Penerapan model pembelajaran guided note talking (GNT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Bareng 3 Malang / Arini Ilma
Main Author: | Ilma, Arini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103596/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelGuidedNoteTaking(GNT)AktivitasBelajarHasilBelajarPembelajaranIPSpadakelasIVAdiSDNBareng3masihmenggunakanmodelkonvensional.AkibatnyahasilulanganhariansiswakelasIVAsiswayangmampumencapaiketuntasanminimalhanya20siswadanyangmendapatkannilaidibawahkriteriaketuntasanminimalada18siswa.Selainitusiswamenjadibosensehinggamembuatsiswapasifbermainsendiriramaidantidakkonsentrasi.Penelitianinibertujuanuntuk(1)MendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranGuidedNoteTaking(GNT)dalammeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarIPSpadasiswakelasIVSDNBareng3Malang(2)MendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranGuidedNoteTaking(GNT)dapatmeningkatkanaktivitasbelajarIPSsiswakelasIVSDNBareng3Malang(3)MendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranGuidedNoteTaking(GNT)dapatmeningkatkanhasilbelajarIPSsiswakelasIVSDNBareng3Malang.Pendekatanyangdigunakandalampenelitiantindakankelasiniadalahpendekatandeskriptifkualitatif.Kehadirandanperanpenelitibertindaksebagaiinstrumenutamaperencanatindakandanpelaksanatindakan.SubyekpenelitianadalahsiswakelasIVASDNBareng3KotaMalang.Langkah-langkahpenelitiantindakankelasmenggunakanmodelKemmisTaggartyangtiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)Perencanaan(2)Pelaksanaan(3)Pengamatan(4)Refleksi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranGuidedNoteTaking(GNT)dapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.AktivitasbelajarsiswadenganmenggunakanmodelpembelajaranGuidedNoteTaking(GNT)semakinmeningkat.Haliniterbuktisaatselamaprosespembelajaran.Siswayangbiasanyatakutmengeluarkanpendapatmenjadiberanidansiswayangtidakmaubekerjasamamenjadimau.Hasilbelajarrata-ratakelaspadasiklusIpertemuan1sebesar7363.Nilairata-ratakelassiklusIpertemuan2sebesar7894.HasilbelajarsiklusIpertemuan1sampaipertemuan2mengalamipeningkatansebesar531.Nilairata-ratasiklusIIpertemuan1sebesar8407HasilbelajarsiklusIpertemuan2sampaisiklusIIpertemuan1mengalamipeningkatansebesar513.Nilairata-ratasiklusIIpertemuan2sebesar8981.HasilbelajarsiklusIIpertemuan1sampaipertemuan2mengalamipeningkatansebesar574.KesimpulanyangdapatdiambiladalahpenerapanmodelpembelajaranGuidedNoteTaking(GNT)dapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarIPSsiswakelasIVSDNBareng3Malang.Saranyangdapatdiberikanagarpenelitiselanjutnya(a)DalammenerapkanmodelGuidedNoteTaking(GNT)hendaknyagurumemvariasikandenganmodellainagarsiswatidakcenderungmonoton(b)DenganmenggunakanmodelGuidedNoteTaking(GNT)diharapkansiswaharusberanimengeluarkanpendapatbertanyakepadatemanataugurudanbisamenjawabpertanyaandarigurusertakonsentrasidenganbaik.SehinggaakhirnyapenerapanmodelGuidedNoteTaking(GNT)dapatmeningkatkanaktivitassiswa(c)HendaknyagurumemberikansoalevaluasisesuaidenganmodelGuidedNoteTaking(GNT)agarsiswapahamsehinggahasilbelajarsiswadapatmeningkat.