Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) pada siswa kelas V SDN Kademangan 05 Kec. Kademangan Kab. Blitar / Retno Tri Puspasari

Main Author: Puspasari, Retno Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103735/
Daftar Isi:
  • KataKuncipeningkatanhasilbelajarpembelajaranPKnmodelVCTPembelajaranPKndiSDNKademangan05masihmenggunakanmetodekonvensional.Apabilaadakesulitansiswaterlihatdiamsajadantidakmempunyaikeinginanuntukbertanyadengangurunyamaupunbertukarpendapatdengantemannya.Selainitumediayangdigunakantidakmenarikdansulitdipahamiolehsiswa.AkibatnyahasilbelajarPKnpadapratindakansangatrendahyaitudari20siswahanyaada1siswayangmemperolehnilai70atau5%darijumlahsiswa.Sedangkanyanglainnyayaitu1siswamemperolehnilai201siswamemperolehnilai305siswamemperolehnilai406siswamemperolehnilai50dan6siswamemperolehnilai60.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalahsebagaiberikut(1)BagaimanakahpenerapanmodelVCTdalampembelajaranPKndikelasVSDNKademangan05Kec.KademanganKab.Blitar(2)ApakahpenerapanmodelVCTdalampembelajaranPKndapatmeningkatkanhasilbelajardikelasVSDNKademangan05Kec.KademanganKab.Blitar.UpayaperbaikanuntukpembelajaranselanjutnyadenganmenerapkanmodelpembelajaranyangbisameningkatkanhasilbelajarsiswayaitumodelpembelajaranVCT(ValueClarificationTechnique).ModelinidipilihkarenauntukmemudahkansiswadalammemahamimateripembelajaranPKn.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualititatif.RancanganyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridaritigatahapyaitupratindakansiklusIdansiklusII.Masing-masingtahapterdiridari(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.Hasilbelajarsiswayangdiperolehpadasaatpratindakanadalah49kuali-fikasinilaikurangpadasiklusIpertemuan1adalah55kualifikasinilaikurangpadasiklusIpertemuan2adalah70kualifikasinilaicukuppadasiklusIIpertemuan1adalah785kualifikasinilaibaikdanpadasiklusIIpertemuan2adalah904kualifikasinilaisangatbaik.DarihasilbelajartersebutdapatdiketahuipeningkatandaripratindakankesiklusIpertemuan1sebesar6%darisiklusIpertemuan1kesiklusIpertemuan2sebesar15%darisiklusIpertemuan2kesiklusIIpertemuan1sebesar85%dandarisiklusIIpertemuan1kesiklusIIpertemuan2terjadipeningkatansebesar119%.KesimpulanberdasarkantemuandaripenelitianinidiketahuibahwakegiatanpembelajaranselamapratindakansiklusIdansiklusIIdenganmene-rapkanmodelpembelajaranVCTdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnsertadapatmeningkatkanaktivitassiswadanaktivitasguru.