Penerapan model inductive thinking untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Ketawanggede 2 Malang / Risma Lusi Santi
Main Author: | Santi, Risma Lusi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103604/ |
Daftar Isi:
- KatakunciMetodeSQ3RMeningkatkanKemampuanMembacaPemahamanBahasaIndonesiasalahsatufaktorpendukungperkembanganilmupengetahuandanteknologi.RendahnyahasilbelajarBahasaIndonesiasalahsatupenyebabnyakarenakemampuanmembacamerekadalammemahamibacaanyangmasihrendah.BahasaIndonesiaseringdianggapmudahpadahalppadakenyataannyakemampuanmemahamibacaanmasihkurangterutamadalammenyelesaikansoalyangdisertaidenganbacaan.PenelitiberpendapatbahwadenganmenerapkanmetodeSQ3R(SurveyQuestionReadReciteReview)dapatmeningkatkankemampuanmembacapemahaman.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)penerapanSQ3R(SurveyQuestionReadReciteReview)padapembelajaranBahasaIndonesiadikelasVSDNKetawanggede2(2)hasilkemampuanmembacapemahamansetelahmenerapkanmetodeSQ3R(SurveyQuestionReadReciteReview)dikelasVSDNKetawanggede2Malang.SubyekdaripenelitianadalahsiswakelasVsebanyak26siswayangterdiridari14siswalaki-lakidan12siswaperempuan.PenelitianinimenggunakanrancanganPTKterdiridari2siklus.Instrumentyangdigunakanadalahtesdanlembarobservasiaktivitassiswa.Tehnikanalisisyangdipakairata-ratadanprosentase.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)penerapanSQ3R(SurveyQuestionReadReciteReview)dapatmeningkatkankemampuanmembacapemahamansiswakelasVSDNKetawanggede2MalangdenganmenerapkanmetodeSQ3Rmemberikandampakpositifbagisiswa.HaltersebutantaralainmemudahkanpemahamansiswamembacaisibacaanperbendaharaankosakatabahasaIndonesiasiswabertambahlebihterampilmerangkaikatadalamkalimatmampumengerjakanevaluasidenganbenarmenjawabpertanyaangurudanmampumenceritakankembaliisibacaan.(2)KemampuanmembacapemahamansiswakelasVSDNKetawanggede2MalangmelaluipenerapanSQ3R(SurveyQuestionReadReciteReview)mengalamipeningkatanyaitudaripeningkatanpadapratindakanhasilbelajarsiswaterdapat4siswayangberkualifikasisangatbaik12siswamendapatkualifikasibaikdan10siswadengankualifikasicukup.KemudianpadasiklusImeningkatyaituterdapat7siswaberkualifikasisangatbaik13siswamendapatkualifikasibaik6siswadengankualifikasicukup.PadasiklusIIberdasarkanstandarkualifikasipenilaianterdapat14siswayaitu538%siswadengankriteriasangatbaikdansisanya12siswayaitu462%siswadengankriteriabaik.Kesimpulanyangdiperolehdaripenelitianini(1)penerapanSQ3RdapatmeningkatkankemampuanmembacapemahamansiswakelasVyaitumemudahkanpemahamansiswamembacaisibacaanperbendaharaankosakatabahasaIndonesiasiswabertambahlebihterampilmerangkaikatadalamkalimatmampumengerjakanevaluasidenganbenarmenjawabpertanyaangurudanmampumenceritakankembaliisibacaan(2)telahterjadipeningkatankemampuanmembacapemahamansiswakelasVSDNKetawanggede2MalangyangditunjukkandarikualifikasisiklusIyaitu7siswamendapatkankriteriasangatbaik13siswamendapatkankriteriabaik6siswamendapatkankriteriacukupdanpadasiklusIImeningkatmenjadi538%siswamendapatkankriteriasangatbaikdan462%siswamendapatkankriteriabaik.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankan(1)KepalaSekolahhendaknyamemotivasidanmengarahkanguruagarlebihterfokusdalampeningkatankemampuanmembacapemahamansiswayangsalahsatunyadapatdilakukandenganmenerapkanmetodeSQ3R(SurveyQuestionReadReciteReview)(2)gurubahasaIndonesiaagardalamkegiatanpembelajaranhendaknyadapatmenggunakanpembelajarandenganmetodeSQ3R(SurveyQuestionReadReciteReview)untukmeningkatkankemampuanmembacapemahamansiswa(3)penelitiyanglainuntukmencobamengembangkanpenelitianlanjutanmenggunakanmetodeSQ3Ryangmencakupjenis-jenismembacalainkarenapenelitianinimasihterbataspadamembacapemahaman.