Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Merjosari 1 Malang pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan / Putri Mahanani
Main Author: | Mahanani, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103657/ |
ctrlnum |
103657 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/103657/</relation><title>Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Merjosari 1 Malang pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan / Putri Mahanani</title><creator>Mahanani, Putri</creator><description>KatakuncimodelSFAEaktivitashasilbelajarPKnSD.BerdasarkanhasilobservasidanwawancarakepadagurudansiswakelasIVSDNMerjosariMalangdiketahuibahwapembelajaranyangdilakukanselamainimasihcenderungguruyangmenjadipusatpembelajaran.Hasilbelajarsiswapunmasihbelummaksimal.OlehkarenaitumasalahiniperluuntuksegeradiselesaikankarenasiswaSDmerupakanasetnegarasehinggapemberianpendidikanyangberkualitassangatdibutuhkan.UpayayangdapatdilakukanuntukmeningkatkanpemahamanmateriglobalisasiyaitudenganmenggunakanmodelpembelajaranSFAE.PelaksanaanpembelajaranPKndenganmodelpembelajaranSFAEmengikutilangkah-langkahsebagaiberikut.(1)gurumenyampaikankompetensiyangingindicapai(2)gurumempresentasikanmateriglobalisasi(3)siswaberkelompokmenyelesaikantugastertentukemudiansiswamempresentasikanhasildiskusimerekakepadasiswalain(4)gurumenyimpulkanhasilpresentasisiswa(5)gurumenerangkansemuamateri(6)penutup.TujuanpenelitianinimendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranSFAEdalampembelajaranPKnmateriglobalisasipadasiswakelasIVSDNMerjosari1Malang.SelainitumendeskripsikanaktivitasdanhasilbelajarsiswasebagaiakibatpenerapanmodelpembelajaranSFAE.PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelas.SubjekdalampenelitianiniyaitugurukelasIVdanseluruhsiswakelasIVSDNMerjosari1Malang.Prosedurpelaksanaannyayaitu(1)Perencanaan(2)Pelaksanaantindakan(3)Observasi(4)Refleksi.Instrumenpadapenelitianiniberupa(1)pedomanobservasi(2)pedomanwawancaradan(3)soal-soaltes.HasilpenelitianyangdilaksanakanselamaduasiklusmenunjukkanbahwamodelpembelajaranSFAEdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.HaliniditandaidenganpeningkatanhasilbelajardaripratindakansiklusIdansiklusIIyaitudariprosentasekeberhasilankelasyangtuntaspadapratindakansebesar41%meningkatmenjadi62%padasiklusIdanmeningkatmenjadi81%disiklusIIdenganpersentasepeningkatandaripratindakankesiklusIsebesar21%dandarisiklusIkesiklusIIsebesar19%sehinggaprosentasepeningkatanhasilbelajarsiswasecaraklasikaldaripratindakankesiklusIIsebesar40%.BerdasarkandatadiatasdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranSFAEdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.DisarankansaatgurumenerapkanmodelSFAEperludiperhatikankemampuansiswasebabmodelinimenuntutsiswayangdapatmembacabertanggungjawabmemilikikemampuanindividuuntukmenjadifasilitatordanmembelajarkansiswa.Gurudisarankanjugamenggunakanvariasimodelpembelajaransehinggasiswatidakjenuhdanhasilbelajardapatmeningkat.</description><date>2011-05-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Mahanani, Putri (2011) Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Merjosari 1 Malang pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan / Putri Mahanani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>103657</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Mahanani, Putri |
title |
Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Merjosari 1 Malang pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan / Putri Mahanani |
publishDate |
2011 |
url |
http://repository.um.ac.id/103657/ |
contents |
KatakuncimodelSFAEaktivitashasilbelajarPKnSD.BerdasarkanhasilobservasidanwawancarakepadagurudansiswakelasIVSDNMerjosariMalangdiketahuibahwapembelajaranyangdilakukanselamainimasihcenderungguruyangmenjadipusatpembelajaran.Hasilbelajarsiswapunmasihbelummaksimal.OlehkarenaitumasalahiniperluuntuksegeradiselesaikankarenasiswaSDmerupakanasetnegarasehinggapemberianpendidikanyangberkualitassangatdibutuhkan.UpayayangdapatdilakukanuntukmeningkatkanpemahamanmateriglobalisasiyaitudenganmenggunakanmodelpembelajaranSFAE.PelaksanaanpembelajaranPKndenganmodelpembelajaranSFAEmengikutilangkah-langkahsebagaiberikut.(1)gurumenyampaikankompetensiyangingindicapai(2)gurumempresentasikanmateriglobalisasi(3)siswaberkelompokmenyelesaikantugastertentukemudiansiswamempresentasikanhasildiskusimerekakepadasiswalain(4)gurumenyimpulkanhasilpresentasisiswa(5)gurumenerangkansemuamateri(6)penutup.TujuanpenelitianinimendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranSFAEdalampembelajaranPKnmateriglobalisasipadasiswakelasIVSDNMerjosari1Malang.SelainitumendeskripsikanaktivitasdanhasilbelajarsiswasebagaiakibatpenerapanmodelpembelajaranSFAE.PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelas.SubjekdalampenelitianiniyaitugurukelasIVdanseluruhsiswakelasIVSDNMerjosari1Malang.Prosedurpelaksanaannyayaitu(1)Perencanaan(2)Pelaksanaantindakan(3)Observasi(4)Refleksi.Instrumenpadapenelitianiniberupa(1)pedomanobservasi(2)pedomanwawancaradan(3)soal-soaltes.HasilpenelitianyangdilaksanakanselamaduasiklusmenunjukkanbahwamodelpembelajaranSFAEdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.HaliniditandaidenganpeningkatanhasilbelajardaripratindakansiklusIdansiklusIIyaitudariprosentasekeberhasilankelasyangtuntaspadapratindakansebesar41%meningkatmenjadi62%padasiklusIdanmeningkatmenjadi81%disiklusIIdenganpersentasepeningkatandaripratindakankesiklusIsebesar21%dandarisiklusIkesiklusIIsebesar19%sehinggaprosentasepeningkatanhasilbelajarsiswasecaraklasikaldaripratindakankesiklusIIsebesar40%.BerdasarkandatadiatasdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranSFAEdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.DisarankansaatgurumenerapkanmodelSFAEperludiperhatikankemampuansiswasebabmodelinimenuntutsiswayangdapatmembacabertanggungjawabmemilikikemampuanindividuuntukmenjadifasilitatordanmembelajarkansiswa.Gurudisarankanjugamenggunakanvariasimodelpembelajaransehinggasiswatidakjenuhdanhasilbelajardapatmeningkat. |
id |
IOS13003.103657 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:16:37Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:16:37Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752721309734797312 |
score |
17.13294 |