Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode pemecahan masalah (Problem solving) di kelas IV SDN Krisik 03 Kabupaten Blitar / Zusnita

Main Author: Zusnita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103491/
Daftar Isi:
  • KatakuncipembelajaranIPSmetodepemecahanmasalahhasilbelajarPemilihanmetodepembelajaranyangtepatharusdilakukansebagaiupayameningkatkankeaktifansiswadalampembelajaran.Selamainiguruhanyameng-gunakanmetodeceramahsehinggapembelajaranhanyaberpusatpadaguru.HalituterjadipadamatapelajaranIPSterbuktidari23siswaterdapat18siswa(7826%)mendapatnilaidibawahnilaiKKMkelasyaitunilai65.Berdasarkanhaltersebuttujuanpenelitianiniadalah1)MendeskripsikanpenerapanmetodepemecahanmasalahdalampembelajaranIPSdikelasIVSDNKrisik03KabupatenBlitar2)MendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarIPSmelaluimetodepemecahanmasalahdikelasIVSDNkrisik03KabupatenBlitar.Metodepenelitianiniadalahjenispenelitiantindakankelas(PTK).PenelitianterdiridariduasiklussiklusIduapertemuansiklusIItigapertemuan.Instrumendalampenelitianiniadalahlembarobservasiaktivitassiswadanaktivitasgurutesdankamera.Datadirekamdenganinstrumentersebut.Datayangdiperolehdisajikandalambentuktabeldandianalisissecaradeskriptif.BerdasarkanhasilpenelitiandaripratindakansampaisiklusIIdiketahuipersentasepeningkatanaktivitassiswaaktivitasgurudanhasilbelajarsiswamatapelajaranIPSkelasIVSDNKrisik03KabupatenBlitar.PersentaseaktivitassiswadaripratindakankesiklusImengalamipeningkatansebesar1828%dari3705%menjadi5533%.PadasiklusIIpersentaseaktivitassiswamengalamipeningkatansebesar2067%dari5533%menjadi76%.Aktivitasgurudaripra-tindakankesiklusImengalamipeningkatansebesar28%yaitudarinilai5(28%)menjadinilai11(62%).DarisiklusIkesiklusIIterjadipeningkatansebesar17%yaitudarinilai11(62%)menjadiskor15(82%).Persentaseketuntasanbelajarsiswapadatahappratindakanadalah3478%dengannilairata-rata5782.Persen-taseketuntasanhasilbelajarsiswadaripratindakankesiklusImengalamipening-katansebesar872%dari3478%menjadi435%dengannilairata-rata5882.PersentaseketuntasanhasilbelajarsiswadarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar435%dari435%menjadi87%dengannilairata-rata722.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwametodepemecahanmasalahdapatmeningkatkanaktivitassiswadanhasilbelajarsiswakelasIVSDNKrisik03KabupatenBlitar.Dari23siswaterdapat3siswayangbelumtuntaskarenasiswabelummampumelaksanakanlangkah-langkahpembelajarandalammetodepeme-cahanmasalah.