Penggunaan media audio visual pada model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen Kota Malang / Fiky Zuliana
Main Author: | Zuliana, Fiky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103741/ |
Daftar Isi:
- KataKunciMediaAudioVisualmodelStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE)hasilbelajarIPSSD.BerdasarkanhasilobservasidanwawancarayangpenelitilakukanpadagurukelasVyangmengajardiSDNBareng4MalangpenelitimendapatinformasibahwahasilbelajarsiswakelasVmasihadayangdibawahKKM(KriteriaKetuntasanMinimum)danaktivitasbelajarsiswamasihrelatifrendah.HalinidisebabkanpembelajaranyangdilakukanolehgurukelasVmasihmenggunakanmetodeceramahdantanyajawabsaja.Bahkanmediapembelajarandikelaskurangdimanfaatkan.UpayayangdilakukanuntukmengatasimasalahdiatasyaitudenganmenggunakanmediaaudiovisualpadamodelpembelajaranStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE).PenelitianinibertujuanuntukmelaksanakanpembelajarankooperatifmodelStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE)denganpenggunaanmediaaudiovisualmeningkatkanaktivitasbelajarsiswadanmeningkatkanhasilbelajarIPS.PendekatanyangdigunakandalampenelitianinimerupakanpendekatankualitatifdenganrangcanganyangdikembangkanolehKemmisdanTaggart.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).PenelitianTindakanKelasdalampenelitianiniadalahpenelitianuntukmemecahkanbeberapamasalahyangadadalamkelasyangditelitidenganmemberikantindakanberupapenggunaanmediaaudiovisualpadamodelStudentFacilitatorAndExplainingyangterdiridari2siklus.SubyekdalampenelitianinisiswakelasVyangberjumlah16siswa.Alatpengumpuldatayangdigunakandalampenelitianiniadalahlembarobservasidantespadaakhirtiapsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitasbelajarsiswakelasVmengalamipeningkatannilairata-ratayangcukupbaikyaitupadasiklusIsebesar683%padasiklusIImeningkatmenjadi839%.Peningkatannilairata-ratahasilbelajarsiswapadasiklusIsebesar529%padasiklusIImeningkatmenjadi8648%.KeterlaksanaanpembelajarandenganmenggunakanmediaaudiovisualpadamodelStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE)padasiklusIImeningkatsebesar8648%.PenggunaanmediaaudiovisualpadamodelpembelajaranStudentFacilitatorAndExplainingmatapelajaranIlmuPengetahuanSosial(IPS)siswakelasVSDNBareng4kotaMalangdilaksanakandengantahap-tahapyangterdiriatas1)persiapandanmenyimakvideotentangproklamasi2)presentasiguru3)kegiatankelompok4)presentasikelas5)pengulasanmateridan6)evaluasi.PenggunaanmediaaudiovisualpadamodelpembelajaranStudentFacilitatorAndExplainingdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.