Model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDI Al-Yasini Ngabar Kraton Pasuruan / Saidah

Main Author: Saidah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103497/
Daftar Isi:
  • atakunciPembelajaranIPSModelPembelajaranJigsawHasilbelajar.PendidikanIlmuPengetahuansosial(IPS)bertujuanmembentukwataksiswaagarmemilikikemampuandasaruntukberfikirkritisrasaingintahumenemukanmemecahkanpermasalahandanketerampilandalamkehidupansosial.Selainitusiswajugadituntutmampuberkomunikasidanbersaingsehatdalammasyarakatyangmajemukditingkatlokalnasionalmaupunglobal.BerdasarkanhasilobservasiawalditemukanbahwasiswaSDIAl-Yasinibelummampumencapaikriteriaketuntasanyangditentukanolehsekolahyaitu70ketuntasanindividu.Haliniterbuktidarinilai-nilaiUAS(ujianakhirsemester)tahunajaran2009/2010denganrata-rata58.PermasalahanyangterjadidikelasVadalahrendahnyahasilbelajarsiswa.Modelpembelajaranyangdigunakandalampenelitianiniadalahmodelpembelajaranjigsawyaitumodelpembelajarankooperatifdimanasiswabelajardalamkelompokkecilyangterdiridari4-6orangsecaraheterogendanbekerjasamasalingketergantunganyangpositifdanbertanggungjawabatasketuntasanbagianmateripelajaranyangharusdipelajaridanmenyampaikanmateritersebutkepadaanggotakelompokyanglain.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK).Datayangterkumpuldianalisissecaradeskriptifkualitatif.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVSDIAl-Yasinisebanyak20siswa.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasiwawancaradantes.Hasilanalisisdatasetelahpenerapanmodelpembelajaranjigsawmenunjukkanbahwa1)KemampuangurudalammelaksanakanpembelajaranIPSsesuaidenganRPPdenganmodelpembelajaranjigsawmencapainilai869dengankategoriA2)Untukaktivitasbelajarsecaraklasikalmencapainilai825%dengankategorituntas3)Hasilbelajarsiswamencapainilai725denganketuntasanbelajar80%.HasilpenelitianinimenunjukkanmodelpembelajaranjigsawdalampembelajaranIPSsiswakelasVSDIAl-Yasinidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaterbuktidarihasilyangdiperolehsiswadapatdilihatdarirata-ratahasiltesmulaidaripretes(5975)denganprosentase(40%)meningkatsiklusI(6815)denganprosentase(60%)danmeningkatlagisiklusII(725)denganprosentase(80%)yangterusmengalamipeningkatan.Saranyangdisampaikankepadaguruyaitulebihprofesionaldalammenjalankantugasmengajaruntukmerangsangminatbelajarsiswanyasertamelibatkannyasecarautuhdalampembelajaran.