Peningkatan kemampuan berbicara dengan menggunakan model cooperative integrated reading and composition siswa kelas V SDN Sumbersari 1 Malang / Ita Widayati
Main Author: | Widayati, Ita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103757/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelCooperativeIntegratedReadingandCompositionKemampuanBerbicaraSDNSumbersari1Malang.Berbicaramerupakansalahsatuaspekketerampilanberbahasayangbersifatproduktifartinyasuatukemampuanyangdimilikiseseoranguntukmenyampaikangagasanpikiranatauperasaansehinggagagasan-gagasanyangadadalampikiranpembicaradapatdipahamioranglain.Berbicaraberartimengemukakanideataupesanlisansecaraaktifmelaluiintonasidanpelafalanagarterjadikegiatankomunikasiantarapenuturdanmitratutur.MengingatpentingnyaketerampilanberbicaramakaketerampilanberbicaraperludibinakankepadasiswaSDNSumbersari1MalangPengajaranketerampilanberbicarainidapatberhasiljikadidukungdenganmodeldancarapembelajaranyangtepat.Modeldalampembelajaransebagaicarauntukmemperlancarpembelajaranyanginovativagarsiswatidakmerasabosandalamprosesbelajarmengajaruntukmencapaitujuanpengajaran.DidalampenelitianinipenulismenemukanberbagaimasalahdenganpembelajaranbahasaIndonesiakhususnyadalamketerampilanberbicarayaitudidalamketerampilanberbicarasiswakurangsenangadanantusiassiswalebihsukamendengarkandanmenyimaknilaisiswadalamketerampilanbericarakurang.Tujuanpenelitianiniadalahsebagaiberikut(1)MendiskripsikanpenggunaanModelCIRCsiswakelasVSDNSumbersari1Malang(2)MendiskripsikanhasilpembelajarankamampuanberbicaradenganpenggunaanmodelCIRCSiswakelasVSDNSumbersari1Malang.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahPenilitianTindakanKelas(PTK)SubyekpenelitianadalahsiswakelasVSDNSumbersari1Jalan.BendunganSigura-guraI/11Malang.TeknikpengumpulandataobservasiwawancaradandokumentasiInstrumenyangdigunakanadalahlembarkerjasamadalamkelompokdankemampuanberbicaradenganmenggunakanlafalintonasipenguasaanisidanekspresipedomanwawancaradandokumentasi.DalampenelitianinidapatditemukanbahwapengunaanmodelCIRCdapatmeningkatkankemampuanberbicarasiswakelasVSDNSumbersari1Malang.Halinidapatdilihatdarimeningkatnyanilairata-ratakemampuankerjasamasiswadalamkelompoksiklusI605%menjadi811%padasiklusIIKemampuanberbicaranilairata-ratapadaindikatorpelafalan194%siklusImanjadi233%padasiklusIInilairata-ratapadaindikatorintonasi188%siklusImenjadi227%padasiklusIInilairata-ratapadaindikatorpenguasaanisi177%siklusImenjadi211%padasiklusIInilairata-ratapadaindikatorekspresi155%siklusImeningkatmenjadi205%.PenggunaanmodelCIRCuntukmaningkatkankemampuanberbicarasiswaSDNSumbersari1Malangdapattercapai.Gurumengoptimalkanpembelajaranketerampilanberbicarapadakegiatanpembelajaranagarsiswamendapatkanhasilyanglebihbaguslagi.PengunaanmodelCIRCjugamenambahrasapercayadirisiswadanmenumbuhkansikapberanidalamketerampilanberbicarasiswaModelCIRCternyatamampumeningkatkankemampuanberbicaradanmotivasisiswadalambelajarmemperjelaspelafalandalamberpidatosertaketepatanintonasipenguasaanisidalamberpidatodansiswabisamengekspresikanpidatodenganbaik.DariuraiandiatasdapatlahdikatakanbahwaterdapatpengaruhpositifdalampenggunaanmodelCIRCdalampengajaranketerampilanberbicaradarisegikesesuaianpelafalanintonasipenguasaanisidanekspresi.Sebagaisarankepadagurudansekolahsebaiknyalebihmeningkatkanpembelajaranketerampilanberbicarakhususnyadalamberpidato.