Penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan menemukan kalimat utama pada siswa kelas IV SDN Karang besuki IV kota MAlang / Nurul Khoiriyah

Main Author: Khoiriyah, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103576/
Daftar Isi:
  • KemampuansiswakelasIVSDNKarangbesukiIVKotaMalangdalammaterimenemukankalimatutamadalamparagrafsangatrendah.Hasilbelajardari33siswahanyaada8(242%)siswayangmemilikitarafpenguasaanmenemukankalimatutamapadaparagarafyaitu70sedangkan25(758%)siswalainnyabelummemilikitarafpenguasaanmenemukankalimatutamadalamparagrafmasihmencapainilai70sedangkan25(758%)siswalainnyabelummemilikitarafpenguasaanmenemukankalimatutamadalamparagrafmasihmencapainilai70.JenispenelitianyangakandigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).MenurutArikunto(20093)PenelitianTindakanKelas(PTK)merupakanpencermatanterhadapkegiatanbelajarberupasebuahtindakanyangsengajadimunculkandanterjadidalamsebuahkelassecarabersama.Tindakantersebutdiberikanolehguruataudenganarahanguruyangdilakukanolehsiswa.Penelitianinibertujuanuntukmemperbaikikualitaspembelajarandanmeningkatkanhasilbelajarsiswa(kemampuanmembacapemahaman).Penelitian3inidilakukandengan2siklusmasing-masingsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.PadasaatpelaksanaanpembelajaranCIRCsiklusIsiswamasihterlihatbingungdengansituasipembelajaransehinggamerekatidakmengetahuiapatugasmasing-masingdalamkelompoknyaini.Meskipundemikianaktivitasbelajarsiswadalamkelompokmulaimenunjukkanadanyaperbaikandaripadapadasaatpenerapanpembelajarankonvensional.PadasiklusIIterlihatadanyapeningkatanaktivitassiswadalamkelompok.Siswasudahdapatbekerjasamadenganbaikdanmaumenerimapendapatdaritemannya.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaPenerapanmodelpembelajaranCIRCuntukmeningkatkankemampuansiswakelasIVSDNKarangbesukiIVKotaMalangdalammenemukankalimatutamadalamparagrafdilaksanakanmelalui7tahapyaitu(1)pembentukankelompokyaitugurumembagikelompoksecaraheterogen(2)pemberianwacanakepadamasing-masingkelompok(3)antaranggotakelompoksalingmembacakandanmenemukankalimatutamadisinigurumenginstruksikankepadasiswauntukmembacakanwacanakepdaanggotakelompoksecarabergantiankemudian10menemukankalimatutamanyapadatiapparagrafyangterdapatdalamwacanatersebut(4)yaitupresentasidisiniperwakilandarianggotakelompokmembacakanhasildiskusinya(5)tanggapandimanasiswaharusmemberikantanggapandarihasildiskusiyangtelahdibacakanolehkelompoklain(6)membuatkesimpulanbersamadengangurusiswamenyimpulkanmateriyangtelahdiajarkan.Dan(7)penutupsiswamengerjakansoalevaluasitujuannyaadalahuntukmengukursejauhmanasiswamemahamimateriyangsudahdiajarkan