Penerapan model pembelajaran team games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS di SDN Jatimulyo 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Dwi Mariza Mustikasari

Main Author: Mustikasari, Dwi Mariza
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103683/
ctrlnum 103683
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/103683/</relation><title>Penerapan model pembelajaran team games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS di SDN Jatimulyo 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Dwi Mariza Mustikasari</title><creator>Mustikasari, Dwi Mariza</creator><description>KataKunciPenerapanTeamGamesTournament(TGT)hasilbelajarIPSSD.PermasalahanpadapembelajaranIPSdiSDNJatimulyo1MalangadalahbahwasiswamerasajenuhdalampembelajaranIPSsertakurangadanyainteraksiantarasiswadengangurumaupunsiswadengansiswa.Gurumasihmenggunakanpembelajaranyangkonvensional.Tujuanyangingindicapaipadapenelitianiniadalah(1)MendeskripsikanpelaksanaanmodelpembelajaranTGTdalampembelajaranIPSpadasiswakelasIVSDNJatimulyo1Malang(2)MendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswakelasIVSDNJatimulyo1MalangpadapembelajaranIPSdenganmenggunakanmodelTGT.TGTmerupakanmodelpembelajarankooperatifyangdidalamnyaterdapatunsurpermainan.Dalampenerapannyamelaluibeberapatahapyaitupenyajianmateribelajarkelompokpermainandanpenghargaankelompok.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatandeskritifkualitatifdanjenispenelitiankualitatif.ModelPTKyangdijadikanacuanadalahmodelsiklusKemmisdanTaggartyangmerupakanbentukpraktisyangdilaksanakanolehguruuntukmenemukansolusidaripermasalahanyangtimbuldarikelasnyaagardapatmeningkatkanhasilbelajardikelas.Penelitianinimenggunakan2siklus.Masing-masingsiklusterdiridariatastahapanperencanaanpelaksanaanobservasirefleksi.Instrumentyangdigunakanpadapenelitianiniyaitupedomanobservasipedomanwawancarasoaltestdancatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapelaksanaanpembelajaranIPSyangdilakukanmelaluimodelpembelajaranTGTpadakelasIVSDNJatimulyo1Malangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Haliniterbuktidarinilairata-ratahasilbelajarsiswasebelumtindakansangatrendahdibawahKKMyaitudenganrata-ratakelas4544padasiklusIsebesar6964danpadasiklusIIsebesar83003.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwa(1)ModelpembelajaranTGTpadapembelajaranIPSdapatditerapkandenganefektifpadasiswakelasIVSDNJatimulyo1Malang(2)PenerapanmodelTGTpadapembelajaranIPSdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVSDNJatimulyo1Malang.PeningkatanhasilbelajarsiswaSDNJatimulyo1Malangperluditingkatkanlagimelaluiupaya-upayayangberkesinambungan.SaranuntukguruyaituagardapatmenerapkanmodelpembelajaranTGTataumodelpembelajaranyangbervariasilainnyapadamatapelajaranIPSataupunmatapelajaranyanglainnya.Modelpembelajaraninidapatdigunakandalampenelitian-penelitianyanglainsebagaibahanperbandingansehinggadapatmenjadilebihbaik.</description><date>2011-06-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Mustikasari, Dwi Mariza (2011) Penerapan model pembelajaran team games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS di SDN Jatimulyo 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Dwi Mariza Mustikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>103683</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Mustikasari, Dwi Mariza
title Penerapan model pembelajaran team games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS di SDN Jatimulyo 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Dwi Mariza Mustikasari
publishDate 2011
url http://repository.um.ac.id/103683/
contents KataKunciPenerapanTeamGamesTournament(TGT)hasilbelajarIPSSD.PermasalahanpadapembelajaranIPSdiSDNJatimulyo1MalangadalahbahwasiswamerasajenuhdalampembelajaranIPSsertakurangadanyainteraksiantarasiswadengangurumaupunsiswadengansiswa.Gurumasihmenggunakanpembelajaranyangkonvensional.Tujuanyangingindicapaipadapenelitianiniadalah(1)MendeskripsikanpelaksanaanmodelpembelajaranTGTdalampembelajaranIPSpadasiswakelasIVSDNJatimulyo1Malang(2)MendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswakelasIVSDNJatimulyo1MalangpadapembelajaranIPSdenganmenggunakanmodelTGT.TGTmerupakanmodelpembelajarankooperatifyangdidalamnyaterdapatunsurpermainan.Dalampenerapannyamelaluibeberapatahapyaitupenyajianmateribelajarkelompokpermainandanpenghargaankelompok.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatandeskritifkualitatifdanjenispenelitiankualitatif.ModelPTKyangdijadikanacuanadalahmodelsiklusKemmisdanTaggartyangmerupakanbentukpraktisyangdilaksanakanolehguruuntukmenemukansolusidaripermasalahanyangtimbuldarikelasnyaagardapatmeningkatkanhasilbelajardikelas.Penelitianinimenggunakan2siklus.Masing-masingsiklusterdiridariatastahapanperencanaanpelaksanaanobservasirefleksi.Instrumentyangdigunakanpadapenelitianiniyaitupedomanobservasipedomanwawancarasoaltestdancatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapelaksanaanpembelajaranIPSyangdilakukanmelaluimodelpembelajaranTGTpadakelasIVSDNJatimulyo1Malangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Haliniterbuktidarinilairata-ratahasilbelajarsiswasebelumtindakansangatrendahdibawahKKMyaitudenganrata-ratakelas4544padasiklusIsebesar6964danpadasiklusIIsebesar83003.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwa(1)ModelpembelajaranTGTpadapembelajaranIPSdapatditerapkandenganefektifpadasiswakelasIVSDNJatimulyo1Malang(2)PenerapanmodelTGTpadapembelajaranIPSdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVSDNJatimulyo1Malang.PeningkatanhasilbelajarsiswaSDNJatimulyo1Malangperluditingkatkanlagimelaluiupaya-upayayangberkesinambungan.SaranuntukguruyaituagardapatmenerapkanmodelpembelajaranTGTataumodelpembelajaranyangbervariasilainnyapadamatapelajaranIPSataupunmatapelajaranyanglainnya.Modelpembelajaraninidapatdigunakandalampenelitian-penelitianyanglainsebagaibahanperbandingansehinggadapatmenjadilebihbaik.
id IOS13003.103683
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:16:38Z
last_indexed 2021-11-04T07:16:38Z
recordtype dc
_version_ 1752721309475799040
score 17.13294