Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan metode pengamatan objek pada siswa kelas V SDN Mojolangu 5 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Sudarti

Main Author: Sudarti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103490/
Daftar Isi:
  • KataKunciMenulisPuisiMetodePengamatanObjek.KemampuanmenulispuisiadalahkesanggupanataukecakapanyangdimilikiolehsiswakelasVSDNMojolangu5untukmengekspresikanpengalamanbatinsecaratertulisdalambentuklarikdanbaitdenganmemperhatikantemaamanatdiksirimadantipografi.Denganpenguasanketerampilanmenulisdiharapkansiswadapatmengungkapkanpikiranperasaanyangdimilikinyasetelahmenjalaniprosespembelajarandalamberbagaitulisan.Namunkenyataannyadikelastinggisiswamasihmerasakesulitanbilahendakmenulispuisi.BeberapafaktorpenghambatyangdialamisiswakelasVdalamkemampuanmenulispuisidiSDNMojolangu5yaitu(1)ketertarikansiswadalammembuatpuisikurangkarenasiswamasihmalasuntukmembuatpuisidanramaisendirisaatberlangsungnyapelajaran(2)kurangnyabuku-bukumatapelajaranpuisidankumpulanpuisiyangdibacasiswa(3)siswakurangmengkomunikasikanpikirandanperasaannyasecaraefektifkarenasuasanakelasyangkurangkondusif(4)kurangnyapenguasaankosakatayangdimilikisiswa(5)gurucenderungmenggunakanmetodeceramah.Untukmengatasipermasalahantersebutmakapenelitimencobauntukmenerapkanmetodepengamatanobjekdalampenulisanpuisi.Metodepengamatanobjekadalahmetodeyangdilakukandenganmencermatisuatuperistiwasecaralangsungdenganproseduralmeliputisiswamengamatiobjekmendeskripsikanobjekyangdiamatimenuangkankedalambahasapuitis.Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas.Dalampengumpulandatapenelitimenggunakantekniktesdannontes.Tekniktesdigunakanuntukmengumpulkandatakemampuansiswadalammenulispuisi.Tesdilakukandenganpemberiantugasmenulispuisidenganmetodepengamatanobjek.Tekniknontesdilakukanuntukmengetahuikeadaanyangterjadisebenarnyaselamaprosespembelajarandidalamkelas.Dalammelakukanteknikinipenelitimenggunakanteknikobservasiwawancaradanjurnal.Datapenelitianberupapeningkataninteraksidanaktivitassiswayangdiamatiberdasarkanlimaapekyaitu(1)keaktifansiswaalambertanya(2)keaktifansiswaalammenjawab(3)Keantusiasansiswamengikutipembelajaran(4)partisipaisiswadalammenulispuisi(5)perilakusiswa.Kemampuanmenulispuisidiukurdaristrukturfisikdanbatinmeliputi(1)tema(2)amanat(3)diksi(4)rima(5)tipografi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasetelahmengikutipembelajaranmenulispuisidenganmetodepengamatanobjekaktivitasdankemampuansiswadalammenulispuisimengalamipeningkatan.KemampuanmenulispuisidarisiklusIpertemuanpertamakepertemuankeduamengalamipeningkatansebesar429%.SedangkandarisiklusIpertemuankeduakeSiklusIImengalamipeningkatansebesar357%.UntukaktivitassiswadarisiklusIpertemuanpertamakepertemuankeduamengalamipeningkatan10%.SedangkandaripertemuankeduakesiklusIImengalamipeningkatan9%.Hasilanalisistersebutmenunjukkanbahwapembelajarandenganmetodepengamatanobjekdapatmeningkatkanaktivitasyangpositifsehinggasiswalebihtertarikdanantusiasdalampembelajaranmenulispuisidankemampuanmenulispuisijugameningkat.BerdasarkanuraiandiatasdapatdisimpulkanbahwametodepengamatanobjekdapatmeningkatkankemampuanmenulispuisibebassiswakelasVSDNMojolangu5KecamatanLowokwaruKotaMalang.Olehkarenaitudisarankanbagigurudansekolahsupayalebihtermotivasidanlebihsemangatdalammemberikanpengajaranyangbermutubervariasidanberinovasiuntukmeningkatkanmutupendidikan.