Upaya meningkatkan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) pada siswa kelas IV SDN Jatimuluo 1 Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung / Widha Bhinartika

Main Author: Bhinartika, Widha
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103487/
Daftar Isi:
  • KatakunciIPAPembelajaranModelARCSModelARCSadalahmodelpembelajaranyangmengutamakanpengelolaanmotivasisiswaselamapembelajaran.PengelolaanmotivasidapatdiukurdariketercapaianindikatorpadaARCSyaituperhatiansiswa(Attention)keterkaitanpembelajarandenganpengalamansiswa(Relevance)kepercayaandirisiswa(Confidence)kepuasansiswaselamapembelajaran(Satisfaction).Berdasarkanhasilobservasididapatkanfaktabahwapembelajaranberpusatpadagurusehinggasiswakurangaktif.Darinilaitesmenunjukkanrata-ratahasilbelajarsiswahanyamencapai6167denganketuntasankelashanyamencapai416%sedangkanSKMyangditentukanadalah65untukhasilbelajardan70%untukketuntasankelas.Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikan(1)penerapanmodelARCSuntukmeningkatkanpembelajaranIPA(2)aktivitassiswaselamapembelajarandenganmodelARCS(3)hasilbelajarsiswasetelahditerapkanmodelARCS(4)tanggapansiswaselamapembelajarandenganmodelARCS.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdiskriptif.Jenispenelitiannyayaitupenelitiantindakankelas(PTK)denganmodelkolaboratifpartisipatoris.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikobservasiteswawancaracatatanlapangandandokumentasi.InstrumenyangdigunakanuntukpengumpulandatayaitulembarobservasipenyusunanRPPlembarobservasipelaksanaanpembelajaranmodelARCSlembarobservasiaktivitassiswasoaltespedomanwawancaralembarcatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmodelARCSuntukpembelajaranIPAsiswakelasIVSDNJatimulyo1dengankompetensidasarmenjelaskanperubahanenergibunyimelaluipenggunaanalatmusikdapatdilaksanakandenganefektif.HaliniditunjukkandenganperolehankeberhasilangurudalampenerapanmodelARCSpadasiklusIyaitu8222%danmeningkatpadasiklusIImenjadi9222%.AktivitassiswameningkatsiklusI697menjadi845padasiklusII.Hasilbelajarjugameningkatdarirata-rata71denganketuntasan64%padasiklusImenjadirata-rata8827denganketuntasankelasmencapai82%padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankandalammenerapkanmodelARCSinihendaknyagurumempersiapkanpermasalahandenganmatangsehinggatidakakankehabisanpermasalahanyangharusdidiskusikansiswa.Agarmudahdalammengkondisikandanmengorganisasikankelasdenganbaikgurudiharapkanmemberikanpenguatanyangbaikuntukmamacukeaktifansiswajugadapatmemberikanpenghargaanberupahadiah.