Perbedaan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dan simulasi siswa kelas IV SDN Tlogomas 2 kota Malang / Vitalis Prihatin

Main Author: Prihatin, Vitalis
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103531/
Daftar Isi:
  • KataKunciAktivitasHasilbelajarsiswaModelpembelajaranTGT(TeamsGamesTournament)danSimulasiSistemPendidikanNasionalsampaisaatinimenerapkankurikulumtingkatsatuanpendidikan(KTSP)padasekolah-sekolahsebagaipenyempurnaandarikurikulumsebelumnyayangcenderungteacher-orienteddalamprosesbelajarmengajarsehinggadiperlukanstrategiataumodelpembelajaranyangmenyenangkandalamupayameningkatkanaktivitasdanhasilbelajar.Salahsatuupayayangdapatdilakukanguruadalahmampumenguasaimateripelajarandanmemilihmetodedanmodelpembelajaranyangtepatuntukmencapaitujuanpembelajaran.Penelitianinibertujuan1)untukmenjelaskanperbedaanantarametodepembelajarankooperatifmodelTGT(TeamsGamesTournament)dansimulasipadamatapelajaranIPSterhadapaktivitasbelajarsiswakelasIVSDNegeriTlogomas2Malang.2)UntukmenjelaskanperbedaanantarametodepembelajarankooperatifmodelTGT(TeamsGamesTournament)dansimulasipadamatapelajaranIPSterhadaphasilbelajarsiswakelasIVSDNegeriTlogomas2Malang.Penelitianinimerupakanpenelitianquasieksperimen.PenelitianinidilakukandiSDNegeriTlogomasMalangyangberlangsungselamaduakalipertemuandenganmaterikoperasi.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasIVAsebagaikelaseksperimenyangdiberiperlakuandenganmodelTGTdansiswakelasIVBsebagaikelaskontrolyangdiberiperlakuandenganmodelsimulasi.Teknikpengumpulandatamelaluites(pre-testdanpost-test)danlembarobservasi.Datayangdianalisisdalampenelitianiniadaduamacamyaitu1)dataaktivitasbelajardan2)datahasilbelajar.Analisisdatahasilbelajardilakukandenganmenggunakanujinormalitasujihomogenitasvarianujikesamaanrata-ratadanujihipotesis.Dataaktivitasbelajardianalisisdenganmenggunakanujichi-square.HasilpenelitianmenunjukkanterdapatperbedaanyangsignifikanantaraaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasIVyangdiajardenganmenggunakanmodelpembelajaranTGTdanmodelpembelajaransimulasipadamaterikoperasi.aktivitassiswakelaseksperimensebesar65%dengankategorisangatbaikdanbaik.Dari40siswayangmengikutikegiatanpembelajaranterdapat6siswayangnilaiaktivitasnyaterkategorisangatkurang.Sedangkansiswayangnilaiaktivitasnyaterkategoribaikberjumlah12orangdanyangterkategorisangatbaikberjumlah14orang.Sedangkanaktivitassiswakelaskontrolsebesar425%dengankategorisangatbaikdanbaik.Dari40siswayangmengikutikegiatanpembelajaranterdapat18siswayangnilaiaktivitasnyaterkategorisangatkurang.Sedangkansiswayangnilaiaktivitasnyaterkategoribaikberjumlah7orangdanyangterkategorisangatbaikberjumlah10orang.BerdasarkanhasilpenelitiandisimpulkanbahwaterdapatperbedaanaktivitasdanhasilbelajarsiswauntukmatapelajaranIPSpadapembelajaranmodelTGT(TeamsGamesTournament)dansimulasi.DimanapenggunaanmetodepembelajarankooperatifmodelTGT(TeamsGamesTournament)diSDNegeriTlogomasMalanglebihefektifuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasIVpadamatapelajaranIPSdibandingkandenganpenggunaanmetodepembelajarankooperatifmodelsimulasi.Saransebagaiberikut1)GurukelasIVdiharapkandapatmenerapkanmodelpembelajaranTGT(TeamsGamesTournament)dansimulasisebagaisalahsatualternatifpilihandalampraktikpembelajaranuntukmeningkatkanaktivitasbelajardanhasilbelajarsiswasertadapatmengalokasikanwaktudengansebaikmungkinagartujuanpembelajarandapattercapai2)SDNegeriTlogomasMalangdiharapkandapatmenyediakansaranadanprasaranayanglengkapuntukmendukungefektifitaspembelajaranmodelTGT(TeamsGamesTournament)dansimulasisepertibahanajarsebagaibukupegangansiswaagarmerekadapatbelajardenganbaiktidakhanyamengandalkancatatanyangsetiapkalipertemuanditulisdipapantulis3)Bagipenelitilaindiharapkanlebihmampumengembangkanhasilpenelitianinidenganmateriyangberbedadansebaiknyadilakukandenganwaktuyangcukupsehinggadiperolehhasilyangmaksimalsertapenelitianinidigunakansebagaiacuanlandasanataubahanliteraturuntukpenelitianlebihlanjut.