Peningkatan pemblajaran IPA siswa kelas V SDN Pisang Candi 2 Malang melalui model inside outside circle (IOC) / Ida Iriana

Main Author: Iriana, Ida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103625/
ctrlnum 103625
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/103625/</relation><title>Peningkatan pemblajaran IPA siswa kelas V SDN Pisang Candi 2 Malang melalui model inside outside circle (IOC) / Ida Iriana</title><creator>Iriana, Ida</creator><description>KataKunciModelInsideOutsideCircle(IOC)PembelajaranIPA.BerdasarkanstudipendahuluanterhadappelaksanaanpembelajaranIPAdikelasVSDNPisangCandi2Malangdiperolehpermasalahansebagaiberikut(1)pelaksanaanpembelajaranIPAmenggunakanmetodediskusinamungurumasihterlalubanyakmenjelaskanmateri(2)aktivitasbelajarsiswadalampembelajaranIPAkurangmaksimaldan(3)hasilbelajarsiswadalampembelajaranIPAbelummencapaiSKBM.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)penerapanmodelIOCdalampembelajaranIPApadasiswakelasVSDNPisangCandi2Malang(2)aktivitasbelajarIPAmelaluipenerapanmodelIOCdan(3)hasilbelajarIPAmelaluipenerapanmodelIOCpadasiswaSDNPisangCandi2Malang.InsideOutsideCircle(IOC)merupakansalahsatumodelpembelajarankooperatifyaituparasiswamembentukkelompokmencariinformasimembentuklingkarankecildanbesarbertukarinformasidiskusikelompoksertamempresentasikanhasildiskusi.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVSDNPisangCandi2Malangyangberjumlah28siswa.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandatayaitulembarobservasitesdandokumentasi.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwamodelpembelajaranIOCdapatmeningkatkanpembelajaranIPAkelasVSDNPisangCandi2Malang.HaliniditunjukkandenganmeningkatnyaaktivitasgurudalampenerapanmodelIOC.Padasiklus1mendapatkanrata-rata(8889%)meningkatpadasiklus2menjadi(9555%).Peningkatanaktivitasbelajarsiswadapatdilihatdarirata-ratasiklus1(6028%)meningkatpadasiklus2menjadi(7767%)peningkatanhasilbelajarsiswadapatdilihatdarinilairata-ratahasilbelajarsiswayangmeningkatdaripratindakan(5517%)siklus1(4464%)meningkatpadasiklus2menjadi(8749%).Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankan(1)bagiKepalaSekolah.Hendaknyaselalumembimbingguruuntukmelaksanakanpembelajaranyangberpusatpadaaktivitassiswa(2)diharapakangurumenerapkanmodelIOCdalampembelajarankhususnyamatapelajaranIPAtentangstrukturbumi(3)danbagipenelitilaindiharapkanuntukmenelitimodelIOCpadamatapelajaranlain.</description><date>2011-05-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Iriana, Ida (2011) Peningkatan pemblajaran IPA siswa kelas V SDN Pisang Candi 2 Malang melalui model inside outside circle (IOC) / Ida Iriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>103625</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Iriana, Ida
title Peningkatan pemblajaran IPA siswa kelas V SDN Pisang Candi 2 Malang melalui model inside outside circle (IOC) / Ida Iriana
publishDate 2011
url http://repository.um.ac.id/103625/
contents KataKunciModelInsideOutsideCircle(IOC)PembelajaranIPA.BerdasarkanstudipendahuluanterhadappelaksanaanpembelajaranIPAdikelasVSDNPisangCandi2Malangdiperolehpermasalahansebagaiberikut(1)pelaksanaanpembelajaranIPAmenggunakanmetodediskusinamungurumasihterlalubanyakmenjelaskanmateri(2)aktivitasbelajarsiswadalampembelajaranIPAkurangmaksimaldan(3)hasilbelajarsiswadalampembelajaranIPAbelummencapaiSKBM.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)penerapanmodelIOCdalampembelajaranIPApadasiswakelasVSDNPisangCandi2Malang(2)aktivitasbelajarIPAmelaluipenerapanmodelIOCdan(3)hasilbelajarIPAmelaluipenerapanmodelIOCpadasiswaSDNPisangCandi2Malang.InsideOutsideCircle(IOC)merupakansalahsatumodelpembelajarankooperatifyaituparasiswamembentukkelompokmencariinformasimembentuklingkarankecildanbesarbertukarinformasidiskusikelompoksertamempresentasikanhasildiskusi.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVSDNPisangCandi2Malangyangberjumlah28siswa.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandatayaitulembarobservasitesdandokumentasi.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwamodelpembelajaranIOCdapatmeningkatkanpembelajaranIPAkelasVSDNPisangCandi2Malang.HaliniditunjukkandenganmeningkatnyaaktivitasgurudalampenerapanmodelIOC.Padasiklus1mendapatkanrata-rata(8889%)meningkatpadasiklus2menjadi(9555%).Peningkatanaktivitasbelajarsiswadapatdilihatdarirata-ratasiklus1(6028%)meningkatpadasiklus2menjadi(7767%)peningkatanhasilbelajarsiswadapatdilihatdarinilairata-ratahasilbelajarsiswayangmeningkatdaripratindakan(5517%)siklus1(4464%)meningkatpadasiklus2menjadi(8749%).Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankan(1)bagiKepalaSekolah.Hendaknyaselalumembimbingguruuntukmelaksanakanpembelajaranyangberpusatpadaaktivitassiswa(2)diharapakangurumenerapkanmodelIOCdalampembelajarankhususnyamatapelajaranIPAtentangstrukturbumi(3)danbagipenelitilaindiharapkanuntukmenelitimodelIOCpadamatapelajaranlain.
id IOS13003.103625
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:16:37Z
last_indexed 2021-11-04T07:16:37Z
recordtype dc
_version_ 1752721309828120576
score 17.13294