Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Merjosari 1 Malang pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan / Putri Mahanani

Main Author: Mahanani, Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103657/
ctrlnum 103657
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/103657/</relation><title>Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Merjosari 1 Malang pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan / Putri Mahanani</title><creator>Mahanani, Putri</creator><description>KatakuncimodelSFAEaktivitashasilbelajarPKnSD.BerdasarkanhasilobservasidanwawancarakepadagurudansiswakelasIVSDNMerjosariMalangdiketahuibahwapembelajaranyangdilakukanselamainimasihcenderungguruyangmenjadipusatpembelajaran.Hasilbelajarsiswapunmasihbelummaksimal.OlehkarenaitumasalahiniperluuntuksegeradiselesaikankarenasiswaSDmerupakanasetnegarasehinggapemberianpendidikanyangberkualitassangatdibutuhkan.UpayayangdapatdilakukanuntukmeningkatkanpemahamanmateriglobalisasiyaitudenganmenggunakanmodelpembelajaranSFAE.PelaksanaanpembelajaranPKndenganmodelpembelajaranSFAEmengikutilangkah-langkahsebagaiberikut.(1)gurumenyampaikankompetensiyangingindicapai(2)gurumempresentasikanmateriglobalisasi(3)siswaberkelompokmenyelesaikantugastertentukemudiansiswamempresentasikanhasildiskusimerekakepadasiswalain(4)gurumenyimpulkanhasilpresentasisiswa(5)gurumenerangkansemuamateri(6)penutup.TujuanpenelitianinimendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranSFAEdalampembelajaranPKnmateriglobalisasipadasiswakelasIVSDNMerjosari1Malang.SelainitumendeskripsikanaktivitasdanhasilbelajarsiswasebagaiakibatpenerapanmodelpembelajaranSFAE.PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelas.SubjekdalampenelitianiniyaitugurukelasIVdanseluruhsiswakelasIVSDNMerjosari1Malang.Prosedurpelaksanaannyayaitu(1)Perencanaan(2)Pelaksanaantindakan(3)Observasi(4)Refleksi.Instrumenpadapenelitianiniberupa(1)pedomanobservasi(2)pedomanwawancaradan(3)soal-soaltes.HasilpenelitianyangdilaksanakanselamaduasiklusmenunjukkanbahwamodelpembelajaranSFAEdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.HaliniditandaidenganpeningkatanhasilbelajardaripratindakansiklusIdansiklusIIyaitudariprosentasekeberhasilankelasyangtuntaspadapratindakansebesar41%meningkatmenjadi62%padasiklusIdanmeningkatmenjadi81%disiklusIIdenganpersentasepeningkatandaripratindakankesiklusIsebesar21%dandarisiklusIkesiklusIIsebesar19%sehinggaprosentasepeningkatanhasilbelajarsiswasecaraklasikaldaripratindakankesiklusIIsebesar40%.BerdasarkandatadiatasdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranSFAEdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.DisarankansaatgurumenerapkanmodelSFAEperludiperhatikankemampuansiswasebabmodelinimenuntutsiswayangdapatmembacabertanggungjawabmemilikikemampuanindividuuntukmenjadifasilitatordanmembelajarkansiswa.Gurudisarankanjugamenggunakanvariasimodelpembelajaransehinggasiswatidakjenuhdanhasilbelajardapatmeningkat.</description><date>2011-05-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Mahanani, Putri (2011) Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Merjosari 1 Malang pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan / Putri Mahanani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>103657</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Mahanani, Putri
title Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Merjosari 1 Malang pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan / Putri Mahanani
publishDate 2011
url http://repository.um.ac.id/103657/
contents KatakuncimodelSFAEaktivitashasilbelajarPKnSD.BerdasarkanhasilobservasidanwawancarakepadagurudansiswakelasIVSDNMerjosariMalangdiketahuibahwapembelajaranyangdilakukanselamainimasihcenderungguruyangmenjadipusatpembelajaran.Hasilbelajarsiswapunmasihbelummaksimal.OlehkarenaitumasalahiniperluuntuksegeradiselesaikankarenasiswaSDmerupakanasetnegarasehinggapemberianpendidikanyangberkualitassangatdibutuhkan.UpayayangdapatdilakukanuntukmeningkatkanpemahamanmateriglobalisasiyaitudenganmenggunakanmodelpembelajaranSFAE.PelaksanaanpembelajaranPKndenganmodelpembelajaranSFAEmengikutilangkah-langkahsebagaiberikut.(1)gurumenyampaikankompetensiyangingindicapai(2)gurumempresentasikanmateriglobalisasi(3)siswaberkelompokmenyelesaikantugastertentukemudiansiswamempresentasikanhasildiskusimerekakepadasiswalain(4)gurumenyimpulkanhasilpresentasisiswa(5)gurumenerangkansemuamateri(6)penutup.TujuanpenelitianinimendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranSFAEdalampembelajaranPKnmateriglobalisasipadasiswakelasIVSDNMerjosari1Malang.SelainitumendeskripsikanaktivitasdanhasilbelajarsiswasebagaiakibatpenerapanmodelpembelajaranSFAE.PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelas.SubjekdalampenelitianiniyaitugurukelasIVdanseluruhsiswakelasIVSDNMerjosari1Malang.Prosedurpelaksanaannyayaitu(1)Perencanaan(2)Pelaksanaantindakan(3)Observasi(4)Refleksi.Instrumenpadapenelitianiniberupa(1)pedomanobservasi(2)pedomanwawancaradan(3)soal-soaltes.HasilpenelitianyangdilaksanakanselamaduasiklusmenunjukkanbahwamodelpembelajaranSFAEdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.HaliniditandaidenganpeningkatanhasilbelajardaripratindakansiklusIdansiklusIIyaitudariprosentasekeberhasilankelasyangtuntaspadapratindakansebesar41%meningkatmenjadi62%padasiklusIdanmeningkatmenjadi81%disiklusIIdenganpersentasepeningkatandaripratindakankesiklusIsebesar21%dandarisiklusIkesiklusIIsebesar19%sehinggaprosentasepeningkatanhasilbelajarsiswasecaraklasikaldaripratindakankesiklusIIsebesar40%.BerdasarkandatadiatasdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranSFAEdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.DisarankansaatgurumenerapkanmodelSFAEperludiperhatikankemampuansiswasebabmodelinimenuntutsiswayangdapatmembacabertanggungjawabmemilikikemampuanindividuuntukmenjadifasilitatordanmembelajarkansiswa.Gurudisarankanjugamenggunakanvariasimodelpembelajaransehinggasiswatidakjenuhdanhasilbelajardapatmeningkat.
id IOS13003.103657
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:16:37Z
last_indexed 2021-11-04T07:16:37Z
recordtype dc
_version_ 1752721309734797312
score 17.13294