Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kromengan 02 Kabupaten Malang / Noviana Maulidina

Main Author: Maulidina, Noviana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103564/
Daftar Isi:
  • KatakunciaktivitasbelajarhasilbelajarmodelpembelajaranmakeamatchBerdasarkanhasilobservasiawalsiswakelasIVSDNKromengan02KabupatenMalangditemukanpermasalahanpadapembelajaranIPSmateriperkembanganteknologiproduksikomunikasidantransportasiyaitupembelajaranIPSmasihterpusatpadaguru.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranmakeamatchpadamatapelajaranIPSkelasIVSDNKromengan2KabupatenMalang(2)mendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranmakeamatchuntukmeningkatkanaktivitassiswakelasIVSDNKromengan2kabupatenMalang(3)mendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranmakeamatchuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVSDNKromengan2KabupatenMalang.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranmakeamatchdapatmeningkatkanhasilbelajarIPSsiswakelasIVSDNKromengan2KabupatenMalang.Perolehanrata-ratahasilbelajarsiswameningkatdarisiklusIkesiklusIIsebesar17%denganketuntasanbelajar98%.SedangkanaktivitasbelajarsiswapadadarisiklusIkesiklusIImeningkatsebesar11%.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranmakeamatchdapatmeningkatkanhasilbelajardanaktivitassiswakelasIVSDNKromengan2KabupatenMalang.