Meningkatkan hasil belajar PKn melalui pendekatan paikem pada siswa kelas IV di SDN Karangsari 1 Kota Blitar / Rohmi Zunaida
Main Author: | Zunaida, Rohmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103485/ |
Daftar Isi:
- KataKunciHasilBelajarPKnPendekatanPAKEMDarihasilobservasiyangdilakukanpadapembelajaranPKnkelasIVdiSDNKarangsari1kotaBlitargurumenggunakanpembelajarantradisional.DalampembelajaranPKnyangselamainiberlangsungguruhanyamenjelaskanmateriyangadapadabukupaketkemudiangurumemberikantugaskepadasiswauntukmengerjakansoalevaluasi.Selamapembelajaranberlangsungkondisiyangadadalamkelastidakkondusifuntuksiswabelajarsiswaramaidantidakterfokuspadaapayangdisampaikanolehguru.Akibatdarihaltersebuthasilbelajaryangdiperolehdarihasilobservasidalamkegiatanpratindakanadalah65padahalKKMkelasyangseharusnyaadalah70.DarihaltersebutmemberikaninformasibahwahasilbelajarsiswadalampembelajaranPKnbelummaksimal.UntukituagardapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadantercapainyatujuanpembelajarandalammatapelajaranPKnperludiadakanperbaikanpembelajarandenganmenerapkanpendekatanPAIKEM.HalinikarenadenganpendekatanPAIKEMsiswaakandapatmencarisendiripengertiandarimateriyangakandicapaitujuanpembelajarannyasehinggadiharapkandenganpenggunaanPAIKEMiniakandapatmenignkatkanhasilbelajarsiswabaiksecarakelompokmaupunindividu.SelainhaltersebutdengandigunakannyapendekatanPAIKEMdalampembelajaransiswadiharapkanakandapatmenikmatipembelajaranselayaknyadiabermainpermainanyangmenyenangkantetapijugamemeprolehinformasitentangmateri.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mengetahuidanmendeskripsikanpelaksanaanpembelajaranPKndenganmenggunakanpendekatanPAIKEMpadapembelajaranPKnkelasIVdiSDNKarangsari1KotaBlitar(2)mengetahuidanmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarPKndiKelasIVdenganmenggunakanpendekatanPAIKEMpadaSDNKarangsari1KotaBlitar.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifjenispenelitiantindakankelasdenganmodelkolaboratifpartisipatoris.SubyekpenelitianadalahsiswakelasIV.Dalampenelitianinipenelitisebagaiguru(pengajar)dangurukelas(mitrapeniliti)sebagaiobserver.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpendekatanPAIKEMpadamatapelajaranPKndikelasIVsudahsangatbaik.Halinididukungdengansudahmunculnyasemuaaspek/komponenPAIKEMpadasaatpembelajaranberlangsung.Halitujugadiikutidenganadanyapeningkatanhasilbelajarsiswayangsangatbaikpula.siklusIdansiklusIIyaitu58562dan86.Danketuntasanbelajarsiswapadaprasiklus45%siklusI60%dansiklusII100%.BerdasarkanhasilkesimpulandisarankankepadagurukelasIVSDNKarangsari1untukmenggunakanpendekatanPAIKEMpadapembelajaranPKnagarhasilbelajarsiswaoptimaldansiswaaktifdalampembelajaran.