Penerapan model pembelajaran team games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS di SDN Jatimulyo 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Dwi Mariza Mustikasari
Main Author: | Mustikasari, Dwi Mariza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103683/ |
ctrlnum |
103683 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/103683/</relation><title>Penerapan model pembelajaran team games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS di SDN Jatimulyo 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Dwi Mariza Mustikasari</title><creator>Mustikasari, Dwi Mariza</creator><description>KataKunciPenerapanTeamGamesTournament(TGT)hasilbelajarIPSSD.PermasalahanpadapembelajaranIPSdiSDNJatimulyo1MalangadalahbahwasiswamerasajenuhdalampembelajaranIPSsertakurangadanyainteraksiantarasiswadengangurumaupunsiswadengansiswa.Gurumasihmenggunakanpembelajaranyangkonvensional.Tujuanyangingindicapaipadapenelitianiniadalah(1)MendeskripsikanpelaksanaanmodelpembelajaranTGTdalampembelajaranIPSpadasiswakelasIVSDNJatimulyo1Malang(2)MendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswakelasIVSDNJatimulyo1MalangpadapembelajaranIPSdenganmenggunakanmodelTGT.TGTmerupakanmodelpembelajarankooperatifyangdidalamnyaterdapatunsurpermainan.Dalampenerapannyamelaluibeberapatahapyaitupenyajianmateribelajarkelompokpermainandanpenghargaankelompok.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatandeskritifkualitatifdanjenispenelitiankualitatif.ModelPTKyangdijadikanacuanadalahmodelsiklusKemmisdanTaggartyangmerupakanbentukpraktisyangdilaksanakanolehguruuntukmenemukansolusidaripermasalahanyangtimbuldarikelasnyaagardapatmeningkatkanhasilbelajardikelas.Penelitianinimenggunakan2siklus.Masing-masingsiklusterdiridariatastahapanperencanaanpelaksanaanobservasirefleksi.Instrumentyangdigunakanpadapenelitianiniyaitupedomanobservasipedomanwawancarasoaltestdancatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapelaksanaanpembelajaranIPSyangdilakukanmelaluimodelpembelajaranTGTpadakelasIVSDNJatimulyo1Malangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Haliniterbuktidarinilairata-ratahasilbelajarsiswasebelumtindakansangatrendahdibawahKKMyaitudenganrata-ratakelas4544padasiklusIsebesar6964danpadasiklusIIsebesar83003.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwa(1)ModelpembelajaranTGTpadapembelajaranIPSdapatditerapkandenganefektifpadasiswakelasIVSDNJatimulyo1Malang(2)PenerapanmodelTGTpadapembelajaranIPSdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVSDNJatimulyo1Malang.PeningkatanhasilbelajarsiswaSDNJatimulyo1Malangperluditingkatkanlagimelaluiupaya-upayayangberkesinambungan.SaranuntukguruyaituagardapatmenerapkanmodelpembelajaranTGTataumodelpembelajaranyangbervariasilainnyapadamatapelajaranIPSataupunmatapelajaranyanglainnya.Modelpembelajaraninidapatdigunakandalampenelitian-penelitianyanglainsebagaibahanperbandingansehinggadapatmenjadilebihbaik.</description><date>2011-06-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Mustikasari, Dwi Mariza (2011) Penerapan model pembelajaran team games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS di SDN Jatimulyo 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Dwi Mariza Mustikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>103683</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Mustikasari, Dwi Mariza |
title |
Penerapan model pembelajaran team games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS di SDN Jatimulyo 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Dwi Mariza Mustikasari |
publishDate |
2011 |
url |
http://repository.um.ac.id/103683/ |
contents |
KataKunciPenerapanTeamGamesTournament(TGT)hasilbelajarIPSSD.PermasalahanpadapembelajaranIPSdiSDNJatimulyo1MalangadalahbahwasiswamerasajenuhdalampembelajaranIPSsertakurangadanyainteraksiantarasiswadengangurumaupunsiswadengansiswa.Gurumasihmenggunakanpembelajaranyangkonvensional.Tujuanyangingindicapaipadapenelitianiniadalah(1)MendeskripsikanpelaksanaanmodelpembelajaranTGTdalampembelajaranIPSpadasiswakelasIVSDNJatimulyo1Malang(2)MendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswakelasIVSDNJatimulyo1MalangpadapembelajaranIPSdenganmenggunakanmodelTGT.TGTmerupakanmodelpembelajarankooperatifyangdidalamnyaterdapatunsurpermainan.Dalampenerapannyamelaluibeberapatahapyaitupenyajianmateribelajarkelompokpermainandanpenghargaankelompok.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatandeskritifkualitatifdanjenispenelitiankualitatif.ModelPTKyangdijadikanacuanadalahmodelsiklusKemmisdanTaggartyangmerupakanbentukpraktisyangdilaksanakanolehguruuntukmenemukansolusidaripermasalahanyangtimbuldarikelasnyaagardapatmeningkatkanhasilbelajardikelas.Penelitianinimenggunakan2siklus.Masing-masingsiklusterdiridariatastahapanperencanaanpelaksanaanobservasirefleksi.Instrumentyangdigunakanpadapenelitianiniyaitupedomanobservasipedomanwawancarasoaltestdancatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapelaksanaanpembelajaranIPSyangdilakukanmelaluimodelpembelajaranTGTpadakelasIVSDNJatimulyo1Malangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Haliniterbuktidarinilairata-ratahasilbelajarsiswasebelumtindakansangatrendahdibawahKKMyaitudenganrata-ratakelas4544padasiklusIsebesar6964danpadasiklusIIsebesar83003.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwa(1)ModelpembelajaranTGTpadapembelajaranIPSdapatditerapkandenganefektifpadasiswakelasIVSDNJatimulyo1Malang(2)PenerapanmodelTGTpadapembelajaranIPSdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVSDNJatimulyo1Malang.PeningkatanhasilbelajarsiswaSDNJatimulyo1Malangperluditingkatkanlagimelaluiupaya-upayayangberkesinambungan.SaranuntukguruyaituagardapatmenerapkanmodelpembelajaranTGTataumodelpembelajaranyangbervariasilainnyapadamatapelajaranIPSataupunmatapelajaranyanglainnya.Modelpembelajaraninidapatdigunakandalampenelitian-penelitianyanglainsebagaibahanperbandingansehinggadapatmenjadilebihbaik. |
id |
IOS13003.103683 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:16:38Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:16:38Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752721309475799040 |
score |
17.13294 |