Peningkatan pemblajaran IPA siswa kelas V SDN Pisang Candi 2 Malang melalui model inside outside circle (IOC) / Ida Iriana
Main Author: | Iriana, Ida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103625/ |
ctrlnum |
103625 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/103625/</relation><title>Peningkatan pemblajaran IPA siswa kelas V SDN Pisang Candi 2 Malang melalui model inside outside circle (IOC) / Ida Iriana</title><creator>Iriana, Ida</creator><description>KataKunciModelInsideOutsideCircle(IOC)PembelajaranIPA.BerdasarkanstudipendahuluanterhadappelaksanaanpembelajaranIPAdikelasVSDNPisangCandi2Malangdiperolehpermasalahansebagaiberikut(1)pelaksanaanpembelajaranIPAmenggunakanmetodediskusinamungurumasihterlalubanyakmenjelaskanmateri(2)aktivitasbelajarsiswadalampembelajaranIPAkurangmaksimaldan(3)hasilbelajarsiswadalampembelajaranIPAbelummencapaiSKBM.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)penerapanmodelIOCdalampembelajaranIPApadasiswakelasVSDNPisangCandi2Malang(2)aktivitasbelajarIPAmelaluipenerapanmodelIOCdan(3)hasilbelajarIPAmelaluipenerapanmodelIOCpadasiswaSDNPisangCandi2Malang.InsideOutsideCircle(IOC)merupakansalahsatumodelpembelajarankooperatifyaituparasiswamembentukkelompokmencariinformasimembentuklingkarankecildanbesarbertukarinformasidiskusikelompoksertamempresentasikanhasildiskusi.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVSDNPisangCandi2Malangyangberjumlah28siswa.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandatayaitulembarobservasitesdandokumentasi.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwamodelpembelajaranIOCdapatmeningkatkanpembelajaranIPAkelasVSDNPisangCandi2Malang.HaliniditunjukkandenganmeningkatnyaaktivitasgurudalampenerapanmodelIOC.Padasiklus1mendapatkanrata-rata(8889%)meningkatpadasiklus2menjadi(9555%).Peningkatanaktivitasbelajarsiswadapatdilihatdarirata-ratasiklus1(6028%)meningkatpadasiklus2menjadi(7767%)peningkatanhasilbelajarsiswadapatdilihatdarinilairata-ratahasilbelajarsiswayangmeningkatdaripratindakan(5517%)siklus1(4464%)meningkatpadasiklus2menjadi(8749%).Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankan(1)bagiKepalaSekolah.Hendaknyaselalumembimbingguruuntukmelaksanakanpembelajaranyangberpusatpadaaktivitassiswa(2)diharapakangurumenerapkanmodelIOCdalampembelajarankhususnyamatapelajaranIPAtentangstrukturbumi(3)danbagipenelitilaindiharapkanuntukmenelitimodelIOCpadamatapelajaranlain.</description><date>2011-05-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Iriana, Ida (2011) Peningkatan pemblajaran IPA siswa kelas V SDN Pisang Candi 2 Malang melalui model inside outside circle (IOC) / Ida Iriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>103625</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Iriana, Ida |
title |
Peningkatan pemblajaran IPA siswa kelas V SDN Pisang Candi 2 Malang melalui model inside outside circle (IOC) / Ida Iriana |
publishDate |
2011 |
url |
http://repository.um.ac.id/103625/ |
contents |
KataKunciModelInsideOutsideCircle(IOC)PembelajaranIPA.BerdasarkanstudipendahuluanterhadappelaksanaanpembelajaranIPAdikelasVSDNPisangCandi2Malangdiperolehpermasalahansebagaiberikut(1)pelaksanaanpembelajaranIPAmenggunakanmetodediskusinamungurumasihterlalubanyakmenjelaskanmateri(2)aktivitasbelajarsiswadalampembelajaranIPAkurangmaksimaldan(3)hasilbelajarsiswadalampembelajaranIPAbelummencapaiSKBM.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)penerapanmodelIOCdalampembelajaranIPApadasiswakelasVSDNPisangCandi2Malang(2)aktivitasbelajarIPAmelaluipenerapanmodelIOCdan(3)hasilbelajarIPAmelaluipenerapanmodelIOCpadasiswaSDNPisangCandi2Malang.InsideOutsideCircle(IOC)merupakansalahsatumodelpembelajarankooperatifyaituparasiswamembentukkelompokmencariinformasimembentuklingkarankecildanbesarbertukarinformasidiskusikelompoksertamempresentasikanhasildiskusi.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVSDNPisangCandi2Malangyangberjumlah28siswa.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandatayaitulembarobservasitesdandokumentasi.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwamodelpembelajaranIOCdapatmeningkatkanpembelajaranIPAkelasVSDNPisangCandi2Malang.HaliniditunjukkandenganmeningkatnyaaktivitasgurudalampenerapanmodelIOC.Padasiklus1mendapatkanrata-rata(8889%)meningkatpadasiklus2menjadi(9555%).Peningkatanaktivitasbelajarsiswadapatdilihatdarirata-ratasiklus1(6028%)meningkatpadasiklus2menjadi(7767%)peningkatanhasilbelajarsiswadapatdilihatdarinilairata-ratahasilbelajarsiswayangmeningkatdaripratindakan(5517%)siklus1(4464%)meningkatpadasiklus2menjadi(8749%).Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankan(1)bagiKepalaSekolah.Hendaknyaselalumembimbingguruuntukmelaksanakanpembelajaranyangberpusatpadaaktivitassiswa(2)diharapakangurumenerapkanmodelIOCdalampembelajarankhususnyamatapelajaranIPAtentangstrukturbumi(3)danbagipenelitilaindiharapkanuntukmenelitimodelIOCpadamatapelajaranlain. |
id |
IOS13003.103625 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:16:37Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:16:37Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752721309828120576 |
score |
17.13294 |