Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) pada siswa kelas II SDN Plosokerep 01 Kota Blitar / Esti Nur Widayati
Main Author: | Widayati, Esti Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103762/ |
Daftar Isi:
- KatakunciHasilbelajarPKnModelPembelajaranVCT(ValueClarificationTechnique)PendidikanKewarganegaraan(PKn)merupakanmatapelajaranyanglebihidentikdenganpembentukansikapdannilaimoral.BerdasarkanhasilobservasipratindakandalampembelajarankhususnyaPKnmenunjukkanbahwahasilbelajaryangdicapaiolehsiswakelasIISDNPlosokerep01masihrendah.Haltersebutditunjukkanolehnilairata-rataPKndari17siswapadatahappratindakansebesar5817denganketuntasan471%.Selainitumodelpembelajaranyangdigunakangurukurangbervariasiyaituceramahtanyajawabdanpenugasansehinggasiswakurangaktifdalampembelajarandancenderungbosanmengikutipelajaran.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntuk(1)mengetahuipenerapanmodelpembelajaranVCTpadapembelajaranPKnkelasIISDNPlosokerep01KotaBlitardan(2)mengetahuipeningkatanhasilbelajarPKnsiswakelasIISDNPlosokerep01KotaBlitardenganpenerapanmodelpembelajaranVCT.MetodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualitatifdenganPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Setiapsiklusdilaksanakandalamduakalipertemuan.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikobservasiwawancaradokumentasitesdancatatanlapangan.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapelaksanaanpembelajarandenganmodelpembelajaranVCTdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswayaitudarirata-ratahasilbelajarsiswapadapratindakanmencapai5817%menjadi629%padasiklusIpertemuanIsehinggaterjadipeningkatansebanyak473%.PadasiklusIpertemuanIIrata-ratahasilbelajarsiswamencapai6853%sehinggaterjadipeningkatansebanyak563%darisiklusIpertemuanI.PadasiklusIIpertemuanIrata-ratahasilbelajarsiswamencapai697%sehinggaterjadipeningkatan117%darisiklusIpertemuanII.PadasiklusIIpertemuanIIrata-ratahasilbelajarsiswamencapai76%.HalinimenunjukkanpeningkatanhasilbelajardaritahappratindakansampaisiklusIIsebanyak1783%.KesimpulandaripenelitianiniadalahmodelpembelajaranVCT(ValueClarificationTechnique)dapatmeningkatkanhasilbelajarPKnsiswakelasIISDNPlosokerep01KotaBlitar.DisarankankepadaguruuntukmenerapkanmodelpembelajaranVCTdikelasyanglainataupadamatapelajaranlainyangmemerlukanpenanamannilaimoralpadasiswagunameningkatkanmutupembelajaran.