Model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDI Al-Yasini Ngabar Kraton Pasuruan / Saidah
Main Author: | Saidah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103497/ |
Daftar Isi:
- atakunciPembelajaranIPSModelPembelajaranJigsawHasilbelajar.PendidikanIlmuPengetahuansosial(IPS)bertujuanmembentukwataksiswaagarmemilikikemampuandasaruntukberfikirkritisrasaingintahumenemukanmemecahkanpermasalahandanketerampilandalamkehidupansosial.Selainitusiswajugadituntutmampuberkomunikasidanbersaingsehatdalammasyarakatyangmajemukditingkatlokalnasionalmaupunglobal.BerdasarkanhasilobservasiawalditemukanbahwasiswaSDIAl-Yasinibelummampumencapaikriteriaketuntasanyangditentukanolehsekolahyaitu70ketuntasanindividu.Haliniterbuktidarinilai-nilaiUAS(ujianakhirsemester)tahunajaran2009/2010denganrata-rata58.PermasalahanyangterjadidikelasVadalahrendahnyahasilbelajarsiswa.Modelpembelajaranyangdigunakandalampenelitianiniadalahmodelpembelajaranjigsawyaitumodelpembelajarankooperatifdimanasiswabelajardalamkelompokkecilyangterdiridari4-6orangsecaraheterogendanbekerjasamasalingketergantunganyangpositifdanbertanggungjawabatasketuntasanbagianmateripelajaranyangharusdipelajaridanmenyampaikanmateritersebutkepadaanggotakelompokyanglain.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK).Datayangterkumpuldianalisissecaradeskriptifkualitatif.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVSDIAl-Yasinisebanyak20siswa.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasiwawancaradantes.Hasilanalisisdatasetelahpenerapanmodelpembelajaranjigsawmenunjukkanbahwa1)KemampuangurudalammelaksanakanpembelajaranIPSsesuaidenganRPPdenganmodelpembelajaranjigsawmencapainilai869dengankategoriA2)Untukaktivitasbelajarsecaraklasikalmencapainilai825%dengankategorituntas3)Hasilbelajarsiswamencapainilai725denganketuntasanbelajar80%.HasilpenelitianinimenunjukkanmodelpembelajaranjigsawdalampembelajaranIPSsiswakelasVSDIAl-Yasinidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaterbuktidarihasilyangdiperolehsiswadapatdilihatdarirata-ratahasiltesmulaidaripretes(5975)denganprosentase(40%)meningkatsiklusI(6815)denganprosentase(60%)danmeningkatlagisiklusII(725)denganprosentase(80%)yangterusmengalamipeningkatan.Saranyangdisampaikankepadaguruyaitulebihprofesionaldalammenjalankantugasmengajaruntukmerangsangminatbelajarsiswanyasertamelibatkannyasecarautuhdalampembelajaran.