Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran numbered head together pada siswa kelas IV SDN Ngaringan 4 Gandusari Kabupaten Blitar / Galindra Widi Saputra
Main Author: | Saputra, Galindra Widi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103543/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPKnmodelnumberedheadtogetherhasilbelajar.HasilobservasiyangdilakukandikelasIVSDNNgaringan4GandusariKabupatenBlitarmenunjukkanbahwadalammengajargurumasihmenggunakanpembelajaranyangkonvensionalmetodeceramahdanmenghafal.Sehinggasiswatidakaktifmengantukdanterlihatbosandengandemikianhasilbelajarsiswarendahyaituhanyaada5siswayangmendapatnilaidiatasKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)yaitu70sedangkan15siswamendapatnilaidibawahKKM.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanmodelpembelajarannumberedheadtogetherpadamatapelajaranPKn(2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarPKnsiswakelasIVSDNNgaringan4GandusariKabupatenBlitarmelaluimodelpembelajarannumberedheadtogether.Penelitianinimenggunakanpenelitiankualitatif.Jenispenelitianadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridari4tahappelaksanaanyaituperencanaantindakanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasidokumentasicatatanlapangandantes.Sedangkaninstrumenpenelitianyangdigunakanadalahlembarobservasidanlembartes.HasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanhasilbelajardanaktivitassiswapadapratindakansiklusIdansiklusII.Padapratindakannilairata-ratasiswaadalah5890denganpersentaseketuntasan25%.PadasiklusInilairata-ratasiswameningkatmenjadi6234denganpersentaseketuntasan40%.DarinilaitersebutmenunjukkanbahwapembelajaranbelumtuntassehinggadilanjutkanpadasiklusII.PadasiklusIIdiperolehnilairata-ratasiswadiataskriteriaketuntasanminimalyaitumendapat7459denganpersentaseketuntasan90%.Terdapat2siswayangbelumtuntasbelajarkarenakurangaktifdantidakpernahmengerjakantugasdariguru.DengandemikianpelaksanaantindakanpadasiklusIIberhasildanmeningkatmulaidaripratindakansampaipelaksanaantindakanpenelitian.BerdasarkanhaltersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelnumberedheadtogetherdapatmeningkatkanaktivitasdanmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVSDNNgaringan4GandusariBlitar.