Penerapan model project-based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Ketawanggede 2 Malang / Dewi Nofita Sari
Main Author: | Sari, Dewi Nofita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103595/ |
Daftar Isi:
- KatakunciModelProject-BasedLearningAktivitasHasilbelajarIPA.BerdasarkanhasilobservasiawalterhadappembelajaranIPAkelasIVSDNKetawanggede2MalangterdapatpermasalahansiswapasifdalampemebalajaranIPAdangurumasihmenggunakanmetodeceramah.Hasilbelajarsiswamasihtergolongrendah.Halinidapatdilihatdarirata-ratahasilbelajarpratindakanpadaulanganharianyaitu59jauhdariketuntasanbelajarindividuyangtelahditetapkanyaitu67.OlehkarenaitupenelitimenerapkanmodelProject-BasedLearninguntukmengatasipermasalahanyangada.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)penerapanmodelproyekpadapembelajaranIPA(2)aktivitasbelajarsiswakelasIV(3)hasilbelajarIPAsetelahmenerapkanmodelpembelajaranproyekdikelasIV.SubyekdaripenelitianadalahsiswakelasIVsebanyak23siswayangterdiridari12siswalaki-lakidan11siswaperempuan.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahPTKdalambentukkolaboratifpartisipatoris.PelaksanaanPTKmengacupadamodelsiklusPTKyangdikembangkanolehKemmisdanTaggartmeliputiempattahapyaitu1)planning2)actingobserving3)reflectingdan4)reviseplan.Sedangkanteknikpengumpulandatamenggunakanteknikobservasidokumentasidantes.HasilpenelitianmenyimpulkanbahwapenerapanmodelproyekpadapembelajaranIPAsiswakelasIVdalamduasiklusdengansetiapsiklusterdiridari2pertemuan.HaliniterbuktipadasetiapsiklusseluruhindikatordapattercapaidenganbaiksesuaiRPPyangdibuat.Gurumemfasilitasidanmemotivasisiswasehinggasiswadapatmembentukpengetahuansendirimelaluiserangkaianaktivitas/kegiatan.Penggunaanmodelinidapatmeningkatkanaktivitas.Haliniterbuktidarirata-rataaktivitasbelajarsiswasebelumnyayaitu81padasiklusImeningkatmenjadi916disiklusII.Hasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatan.Haliniterbuktidarirata-ratahasilbelajarpratindakanpadamaterienergidanperubahannyaadalah59yangtuntashanya6orang(26%)padasiklusImeningkatmenjadi745yangtuntas16siswa(696%).SedangkandisiklusIImengalamipeningkatanlagimenjadi892yangtuntas22siswa(956%).KesimpulannyapenerapanamodelproyekdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasIVSDNketawanggede2Malang.SaranbagiKepalaSekolahagarmemotivasiguruuntuklebihterfokusdalammeningkatkanaktivitasdanhasilbelajardenganmenerapkanmodelproyek.Untukgurudanpenelitilaindalammenerapkanmodelproyektidakterpisah-pisahsebaiknya1proyekminimaldiselesaikan1siklusdanuntuksiklusberikutnyadiupayakanmenggantidengankegiatanproyeklainyangsesuaidenganproyeksebelumnya.