Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran numbered head together pada siswa kelas IV SDN Ngaringan 4 Gandusari Kabupaten Blitar / Galindra Widi Saputra

Main Author: Saputra, Galindra Widi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103543/
Daftar Isi:
  • KataKunciPKnmodelnumberedheadtogetherhasilbelajar.HasilobservasiyangdilakukandikelasIVSDNNgaringan4GandusariKabupatenBlitarmenunjukkanbahwadalammengajargurumasihmenggunakanpembelajaranyangkonvensionalmetodeceramahdanmenghafal.Sehinggasiswatidakaktifmengantukdanterlihatbosandengandemikianhasilbelajarsiswarendahyaituhanyaada5siswayangmendapatnilaidiatasKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)yaitu70sedangkan15siswamendapatnilaidibawahKKM.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanmodelpembelajarannumberedheadtogetherpadamatapelajaranPKn(2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarPKnsiswakelasIVSDNNgaringan4GandusariKabupatenBlitarmelaluimodelpembelajarannumberedheadtogether.Penelitianinimenggunakanpenelitiankualitatif.Jenispenelitianadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridari4tahappelaksanaanyaituperencanaantindakanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasidokumentasicatatanlapangandantes.Sedangkaninstrumenpenelitianyangdigunakanadalahlembarobservasidanlembartes.HasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanhasilbelajardanaktivitassiswapadapratindakansiklusIdansiklusII.Padapratindakannilairata-ratasiswaadalah5890denganpersentaseketuntasan25%.PadasiklusInilairata-ratasiswameningkatmenjadi6234denganpersentaseketuntasan40%.DarinilaitersebutmenunjukkanbahwapembelajaranbelumtuntassehinggadilanjutkanpadasiklusII.PadasiklusIIdiperolehnilairata-ratasiswadiataskriteriaketuntasanminimalyaitumendapat7459denganpersentaseketuntasan90%.Terdapat2siswayangbelumtuntasbelajarkarenakurangaktifdantidakpernahmengerjakantugasdariguru.DengandemikianpelaksanaantindakanpadasiklusIIberhasildanmeningkatmulaidaripratindakansampaipelaksanaantindakanpenelitian.BerdasarkanhaltersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelnumberedheadtogetherdapatmeningkatkanaktivitasdanmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVSDNNgaringan4GandusariBlitar.