengetahuihasilbelajarmatapelajaranPKnsiswakelasV-ASDNTanjungrejo2MalangdenganmenerapkanmodelpembelajaranRotatingTrioExchange.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK).DalamPTKtersebutterdapat2siklusdenganacuanmodelsiklusyangdikembangkanolehKemmisdanMcTaggart.Padasetiapsiklusterdiridari(1)perencanaantindakan(planning)(2)pelaksanaantindakan(3)observasidan(4)refleksi.PenelitiandilakukandenganmengambilsubyekpenelitianyaitusiswakelasV-ASDNTanjungrejo2Malangyangberjumlah45siswadenganrincian29siswalaki-lakidan16siswaperempuan.Teknikyangdigunakanuntukpengumpulandatadalampenelitianiniantaralainmelaluiwawancaraobservasitesdandokumentasi.HasilpenelitianmenyimpulkanbahwamodelpembelajaranRotatingTrioExchangedapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarPKnkelasV-A.HasilpengamatanaktivitassiswadarisiklusIyaitu86padasiklusIImeningkatmenjadi94.Hasilbelajarrata-ratakelaspadasiklusIsebesar73danmeningkatpadasiklusIImenjadi89.Sedangkanuntukketuntasanklasikaljugamengalamipeningkatan.PadasiklusIketuntasanklasikalsebesar57%padasiklusIImeningkatmenjadi92%.SecarakeseluruhanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatandanmencapaitargetyangtelahditetapkansetelahpembelajarankooperatifmodelRotatingTrioExchangediterapkan.DarihasilpenelitianinidiharapkanbagipenelitilaindapatmemperbaikipenelitiansebelumnyadandapatmenerapkanmodelpembelajaranRotatingTrioExchangepadamatapelajarandankelasyanglainnyadalamrangkameningkatkanmutupembelajarandisekolah.