Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode pemecahan masalah (Problem solving) di kelas IV SDN Krisik 03 Kabupaten Blitar / Zusnita
Main Author: | Zusnita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103491/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipembelajaranIPSmetodepemecahanmasalahhasilbelajarPemilihanmetodepembelajaranyangtepatharusdilakukansebagaiupayameningkatkankeaktifansiswadalampembelajaran.Selamainiguruhanyameng-gunakanmetodeceramahsehinggapembelajaranhanyaberpusatpadaguru.HalituterjadipadamatapelajaranIPSterbuktidari23siswaterdapat18siswa(7826%)mendapatnilaidibawahnilaiKKMkelasyaitunilai65.Berdasarkanhaltersebuttujuanpenelitianiniadalah1)MendeskripsikanpenerapanmetodepemecahanmasalahdalampembelajaranIPSdikelasIVSDNKrisik03KabupatenBlitar2)MendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarIPSmelaluimetodepemecahanmasalahdikelasIVSDNkrisik03KabupatenBlitar.Metodepenelitianiniadalahjenispenelitiantindakankelas(PTK).PenelitianterdiridariduasiklussiklusIduapertemuansiklusIItigapertemuan.Instrumendalampenelitianiniadalahlembarobservasiaktivitassiswadanaktivitasgurutesdankamera.Datadirekamdenganinstrumentersebut.Datayangdiperolehdisajikandalambentuktabeldandianalisissecaradeskriptif.BerdasarkanhasilpenelitiandaripratindakansampaisiklusIIdiketahuipersentasepeningkatanaktivitassiswaaktivitasgurudanhasilbelajarsiswamatapelajaranIPSkelasIVSDNKrisik03KabupatenBlitar.PersentaseaktivitassiswadaripratindakankesiklusImengalamipeningkatansebesar1828%dari3705%menjadi5533%.PadasiklusIIpersentaseaktivitassiswamengalamipeningkatansebesar2067%dari5533%menjadi76%.Aktivitasgurudaripra-tindakankesiklusImengalamipeningkatansebesar28%yaitudarinilai5(28%)menjadinilai11(62%).DarisiklusIkesiklusIIterjadipeningkatansebesar17%yaitudarinilai11(62%)menjadiskor15(82%).Persentaseketuntasanbelajarsiswapadatahappratindakanadalah3478%dengannilairata-rata5782.Persen-taseketuntasanhasilbelajarsiswadaripratindakankesiklusImengalamipening-katansebesar872%dari3478%menjadi435%dengannilairata-rata5882.PersentaseketuntasanhasilbelajarsiswadarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar435%dari435%menjadi87%dengannilairata-rata722.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwametodepemecahanmasalahdapatmeningkatkanaktivitassiswadanhasilbelajarsiswakelasIVSDNKrisik03KabupatenBlitar.Dari23siswaterdapat3siswayangbelumtuntaskarenasiswabelummampumelaksanakanlangkah-langkahpembelajarandalammetodepeme-cahanmasalah.