Penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan menemukan kalimat utama pada siswa kelas IV SDN Karang besuki IV kota MAlang / Nurul Khoiriyah
Main Author: | Khoiriyah, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103576/ |
Daftar Isi:
- KemampuansiswakelasIVSDNKarangbesukiIVKotaMalangdalammaterimenemukankalimatutamadalamparagrafsangatrendah.Hasilbelajardari33siswahanyaada8(242%)siswayangmemilikitarafpenguasaanmenemukankalimatutamapadaparagarafyaitu70sedangkan25(758%)siswalainnyabelummemilikitarafpenguasaanmenemukankalimatutamadalamparagrafmasihmencapainilai70sedangkan25(758%)siswalainnyabelummemilikitarafpenguasaanmenemukankalimatutamadalamparagrafmasihmencapainilai70.JenispenelitianyangakandigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).MenurutArikunto(20093)PenelitianTindakanKelas(PTK)merupakanpencermatanterhadapkegiatanbelajarberupasebuahtindakanyangsengajadimunculkandanterjadidalamsebuahkelassecarabersama.Tindakantersebutdiberikanolehguruataudenganarahanguruyangdilakukanolehsiswa.Penelitianinibertujuanuntukmemperbaikikualitaspembelajarandanmeningkatkanhasilbelajarsiswa(kemampuanmembacapemahaman).Penelitian3inidilakukandengan2siklusmasing-masingsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.PadasaatpelaksanaanpembelajaranCIRCsiklusIsiswamasihterlihatbingungdengansituasipembelajaransehinggamerekatidakmengetahuiapatugasmasing-masingdalamkelompoknyaini.Meskipundemikianaktivitasbelajarsiswadalamkelompokmulaimenunjukkanadanyaperbaikandaripadapadasaatpenerapanpembelajarankonvensional.PadasiklusIIterlihatadanyapeningkatanaktivitassiswadalamkelompok.Siswasudahdapatbekerjasamadenganbaikdanmaumenerimapendapatdaritemannya.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaPenerapanmodelpembelajaranCIRCuntukmeningkatkankemampuansiswakelasIVSDNKarangbesukiIVKotaMalangdalammenemukankalimatutamadalamparagrafdilaksanakanmelalui7tahapyaitu(1)pembentukankelompokyaitugurumembagikelompoksecaraheterogen(2)pemberianwacanakepadamasing-masingkelompok(3)antaranggotakelompoksalingmembacakandanmenemukankalimatutamadisinigurumenginstruksikankepadasiswauntukmembacakanwacanakepdaanggotakelompoksecarabergantiankemudian10menemukankalimatutamanyapadatiapparagrafyangterdapatdalamwacanatersebut(4)yaitupresentasidisiniperwakilandarianggotakelompokmembacakanhasildiskusinya(5)tanggapandimanasiswaharusmemberikantanggapandarihasildiskusiyangtelahdibacakanolehkelompoklain(6)membuatkesimpulanbersamadengangurusiswamenyimpulkanmateriyangtelahdiajarkan.Dan(7)penutupsiswamengerjakansoalevaluasitujuannyaadalahuntukmengukursejauhmanasiswamemahamimateriyangsudahdiajarkan