Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SDN 2 Pringapus Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek / Winda Sustyanita Mutarto
Main Author: | Mutarto, Winda Sustyanita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103688/ |
Daftar Isi:
- KataKunciTalkingStickPembelajaranIPASDBerdasarkanobservasidiketahuibahwapembelajaranIPAkelasIVSDN2PringapusKecamatanDongkoKabupatenTrenggalekmasihberpusatpadaguru.Haliniterlihatdarimetodeyangdigunakanguruyaituceramahpemberiantugasdandrillsoal-soal.Aktivitasbelajarsiswadalampembelajarantergolongrendahterlihatdarirendahnyakemauansiswauntukmengerjakantugas-tugasyangdiberikangurutidakberanimengemukakanpendapatmaupunbertanyatentangmateripelajaranyangbelumdimengerti.Haliniberdampakpada5385%siswamemperolehhasilbelajarkurangdariKKMyangditentukanyaitu64.Penelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapanmodeltalkingstickaktivitassiswaketikaditerapkanmodeltalkingstickdanhasilbelajarsiswasetelahditerapkanmodeltalkingstick.Modeltalkingstickadalahmodelpembelajaranyangdirancangdalambentukpermainandenganmenggunakantongkatyangbertujuanmendorongsiswauntukberanimengungkapkanpendapat.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)dandilaksanakandalamduasiklus.Pengumpulandatadilakukandengantehnikobservasidokumentasidancatatanlapangan.InstrumenpengumpulandatatentangpenerapanmodeltalkingstickdanaktivitassiswamenggunakanlembarobservasipenyusunanRPPdanpenerapanmodeltalkingsticklembarobservasiaktivitassiswateknikdokumentasidengankamera.Untukmengumpulkandatatentanghasilbelajarsiswadenganmenggunakaninstrumensoaltes.Datayangterkumpuldianalisissecaradeskriptifkualitatifdandeskriptifkuantitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodeltalkingstickdapatmeningkatkanpembelajaranIPAkelasIVkompetensidasarmendeskripsikanperubahankenampakanbumiSDN2PringapusKecamatanDongkoKabupatenTrenggalek.PenerapanmodelpadasiklusIdanIImemperolehnilai8959dan95.AktivitasbelajarsiswameningkatketikaditerapkanmodeltalkingstickpadasikusIdanIIdiperolehnilairata-rata7372dan8705.SiswayangmendapatkriteriatuntasbelajarmeningkatdarisiklusIkesiklusIIsetelahditerapkanmodeltalkingstickyaitu5769%menjadi8881%.Sedangkanrata-rataketuntasanklasikalkelassiklusIdanIIsebesar7308%.Skortersebuttelahmencapaiskorketuntasanklasikalyangditetapkanolehpenelitiyaitu70%.BerdasarkanhasilpeneliandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodeltalkingstickdapatmeningkatkanpembelajaranIPAkelasIV.DengandemikiandisarankanagargurumenerapkanmodeltalkingstickyangdipadukandenganmetodeeksperimendalampembelajaranIPAkarenamodeltalkingsticksangattepatditerapkanuntukpemantapanmateripelajarankepadasiswa.