Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kromengan 02 Kabupaten Malang / Noviana Maulidina
Main Author: | Maulidina, Noviana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103564/ |
Daftar Isi:
- KatakunciaktivitasbelajarhasilbelajarmodelpembelajaranmakeamatchBerdasarkanhasilobservasiawalsiswakelasIVSDNKromengan02KabupatenMalangditemukanpermasalahanpadapembelajaranIPSmateriperkembanganteknologiproduksikomunikasidantransportasiyaitupembelajaranIPSmasihterpusatpadaguru.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranmakeamatchpadamatapelajaranIPSkelasIVSDNKromengan2KabupatenMalang(2)mendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranmakeamatchuntukmeningkatkanaktivitassiswakelasIVSDNKromengan2kabupatenMalang(3)mendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranmakeamatchuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVSDNKromengan2KabupatenMalang.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranmakeamatchdapatmeningkatkanhasilbelajarIPSsiswakelasIVSDNKromengan2KabupatenMalang.Perolehanrata-ratahasilbelajarsiswameningkatdarisiklusIkesiklusIIsebesar17%denganketuntasanbelajar98%.SedangkanaktivitasbelajarsiswapadadarisiklusIkesiklusIImeningkatsebesar11%.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranmakeamatchdapatmeningkatkanhasilbelajardanaktivitassiswakelasIVSDNKromengan2KabupatenMalang.