Peningkatan hasil belajar PKn melalui model investigasi kelompok pada siswa kelas IV SDN 02 Bangunmulyo pakel Kabupaten Tulungagung / Santi Retoningtyas
Main Author: | Retnoningtyas, Santi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103548/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPeningktanhasilbelajarPendidikanKewarganegaraan(PKn)modelpembelajaranInvestigasikelompok.HasilbelajarPKndikelasIVSDN02Bangunmulyokurangmemuaskandari20siswahanya9siswayangsudahmencapaibatasnilaikriteriaketuntasanminimal(KKM)yaitu65.UntukmengatasipermasalahantersebutdiperlukanmodelpembelajaranInvestigasiKelompokuntukmeningkatkanaktivitassiswasehinggamencapainilaiyangmaksimal.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanpembelajaranPKnmelaluimetodepembelajaranInvestigasiKelompokbagisiswakelasIVSDN02BangunmulyoKabupatenTulungagungdan(2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswamelaluimetodepembelajaranInvestigasiKelompokpadapembelajaranPKndikelasIVSDN2BangunmulyoKabupatenTulungagung.Pendekatanyangdilakukaniniadalahpendekatankualitatifdanjenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasitesdancatatanlapangan.Analisisdatahasilobservasisiswayaitudenganmencaripersentasebanyaknyasiswayangmendapatskordibagijumlahsiswadandikalikan100%.Apabilahasilnaya70%makakegiatanyangdilakukansiswasudahbaik.Hasilpenelitianmenunjukkanpadatahappratindakanhanya9siswaatau45%dari20siswayangtuntasbelajar.SetelahditerapkanmodelpembelajaranInvestigasikelompokpadasiklusIpertemuanImeningkat13atau65%siswadari20siswayangtuntasbelajar.LalupadasiklusIpertemuanIImeningkatmenjadi16atau80%siswayangtuntasbelajar.NamunhasiltersebutmasihbelumsesuaidenganharapanpenelitisehinggadilakukansiklusII.PadasiklusIIsiswayangtuntasbelajarmengalamikenaikanyaitusebanyak18atau90%siswayangtuntasbelajar.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelInvestigasiKelompokmenunjukkanhasilbelajarsiswalebihbaikdanmengalamipeningkatandaripadahasilsebelummyadalampembelajaranPKn.Untukitudisarankanhendaknyaparagurulebihseringmenerapkanmodelpembelajaranyangbervariasi.Dengandemikianpembelajaranakanlebihmenyenangkandanbermaknabagisiswa.