Peningkatan keterampilan menyimak dengan model inside-outside circle (IOC) pada siswa kelas II SDN Bandulan 05 Malang / Raran Suci Lestari
Main Author: | Lestari, Raran Suci |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103763/ |
Daftar Isi:
- KatakunciModelInside-OutsideCircle(IOC)KeterampilanMenyimakSDHasilobservasipadatanggal7Februari2011menunjukkanbahwasebagianbesarsiswamasihkurangbaikdalammenyimak.Halinidikarenakankurangdilatihnyaketerampilanmenyimaksiswaolehguru.Darihasilpratindakandiketahuibahwaterdapat12siswatidakberhasildan6siswadinyatakanberhasil.DengandemikiankeberhasilanketerampilanmenyimakkelasIISDNBandulan05Malangmasihkurang.OlehkarenaitupenelitianinidilakukanuntukmenerapkanmodelInside-OutsideCircle(IOC)dalamrangkameningkatkanketerampilanmenyimaksiswa.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanketerampilanmenyimaksiswakelasIISDNBandulan05MalangdenganmodelInside-OutsideCircle(IOC).UntukmencapaimaksudtersebutmakapenelitianinidilaksanakandenganmenggunakanmetodePenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasIISDNBandulan05Malang.Teknikpengumpulandatayangdilakukandalampenelitianiniadalahobservasitesdokumentasidanwawancara.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmodelInside-OutsideCircle(IOC)dapatmeningkatkanketerampilanmenyimaksiswa.HaliniditunjukkandenganterjadinyapeningkatansikapmenyimaksiswapadasiklusI(50%)menjadi(67%)danpadasiklusII(67%)menjadi(83%)peningkatanjugaterjadidalamaspekketepatanmelafalkanbunyipadasiklusI(44%)menjadi(56%)danpadasiklusII(56%)menjadi(89%)dalamaspekkesesuaianisipesanjugaterjadipeningkatanpadasiklusI(44%)danpadasiklusII(83%)menjadi(94%).KetigaaspekyaitusikapmenyimakketepatanmelafalkanbunyidankesesuaianisipesansudahmengalamipeningkatansehinggasecarakeseluruhandapatdikatakanterjadipeningkatanketerampilanmenyimakpadasiswakelasIISDNBandulan05Malang.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwamodelInside-OutsideCircle(IOC)dapatmeningkatkanketerampilanmenyimaksiswakelasIISDNBandulan05MalangpadamatapelajaranBahasaIndonesiadenganmaterimenyampaikanpesanpendekyangdidengarnyakepadaoranglain.Sebagaitindaklanjutdaripenelitianinimakadisarankan(1)guruperlumenerapkanModelPembelajaranInside-OutsideCircle(IOC)sebagaimodelalternatifdalampembelajaran.(2)guruseharusnyamemotivasisiswauntukmeningkatkanbelajarnya.(3)perlupengelolaankelasyanglebihbaiksehinggakegiatanpembelajarandapatberjalanlancar.(4)bagipenelitiselanjutnyadapatmelakukanpenelitiantentangpenggunaanModelPembelajaranInside-OutsideCircle(IOC)dalampembelajaranBahasaIndonesiapadamateriyanglain.