Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SDN 2 Pringapus Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek / Winda Sustyanita Mutarto

Main Author: Mutarto, Winda Sustyanita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103688/
Daftar Isi:
  • KataKunciTalkingStickPembelajaranIPASDBerdasarkanobservasidiketahuibahwapembelajaranIPAkelasIVSDN2PringapusKecamatanDongkoKabupatenTrenggalekmasihberpusatpadaguru.Haliniterlihatdarimetodeyangdigunakanguruyaituceramahpemberiantugasdandrillsoal-soal.Aktivitasbelajarsiswadalampembelajarantergolongrendahterlihatdarirendahnyakemauansiswauntukmengerjakantugas-tugasyangdiberikangurutidakberanimengemukakanpendapatmaupunbertanyatentangmateripelajaranyangbelumdimengerti.Haliniberdampakpada5385%siswamemperolehhasilbelajarkurangdariKKMyangditentukanyaitu64.Penelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapanmodeltalkingstickaktivitassiswaketikaditerapkanmodeltalkingstickdanhasilbelajarsiswasetelahditerapkanmodeltalkingstick.Modeltalkingstickadalahmodelpembelajaranyangdirancangdalambentukpermainandenganmenggunakantongkatyangbertujuanmendorongsiswauntukberanimengungkapkanpendapat.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)dandilaksanakandalamduasiklus.Pengumpulandatadilakukandengantehnikobservasidokumentasidancatatanlapangan.InstrumenpengumpulandatatentangpenerapanmodeltalkingstickdanaktivitassiswamenggunakanlembarobservasipenyusunanRPPdanpenerapanmodeltalkingsticklembarobservasiaktivitassiswateknikdokumentasidengankamera.Untukmengumpulkandatatentanghasilbelajarsiswadenganmenggunakaninstrumensoaltes.Datayangterkumpuldianalisissecaradeskriptifkualitatifdandeskriptifkuantitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodeltalkingstickdapatmeningkatkanpembelajaranIPAkelasIVkompetensidasarmendeskripsikanperubahankenampakanbumiSDN2PringapusKecamatanDongkoKabupatenTrenggalek.PenerapanmodelpadasiklusIdanIImemperolehnilai8959dan95.AktivitasbelajarsiswameningkatketikaditerapkanmodeltalkingstickpadasikusIdanIIdiperolehnilairata-rata7372dan8705.SiswayangmendapatkriteriatuntasbelajarmeningkatdarisiklusIkesiklusIIsetelahditerapkanmodeltalkingstickyaitu5769%menjadi8881%.Sedangkanrata-rataketuntasanklasikalkelassiklusIdanIIsebesar7308%.Skortersebuttelahmencapaiskorketuntasanklasikalyangditetapkanolehpenelitiyaitu70%.BerdasarkanhasilpeneliandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodeltalkingstickdapatmeningkatkanpembelajaranIPAkelasIV.DengandemikiandisarankanagargurumenerapkanmodeltalkingstickyangdipadukandenganmetodeeksperimendalampembelajaranIPAkarenamodeltalkingsticksangattepatditerapkanuntukpemantapanmateripelajarankepadasiswa.